Home / Kesehatan / 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak Yang Wajib Kamu Tahu

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak Yang Wajib Kamu Tahu

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak – Seringkali anak mengalami hidung tersumbat yang diakibatkan oleh pilek. Hidung tersumbat tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Namun, anak-anak juga sering mengalaminya. Kebanyakan di malam hari kamu merasakan terdahsyat hidung tersumbat. Hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan tidur maupun aktivitas lainnya seperti bermain bagi si anak.

Baca Juga : Fakta-Fakta Menarik Tentang Bulu Hidung Dan Bagaimana Cara Perawatannya

Selain merasa tidak nyaman, hidung tersumbat akan menjadikan si anak susah untuk bernafas. Dikarenakan hidung sering mengeluarkan ingus dan kering sehingga tersumbat di dalam. Hidung juga akan memerah karena sering digosok-gosok untuk mengeluarkan ingus. Ada berbagai cara mengatasi hidung tersumbat pada anak, diantaranya:

1. Mandikan Anak Dengan Air Hangat

Hidung tersumbat pada anak memang sangat tidak menyamankan. Maka kamu bisa lakukan memandikan anak dengan air hangat untuk mengatasi hidung tersumbat. Dengan dimandikan menggunakan air hangat maka uap panas yang akan melewati rongga hidung dan paru-paru. Sehingga uap panas dari air hangat ini dapat menghilangkan lendir-lendir yang ada di hidung. Jadi segera mandikan dengan air hangat, ya.

2. Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak selanjutnya juga bisa dengan mengompres dengan air hangat. Kamu siapkan handuk bersih yang berukuran tidak terlalu besar. Lalu rendam di air hangat dan kemudian peras handuk tersebut hingga lembap. Jika sudah maka letakkan handuk di wajah anak dan jangan terlalu lama karena dapat mengakibatkan anak kehabisan nafas.

Kamu lakukan secara berkali-kali hingga anak sudah merasakan bebas dari tersumbat. Jangan gunakan handuk yang basah, ya. Bukan menjadikan hilang hidung tersumbat tetapi malah kamu bisa mendapatkan penyakit lain yang ditimbulkan dari bakteri pada handuk basah. Maka ikuti petunjuknya ya.

3. Gunakan Minyak Kayu Putih

Mengoleskan minyak kayu putih di sekitar hidung juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Jika hidung terasa tersumbat dan kamu menghirup aroma pedas-pedas maka dapat menyembuhkan. Selain itu juga akan menghangatkan badanmu yang dapat menyeimbangkan suhu pada tubuhmu. Kayu putih ini juga sangat mudah dicari. Bahkan hampir semua toko pasti menyediakannya. Sehingga sangat memudahkanmu melakukan treatment ini untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak.

4. Konsumsi Jahe

Mengonsumsi air jahe juga dapat menghilangkan hidung yang tersumbat, lho. Selain dapat menyembuhkan penyakit asam urat, jahe juga bisa untuk mengatasi hidung tersumbat. Jahe dipercaya memang mempunyai banyak manfaatnya, ya.

Caranya mudah sekali untuk menjadikan jahe sebagai obat mengatasi hidung tersumbat. Kamu siapkan jahe lalu iris-iris jahe tersebut. Kemudian rebuslah jahe dengan air secukupnya hingga matang. Kamu bisa menambahkan gula atau madu jika sudah mendidih. Setelah itu kamu minum air tersebut, ya. Dengan menambahkan madu yang sangat baik untuk kesehatan ini pasti akan lebih mempercepat proses penyembuhannya.

5. Menopang Posisi Kepala

Anak yang mengalami hidung tersumbat pasti akan sangat merasakan ketidaknyamanan saat tidur. Untuk itu kamu bisa lakukan meninggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Sehingga lendir-lendir yang tersumbat di hidung akan keluar dengan sendirinya. Selain itu juga bisa menjadikanmu nyaman untuk tidur dengan posisi tersebut.

6. Pijat Hidung

Kamu juga bisa dengan memijat hidung agar hidung tidak tersumbat lagi. Caranya dengan meletakkan kedua telunjuk di bagian atas hidung. Lalu gosok secara perlahan keatas yang melintasi bagian bawah mata, belakang telinga dan leher. Ulangi pemijatan tersebut sebanyak 3 kali hingga hidung terasa sudah tidak tersumbat lagi, ya.

7. Semprotkan Saline

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan larutan saline. Kamu cukup dengan menyemprotkan larutan saline pada hidung, lho. larutan saline ini dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat pada anak.

Untuk mendapatkan larutan ini juga terbilang cukup mudah. Di berbagai apotek sudah banyak yang menyediakannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya karena tidak sulit, ya. Larutan saline sangat cepat untuk membantu menghilang hidung tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak bisa kamu lakukan jika tiba-tiba mengalami hidung tersumbat. Bahwasanya hidung tersumbat diakibatkan oleh banyak ingus yang keluar dari hidung dan menjadikan kering menyumbat hidung.

Baca Juga : Cara Tradisional (Cara Alami) Menghilangkan Komedo Di Hidung Permanen

Faktor alergi udara dingin juga bisa menjadikan anak terkena pilek dan dapat menjadikan hidung tersumbat nantinya. Maka dari itu kamu bisa melakukan berbagai cara seperti memandikan dengan air hangat, mengompres dengan air hangat, menghirup kayu putih dan lain sebagainya. Sehingga akan menghilangkan hidung tersumbat yang dirasakan oleh anak.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *