Home / Teknologi / Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer & Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer & Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri – Tidak usah panik dulu ketika komputer atau laptop Anda mendadak mati sendiri. Mungkin saja setelah membaca artikel ini menemukan solusi terbaiknya. Memang membuat jengkel jika tiba-tiba komputer mati sendiri padahal Anda sendiri tidak mematikannya. Lagi enak-enaknya mengoperasikan komputer lalu tiba-tiba komputer langsung mati. Semua data yang sedang kita kerjakan dan belum sempat untuk disimpan otomatis akan hilang. Mau tidak mau kita meski mengulang lagi membuat data tersebut.

Baca Juga : 10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop Setelah Install Ulang Windows

Banyak penyebabnya komputer dan laptop bisa mati secara mendadak dan tentunya penyebab utamanya bukan terletak pada gangguan listrik. Normalnya komputer dan laptop akan mati ketika pengguna melakukan proses shut down. Namun jika komputer mendadak mati tanpa diperintah itu tandanya komputer mengalami gangguan berupa error. Bisa saja gangguan ini terletak pada hardware atau bahkan pada software yang terpasang di komputer.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Sebaiknya kita segera atasi masalah ini, karena banyak kerugiannya jika kita biarkan terus menerus. Tidak menutup kemungkinan jika hal ini kita biarkan maka akan berdampak lebih parah pada kondisi komputer atau laptop Anda.

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Mati Sendiri

Disini saya kelompokkan menjadi 5 penyebab saja yang sering terjadi pada komputer mati secara tiba-tiba. Selain penjelasan penyebab dan juga akan dibahas dengan cara mengatasinya.

1. Kerusakan Terletak Pada Hardware

Penyebab komputer mati tiba-tiba bisa juga masalah utamanya ada pada hardware. Walaupun agak sulit untuk mendeteksi kerusakan pada hardware kecuali jika kita sudah berpengalaman atau mempunyai alat pendeteksinya namun kerusakan ini paling umum terjadi. Tidak kompatibel hardware yang digunakan akan menyebabkan malfungsi pada komputer atau laptop.

Cara mengatasi komputer mati sendiri disebabkan kerusakan hardware maka Anda harus memeriksa satu persatu seluruh perangkat yang terpasang di CPU. Coba Anda cek dulu RAM-nya dengan seksama. Biasanya jika terdapat debu atau kotoran yang menempel pada RAM bisa menyebabkan komputer mati sendiri. Bersihkan debu pada RAM dengan menggunakan penghapus pensil lalu coba pasangkan pada slot memory yang lain. Periksan juga socket-socket lainnya barangkali saja ada yang kurang pas atau sudah longgar, seperti socket power dan kabel SATA hardisk. Asal Anda tahu bahwa debu yang menempel pada motherboard akan mengakibatkan kinerja komputer menurun atau bisa mati sendiri.

2. Software Yang Digunakan Bermasalah

Software yang tidak kompatibel dengan komputer atau laptop juga bisa menyebabkan pemicu utama komputer mati sendiri. Software yang terpasang di komputer atau laptop yang corrupt akan mengakibatkan komputer tidak berjalan dengan normal. Biasanya software corrupt ini terjadi karena ketika proses install software dilakukan dengan cara yang tidak benar. Atau bisa saja software yang Anda gunakan tidak kompatible dengan sistem operasi komputer.

Solusinya adalah coba Anda isntall ulang software yang bermasalah tersebut dan ikuti semua petunjukkan dengan seksama. Mulai sekarang selalu gunakan software atau program yang kompatible dengan sistem operasi dan spesifikasi komputer.

3. CPU Komputer atau Laptop Terlalu Panas

Ada tiga penyebab utama kenapa CPU komputer atau laptop menjadi panas berlebih. Penyebab pertama karena komputer terlalu lama digunakan tanpa ada istirahat sebentar saja. Penyebab kedua adalah karena spesifikasi komputer tidak sesuai dengan jumlah program yang dijalankan. Komputer atau laptop kita jalankan secara terus menerus tanpa diberi waktu istirahat maka bisa menyebabkan CPU panas tinggi. Kemudian jika Anda terlalu banyak menjalankan program tanpa menyesuaikan dengan spesifikasi komputer itu sendiri maka hal inipun penyebab CPU menjadi panas.

Penyebab selanjutnya CPU komputer dan laptop menjadi panas berlebih adalah karena kondisi kipas (fun) CPU tidak berfungsi dengan baik. Adanya kipas atau fun ini adalah untuk mendinginkan CPU agar panasnya menjadi stabil. Namun jika perangkat ini tidak berfungsi atau sama sekali sudah mati maka akan mengakibatkan suhu didalam CPU menjadi panas.

Ketika suhu didalam CPU komputer atau laptop terlalu panas maka akan mengalami gagal fungsi dan bisa menjadi faktor utama komputer atau laptop mati secara mendadak.

Cara mengatasi komputer mati sendiri penyebab CPU terlalu panas adalah dengan mempelajari dulu apa yang menjadi pemicu utamanya. Jika penyebabnya adalah karena komputer terlalu lama digunakan maka silakan Anda beri waktu untuk istirahat dulu sampai benar-benar CPU dingin. Namun jika penyebabnya adalah karena terlalu banyak program komputer yang dijalankan, sebaiknya Anda kurangi dalam menjalankan program sekaligus. Program-program berat contohnya adalah program desain grafis seperti Photoshop dan CorelDRAW. Kebiasaan online sambil banyak menjalankan program juga itu adalah tindakan yang kurang baik. Sesuaikan saja dengan spesifikasi komputer dan laptop yang Anda gunakan.

Untuk mengatasi penyebab ketiga adalah dengan memeriksan kipas CPU apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kipas tidak berfungsi coba Anda bersihkan debu yang mengotorinya. Namun jika dipastikan fun sudah rusak maka sebaiknya Anda ganti saja dengan yang baru. Efektifnya jika komputer sering Anda gunakan maka minimal CPU memiliki 2 kipas.

4. Komputer atau Laptop Terjangkit Virus

Tingkat virus yang menyebar di komputer atau laptop Anda jika sudah dikategorikan sangat parah maka bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat, cepat panas, dan bahkan komputer mati secara mendadak. Anda juga akan sering terganggu ketika mengoperasikan komputer jika memang komputer Anda itu terjangkit virus. Akan banyak data yang disembunyikan oleh ulah virus dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Untuk mengatasi hal ini tidak ada cara lain lagi yaitu Anda harus menggunakan AntiVirus. Namun tentunya bukan sekedar AntiVirus yang hanya menjadi hiasan komputer saja. Gunakan AntiVirus yang selalu diperbarui (update) dan tidak masalah AntiVirus gratis juga. Namun jika virus sudah menyebar ke operasi sistem dan sulit untuk membuangnya maka sebaiknya Anda install ulang saja Windowsnya dan setelah selesai install ulang jangan dulu menginstall program lain, tapi install dulu AntiVirus uptodate.

5. Komputer Kelebihan atau Kekurangan Daya Listrik

Penyebab komputer sering mati sendiri bisa juga pengaruh tegangan listrik. Hal ini paling sering terjadi dan tidak menutup kemungkinan komputer yang baru. Kelebihan dan kekurangan tegangan listrik yang diterima oleh komputer akan menyebabkan komputer mendadak mati. Pengaruh tegangan listrik yang tidak stabil ini akan mengakibatkan hardisk komputer cepat rusak juga. Hardisk akan cepat mengalami bad sector.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya masalah tegangan listrik ini? Solusinya Anda harus menggunakan stabilizer. Dengan menggunakan stabilizer maka daya listrik yang diterima komputer akan stabil atau sesuai dengan yang dibutuhkan oleh power supply. Berapapun tegangan listrik di rumah Anda maka sebelum diterima oleh power supply komputer akan distabilkan dulu dengan stabilizer.

Itulah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Sendiri. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jika Anda mempunyai pengalaman lain silakan jangan ragu-ragu untuk disampaikan di kotak komentar. Terima kasih dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Kalo yang sering terjadi pada laptop saya karena terlalu panas gan, suaranya aja sudah kenceng banhet kipasnya. Sayang di daerahku belum ada yg bisa servis untuk bersihkan kotoran di dalamnya.

  2. sudah saya cek smua dan alhasil tetep gan mati, udah saya bawa ke garansi katanya harus nunggu 1 blan, nasib leptop batrai tanam, yang gak bsa di coba yaitu copot batrai sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *