Home / Android / 12 Cara Mengatasi HP Lemot Sudah Terbukti Membuat HP Lebih Kencang

12 Cara Mengatasi HP Lemot Sudah Terbukti Membuat HP Lebih Kencang

Cara Mengatasi HP Lemot – HP adalah alat komunikasi yang sering digunakan baik untuk mengirim pesan teks, pesan gambar, maupun untuk menelepon. HP canggih atau sering disebut dengan smartphone memiliki banyak kelebihan di mana dapat di install game maupun software tertentu yang mungkin saja bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : 6 Tips Penting Memilih Game 3D Untuk Android Agar Android Tidak Lemot

Dengan adanya aplikasi yang cukup banyak memungkinkan HP Anda mudah sekali lemot dan panas. Dan perlu Anda ketahui cara mengatasi HP lemot supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

12 Cara Mengatasi HP Lemot, Silakan Praktekkan!

Cara untuk mengatasinya menggunakan trik yang biasa dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Hapus widget pada Home Screen

Jangan terlalu banyak menampilkan widget di layar utama. Memang dengan menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun pastikan Anda hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang Anda butuhkan saja.

2. Gunakan aplikasi yang serba guna

Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula permintaan RAM yang harus diambil.

3. Jangan gunakan HP saat mengisi daya

Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk ini sehingga baterai ponsel lebih cepat mengembung. Jika sudah seperti ini maka ketika selesai diisi, HP Android akan mudah sekali panas dan baterai menjadi cepat habis.

4. Jangan gunakan wifi

Walaupun jaringan wifi bisa Anda dapatkan secara gratis akan tetapi jika jaringan tersebut tidak tertangkap oleh ponsel Anda maka ponsel Anda akan mencari jaringan wifi secara otomatis. Hal ini yang menyebabkan HP Android Anda lebih cepat panas.

5. Atur Sinkronisasi

Agar tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis.

6. Gunakan satu antivirus saja

Aasannya karena aplikasi jenis ini biasanya sering bekerja pada background dan memantau system terdalam dari Android. Jika Anda menggunakan lebih dari satu maka permintaan RAM pun akan menjadi lebih besar.

7. Ganti baterai

Jika baterai sudah rusak karena sudah sering mati karena kehabisan daya dan juga sudah mengembung. Alangkah baiknya jika Anda segera mengganti baterai karena baterai yang sudah rusak akan mudah sekali panas.

8. Jangan sering mengonlinekan aplikasi

Salah satu usaha untuk mengatasi HP Android mudah panas dan lemot adalah dengan cara mematikan aplikasi yang sedang online. Salah satu contoh adalah ketika Anda ingin pergi jauh dan Anda mengaktifkan google maps maka aplikasi tersebut akan berjalan, jika sudah sampai ke tujuan alangkah baiknya jika aplikasi tersebut segera dimatikan. Ini menjadi salah satu cara mengatasi HP lemot dan tidak panas.

9. Menggunakan memori yang berkualitas

Cara agar HP tidak lemot dan cepat panas lainnya ialah pergunakan kartu memori yang bagus. Salah satu manfaat jika Anda menggunakan kartu memori yang bagus adalah memori Anda tidak akan mudah korrupt yang akan menyebabkan kinerja dari HP Android Anda sangat lambat dalam mengelolah data dan menyebabkan HP Anda mudah sekali panas. Jika sudah korrupt bukan hanya mudah panas akan tetapi juga lemot.

10. Root

Jika ponsel Anda sangat mudah sekali panas dan lemot Anda bisa root ponsel Anda untuk menghapus semua aplikasi yang berjalan pada backgroud, dengan begitu maka ponsel Anda akan lebih ringan dan tidak akan mudah panas.

11. Factory reset

Cara agar HP tidak lemot dan cepet panas terakhir ialah dengan factory reset. Selain melakukan root Anda juga bisa melakukan factory reset untuk mengatasi HP yang mudah panas. Factory reset sendiri berfungsi untuk menghapus sisa-sisa file yang sudah Anda hapus sehingga tidak menumpuk yang menjadi penyebab mudahnya HP Android Anda lemot dan juga panas.

Baca Juga : Daftar Kode Rahasia Handphone Android Samsung Lengkap Dengan Fungsinya

12. Gunakan aplikasi penghemat baterai

Aplikasi penghemat baterai untuk Android sudah tersebar dan sudah dipasang oleh banyak pengguna Android. Silahkan Anda gunakan aplikasi ini untuk menghemat baterai Anda dan membantu mempercepat pengisian daya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Bisa Membuat Android Lebih Kencang

Itulah cara mengatasi HP lemot dan panas yang bisa Anda terapkan pada HP Android Anda masing-masing. Pada umumnya ponsel yang memiliki sedikit aplikasi yang berjalan tidak akan mudah panas, apalagi lemot karena hanya beberapa saja aplikasi yang berjalan. Jadi jika ada aplikasi yang tidak Anda gunakan alangkah baiknya jika aplikasi tersebut Anda uninstall.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.