Home / WordPress / Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Pada WordPress

Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Pada WordPress

Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance – Ketika muncul informasi update terbaru di halaman dashboard WordPress, tentunya Anda ingin melakukan update tersebut. Dan memang demi keamanan CMS WordPress sebaiknya Anda jangan malas update ketika sudah muncul informasi update.

Bahkan bukan hanya keamanan saja, update WordPress perlu dilakukan demi untuk bisa menikmati fitur-fitur terbaru dari WordPress. Tidak hanya itu saja, ada beberapa plugin yang tidak support dengan CMS WordPress versi lama.

Ada dua cara untuk melakukan update CMS WordPress, dilakukan secara otomatis dan manual. Saya sendiri lebih suka melakukan secara manual.

Baca Juga : Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap

Kenapa saya lebih suka memilih versi update secara manual? Berdasarkan pengalaman sendiri update CMS WordPress secara otomatis jarang sekali sukses. Bahkan saya belum pernah mengalami kesuksesan update WordPress secara otomatis ini.

Pengalaman ketika melakukan update CMS WordPress secara otomatis prosesnya tidak kunjung selesai-selesai. Bahkan tiba-tiba muncul informasi “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

Bagi yang pertama kali mengalami hal ini tentunya akan kaget. Mulai dari halaman dashboard sampai halaman website tidak bisa diakses sama sekali. Halaman dashboard dan website ketika direload terus hanya bisa menampilkan informasi seperti gambar diatas.

Meskipun Anda mengganti browser dan menghapus cache serta history browser akan tetap saja tampilannya seperti itu.

Lalu bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check Back In A Minute Di WordPress

Jika kita artikan informasi ini adalah kita meski menunggu hal tersebut sampai beberapa menit kemudian. Pengalaman saya pernah menunggu 1 menit bahkan sampai 30 menit lamanya, namun hasilnya sama saja.

Tidak perlu panik! Karena masalah ini dapat kita selesaikan secara mudah …

Untuk mengatasinya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silakan Anda masuk ke cPanel webhosting blog, karena memang jalan satu-satunya adalah Anda meski menyelesaikannya dihalaman cPanel webhosting;
  2. Setelah berhasil masuk ke halaman cPanel, silakan buka File Managerkemudian public_html;
  3. Selanjutnya Anda masuk ke folder public_html, Anda akan menemukan file yang bernama .maintenance. File inilah yang menyebabkan WordPress menjadi error. Supaya error tersebut hilang, silakan Anda hapus file yang bernama .maintenance;

  1. Setelah berhasil menghapus .maintenance reload dashboard blog Anda. Atau jika perlu silakan hapus cache dan history browser yang digunakan;
  2. Jika Anda tidak menemukan file .maintenance tersebut, silahkan centang dulu Show Hidden Files. Karena kemungkinan file .maintenance disembunyikan;

Baca Juga : 10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance di WordPress. Meskipun artikel ini sangat singkat, namun saya harap ada manfaatnya bagi yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.