Home / Kesehatan / Ini Dia Cara Ampuh Atasi Kulit Kering Secara Alami Terbukti Ampuh

Ini Dia Cara Ampuh Atasi Kulit Kering Secara Alami Terbukti Ampuh

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Secara Alami – Kulit kering memang menjadi salah satu masalah dari sekian banyaknya masalah dari seorang wanita. Apabila kulit kita kering, maka rasanya akan menjadi tidak enak. Kasar, kusam, bersisik, gatal dan kurangnya kelembaban pada kulit tentu mengakibatkan kurang nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Dengan begitu pasti Anda sangat kebingungan bagaimana mengatasi kulit kering secara alami ataupun dengan cara yang lain.

Baca Juga : 10 Rahasia dan Terbukti Dapat Membuat Kulit Putih Ala Wanita Korea Selatan

Perlu diketahui, istilah medis kulit kering adalah xeroderma atau  xerosis. Kulit kering ini dapat dialami oleh setiap orang tanpa mengenal usia ataupun jenis kelamin. Namun, biasanya kulit kering lebih rentan dialami oleh orang lanjut usia.

Gejala Kulit Kering

Kulit kering biasanya memiliki gejala awal seperti permukaan kulit yang terlihat lebih kasar. Selanjutnya bisa juga dengan kulit yang kaku saat mandi maupun setelah mandi bahkan saat berenang. Gejala kemerahan dan gatal-gatal juga mengindikasikan bahwa kulit tersebut kurang kelembaban.

Garis-garis pada kulit atau yang terlihat seperti retakan ini juga termasuk dari gejala kulit kering. Ada kemungkinan juga jika saking keringnya kulit, maka kulit ini juga bisa mengelupas seperti sisik. Dan apabila telah parah, maka juga bisa menimbulkan retakan yang mungkin saja bisa keluar darahnya.  Sebelum mengatasi kulit kering secara alami, ada baiknya anda ketahui gejala-gejala kulit kering berikut.

1. Usia yang terus bertambah

Dengan bertambahnya usia, maka kulit seseorang akan menjadi lebih tipis dan cenderung lebih kering mengikuti usia seseorang. Hal ini terjadi karena hormon seseorang semakin berkurang.

2. Iritasi kulit

Iritasi pada kulit bisa terjadi akibat alergi pada bahan-bahan kain tertentu. Detergen ataupun pelembut pakaian yang digunakan juga bisa menjadi penyebab iritasi. Selain itu pemakaian sabun dan handuk yang salah juga bisa bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Berubahnya cuaca

Dengan berubahnya cuaca, maka hal ini juga akan mempengaruhi kelembaban kulit. Adanya udara yang kurang lembab yang, maka akan menyebabkan kulit cenderung kering.

4. Menggosok-gosok kulit

Apabila Anda sering menggosok-gosok kulit, maka hal ini juga akan memicu timbulnya kulit kering. Terlebih lagi apabila anda menggunakan spons yang bisa menyebabkan kulit kering lebih cepat.

Berbagai Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Masih bingung bagaimana caranya mengatasi kulit kering secara alami? Berikut ini adalah berbagai cara mudah mengatasi kulit kering secara alami yang sangat mudah untuk Anda lakukan di rumah.

1. Banyak minum air putih

Mengatasi kulit kering secara alami  pertama ini sangat mudah. Hanya dengan banyak mengonsumsi air putih, maka akan menambah kelembaban kulit dan juga mampu mengurangi dehidrasi. Apalagi Anda yang berada di ruangan AC ada baiknya Anda meminum banyak air putih.

2. Menggunakan pelembab

Dengan menggunakan pelembab yang tepat, maka akan membantu Anda memulihkan kelembutan kulit. Anda bisa menggunakan pelembab yang cocok dengan kulit Anda yang berbentuk krim ataupun yang lainnya.

3. Pemakaian tabir surya

Sinar matahari yang menyengat mampu menghilangkan kelembaban Anda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menggunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30.

4. Pemakaian masker lemon dengan tomat

Buatlah masker tomat dengan lemon dengan cara membelah buah lemon agar menjadi 2 bagian. Ambil satu bagian dan peras air lemonnya. Lalu haluskan buah tomat. Campurkan air perasan lemon dengan buah tomat. Selanjutnya masker bisa digunakan.

5. Pemakaian masker buah pisang dengan minyak zaitun

Anda bisa membuat masker pisang dengan minyak zaitun. Caranya dengan menghaluskan pisang matang ditambah dengan 2 sampai 3 tetes dari minyak zaitun lalu oleskan merata.

6. Pemakaian masker alpukat dengan madu

Haluskan buah alpukat yang masih segar. Campurkan madu murni 1 sendok makan. Aduk merata dan masker bisa digunakan pada wajah Anda

7. Pemakaian masker telur, lemon dan minyak zaitun

Campurkan kuning telur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Setelah tercampur, tambahkan beberapa tetesan air lemon. Masker bisa langsung digunakan pada seluruh kulit Anda.

Itulah berbagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Terapkan cara berikut di rumah Anda agar kulit kering bisa cepat teratasi. Anda bisa mengatasi kulit kering secara alami sesuai dengan cara di atas dengan mudah aman dan cepat.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *