Home / Teknologi / Cara Mudah Mengatasi Error User Profile Cannot Be Loaded Pada Windows 7

Cara Mudah Mengatasi Error User Profile Cannot Be Loaded Pada Windows 7

Cara Mengatasi Error User Profile Cannot Be Loaded – Berawal dari ketika teman saya mempunyai masalah pada komputernya yaitu tidak bisa login di Windows 7 dan hanya tampil pesan error The User Profile Service service failed the logon. User profile cannot be loaded. Jujur, saat itu saya juga tidak tahu solusinya bagaimana. Windows seolah-olah terkunci karena tidak tampil pilihan lain lagi selain tombol Ok. Mencobanya untuk restart komputer, namun masih tetap masalahnya seperti diatas.

Baca Juga : Cara Terbaru Membuat Shortcut Restart, Sleep, dan Shutdown Windows 7, 8, dan 10

Lalu apa masalahnya sehingga pengguna tidak bisa login komputer? Sempat berpikir mungkin komputer harus di install ulang atau melakukan repair. Sebetulnya masalah ini sepele dan tidak perlu harus repot-repot menginstall ulang Windows. Tentunya untuk install ulang Windows akan membutuhkan waktu lama.

Penyebab masalah pengguna tidak bisa login di komputer itu bermacam-macam. Hal ini bisa disebabkan didalam komputer sudah bersanding virus, file system yang korup, atau mungkin bisa saja file penting kaitannya dengan akun profil telah terhapus. Intinya kasus ini adalah Windows tidak bisa membaca user profil komputer ketika komputer logon.

Berikut Cara Mengatasi Error User Profile Cannot Be Loaded

Anda tidak perlu menginstall ulang komputer, karena Windows sendiri sudah menyediakan fitur untuk menyelesaikan kasus seperti ini. Windows sudah memprediksi bahwa kemungkinan suatu saat pengguna komputer akan mengalami kasus tidak bisa login dan mentok di user profil.

Untuk mengatasi error user profile cannot be loaded Anda wajib harus masuk ke Safe Mode. Silakan masuk dulu ke Safe Mode dengan cara me-restart komputer dan ketika komputer startup tekan terus F8 pada keyboard.

Pada Safe Mode pengguna bisa login dan jika awalnya user profile menggunakan password, silakan login dengan password yang telah Anda buat.

Ketika komputer sudah berhasil Login di Safe Mode, silakan klik Start dan pada kolom pencarian Anda ketik regedit lalu Enter.

Di halaman Registry Editor silakan klik atau buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > ProfileList.

Sekarang akan ditemukan dua folder dengan nama berawal S-1-5 (SID key) lalu diikuti dengan nomor panjang. Dua folder ini bedanya yang satu tidak berakhiran .bak dan satunya lagi berakhir .bak.

Anda klik kanan pada folder yang tidak berakhiran .bak kemudian pilih Rename. Ketik atau tambahkan akhiran .bk sehingga hasilnya yang satu akan berakhir .bk dan satunya lagi akhiran .bak.

Sekarang klik kanan pada folder yang berakhiran .bak kemudian pilih Rename. Hapus akhiran .bak tersebut sehingga sekarang yang tertinggal hanya folder akhiran .bk (diatas) dan folder tanpa akhiran (bawah).

Langkah selanjutnya silakan Anda klik folder tanpa akhiran .bk atau folder yang awalnya ada akhiran .bak (bawah). Pada panel sebelah kanan Anda double klik pada RefCount.

Beri nilai angka nol (0) pada Value Data dan klik Ok.

Kemudian double klik lagi di Panel sebelah kanan pada State lalu ketik lagi angka nol (0) pada Value Data dan klik Ok.

Jika sudah selesai, silakan Anda close halaman Registry Editor kemudian Restart komputer.

Seharusnya sekarang komputer sudah bisa login dan masalah error user profile cannot be loaded sudah terselesaikan.

Bagaimana mudah bukan? Anda bisa membayangkan jika mengambil langkah install ulang Windows tentu masalah tidak akan terselesaikan secepat ini.

Ok mungkin artikel Cara Mengatasi Error User Profile Cannot Be Loaded dicukupkan sekian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dalam memperbaiki error login di Windows 7. Salam sukses dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *