Home / Teknologi / Cara Mengatasi Auto Invite Grup Facebook, Mencegah Sekaligus Memblokirnya

Cara Mengatasi Auto Invite Grup Facebook, Mencegah Sekaligus Memblokirnya

Cara Mengatasi Auto Invite Grup Facebook – Apa itu auto invite Grup Facebook? Kita bicara seputar Grup Facebook dulu. Di Facebook kita bisa membuat Grup dimana fungsinya adalah tempat berkumpulnya member Facebook yang mempunyai kesamaan hobi, bakat, dan sebagainya. Agar member grup bisa bertambah, maka admin atau member yang sudah tergabung di Grup harus menambahkan (invite) anggota baru.

Baca Juga : Cara Mengubah Privasi Grup Facebook Dari Rahasia Ke Tertutup Dan Terbuka

Namun sayangnya saat ini banyak yang menyalahgunakan fungsi Grup Facebook. Terbukti banyak sekali bermunculan Grup-Grup Facebook tidak jelas. Memang kalau sekedar untuk mendirikan sebuah Grup baru di Facebook itu sah-sah saja. Kita bebas membuat Grup apapun atau bahkan tanpa mempunyai tujuan yang jelas sama sekali. Namun masalahnya dari Grup Facebook yang tidak jelas ini banyak orang-orang yang melakukan invite ke Grup seenaknya. Lebih parahnya lagi dalam melakukan invite ini, mereka menggunakan script khusus yang bisa invite member Facebook ke Grup secara otomatis.

Cara Mengatasi Auto Invite Group Facebook 0

Jika seseorang menggunakan script khusus ‘auto invite Grup Facebook’ maka semua member Facebook yang sudah berteman dengannya akan tergabung kedalam Grup Facebook yang dibuatnya. Tentunya hal ini akan sangat tidak menyenangkan. Tindakan ini bisa dikatakan sangat menganggu privasi sebagai pengguna Facebook. Tanpa kita sadari kita telah masuk kedalam Grup Facebook yang tidak jelas tujuannya.

Selain script auto invite seperti yang sudah dijelaskan diatas, tindakan auto invite lainnya bisa disebabkan oleh kesalahan perangkat yang digunakan. Kejadian ini akan sangat menjengkelkan kedua belah pihak. Karena kasus auto invite Grup Facebook ini sama sekali bukan atas tindakan pelaku pengguna Facebook. Ini semua karena adanya kesalahan pada perangkat yang digunakan atau bahkan Facebook Anda sudah terkena infeksi virus atau malware.

Pelaku invite Grup Facebook tidak merasa kalau dia telah mengundang teman-temannya dimasukkan kedalam Grup Facebook tertentu. Korban invite Grup tentunya akan kesal dan marah sampai-sampai temannya tersebut diblokir dari pertemanan.

Penyebab Auto Invite Grup Facebook Sehingga Dituduh Telah Mengundang Orang Lain Bergabung Ke Grup

Untuk script auto invite Grup Facebook saya tidak akan membahasnya lebih lanjut. Karena itu adalah unsur kesengajaan pengguna Facebook agar member Grupnya bisa bertambah dengan pesat dengan cara mudah. Namun yang akan saya bahas disini mengapa akun Facebook kita sampai bisa invite orang lain kedalam sebuah Grup padahal kita sendiri tidak pernah melakukannya?

Semua ini tidak terjadi secara alamiah. Tentunya hal ini ada penyebabnya sehingga akun Facebook kita secara otomatis akan invite teman kedalam Grup tertentu. Lalu apa penyebabnya? Berikut penjelasannya :

  1. Kita pernah menginstall software atau aplikasi lainnya yang didalamnya terdapat script jahat yang dapat bekerja untuk merusak akun Facebook Anda. Umumnya software seperti ini adalah software bajakan/ilegal. Biasanya ketika kita menginstall software bajakan maka Anti Virus akan mendeteksi adanya ancaman virus. Parahnya lagi setelah kita memperoleh ancaman seperti ini kita malah menonaktifkan anti virus tersebut. Dengan begitu virus tersebut bisa leluasa beraktivitas didalam komputer hingga mengerjai akun Facebook Anda;
  2. Kita pernah membuka link mencurigakan yang dibagikan teman sesama member Facebook. Biasanya link-link ini akan mengundang rasa kepenasaran kita untuk membukanya. Boleh jadi link tersebut menampilkan screenshoot gambar atau video p*rno atau hal lainnya yang mengundang keingintahuan member Facebook;
  3. Script jahat atau virus itu tidak hanya bisa berkembangbiak didalam PC dan Laptop. Saat ini bisa saja script jahat ini bisa menyusup kedalam smartphone Anda. Dengan begitu bukan sesuatu yang mustahil jika akar masalahnya terdapat pada smartphone yang Anda gunakan.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook Terbaru Tahun 2016

Lalu bagaimana cara mencegah atau mengatasi masalah auto invite Grup Facebook yang disebabkan seperti yang sudah dijelaskan diatas? Mungkin tanpa saya jelaskanpun Anda sudah bisa menebaknya sendiri. Namun tidak ada salahnya saya memberikan jawabannya. Dan berikut cara mencegah dan mengatasinya :

  1. Buang software atau aplikasi yang pernah kita install di komputer atau laptop yang menurut Anda aktivitasnya sangat mencurigakan;
  2. Mulai sekarang Anda harus berhenti mengklik link gambar atau video p*rno yang disebarkan di beranda Facebook. Apalagi jika yang membagikan link tidak jelas tersebut adalah orang yang tidak Anda kenal;
  3. Scan perangkat yang Anda gunakan untuk membuka akun Facebook dengan AntiVirus. Dan ingat selalu menggunakan AntiVirus yang sudah diuji kehandalannya serta AntiVirus masih dapat bekerja dengan baik (uptodate);
  4. Penyebab utama Facebook Anda sudah tidak bisa dikendalikan lagi oleh pemiliknya karena akun Facebook Anda sudah dikuasai oleh bot hack. Salah satu contohnya akun Facebook Anda dengan sendirinya invite orang lain kedalam Grup. Nah maka daripada itu Anda saat ini juga harus mengganti kata sandi Facebook. Atau jika perlu ganti juga alamat email Anda dengan alamat email lain. Dan ingat sebelum melakukan kegiatan ini, alamat email yang terhubung ke akun Facebook harus sedang benar-benar aktif atau bisa digunakan.

Kemudian apa yang harus dilakukan korban invite Grup Facebook? Jawabannya adalah silakan Anda cek apakah kasus ini disebabkan oleh auto invite Grup Facebook script yang disengaja atau masalahnya disebabkan oleh bot hack? Cara membedakannya adalah jika auto invite Grup Facebook disebabkan oleh bot hack maka teman Anda itu secara cepat telah mengundang Anda ke beberapa Grup Facebook dalam jumlah banyak dan waktu yang sangat cepat. Dalam satu menit saja bot hack ini dapat mengundang member Facebook kedalam 10 Grup berbeda bahkan lebih.

Anda bisa memberikan peringatan kepada teman Anda tersebut apakah dia yang melakukan sendiri atau tidak? Jika tidak berarti sangat jelas kalau akun Facebook teman Anda itu telah disusupi bot hack. Beritahu teman Anda dengan cara-cara yang sudah saya jelaskan diatas.

Kemudian jika Anda terlanjur sudah dimasukkan kedalam Grup Facebook korban auto invite, maka segera Anda keluar dari Grup Facebook tersebut. Cara adalah silakan Anda masuk ke Grup yang ingin Anda beluar dari keanggotaannya. Anda klik Bergabung > Keluar dari Grup.

Cara Mengatasi Auto Invite Group Facebook 1

Disini Anda wajib mencentang Cegah anggota lainnya menambahkan Anda kembali ke dalam grup ini lalu klik Keluar dari Grup. Alasan mencentang tadi adalah agar kedepannya Anda tidak bisa dimasukkan lagi oleh anggota lainnya kedalam grup tersebut.

Cara Mengatasi Auto Invite Group Facebook 2

Namun jika teman Anda tersebut tidak memperdulikan keluhan Anda tersebut, Anda bisa menghapus pertemanan Anda dengan pelaku yang telah terinfeksi akun Facebooknya dengan bot hack. Memang tindakan ini sangatlah sadis, namun tentunya Anda tidak ingin terganggu terus dengan aktivitas auto invite grup Facebook.

Sebagai antisipasi dan takutnya akun Facebook Anda juga nantinya terkena infeksi bot hack auto invite, maka sebaiknya kata sandi akun Facebook Anda juga harus diganti. Bahkan sebaiknya kegiatan mengganti kata sandi akun Facebook ini Anda lakukan minimal satu bulan satu kali. Kemudian setiap satu minggu sekali web browser yang Anda gunakan selalu dibersihkan cache dan historynya.

Ok mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Mengatasi Auto Invite Grup Facebook. Semoga artikel ini ada manfaatnya demi untuk kenyamanan kita dalam bersosial di Facebook. Jika Anda mempunyai pendapat lainnya, silakan sampaikan di kotak komentar. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Musim-musiman mas, terkadang bulan ini banyak yang masukin terkadang bulan sebelumnya gak ada,

    Hal yang menjengkelkan bila di masukin k dalam grup aneh gitu :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *