Home / Kesehatan / Anda Sering Mengalami Mabuk Perjalanan? Segera Atasi Dengan Cara Berikut

Anda Sering Mengalami Mabuk Perjalanan? Segera Atasi Dengan Cara Berikut

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan – Seperti halnya tahun 2016 yang lalu para pemudik tahun 2017 kini semakin banyak jumlahnya. Tak jarang juga berbagai masalah harus dihadapi oleh para pemudik ini. Mulai dari kemacetan, badan mudah kelelahan, hingga yang paling sering adalah mabuk perjalanan. Dengan kondisi tubuh yang kurang fit tentu akan mudah bagi Anda mengalami mabuk daripada tubuh yang lebih fit, sehingga menjaga kondisi tubuh saat mudik adalah hal yang wajib.

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Mabuk Perjalanan

Perlu diketahui bahwa cara mengatasi mabuk perjalanan adalah mudah. Namun, sebelum Anda mengetahui beberapa tipsnya, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Sehingga dengan begitu, Anda bisa mengantisipasinya terlebih dahulu agar mabuk perjalanan memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi.

Baca Juga : Nyeri Pinggang Tak Kunjung Sembuh? Lakukan 7 Langkah Mujarab Berikut

Mabuk perjalanan memang dapat dialami oleh semua orang baik itu anak-anak, orang dewasa, ibu hamil maupun orang tua. Mabuk perjalanan juga bisa dialami disaat kita melakukan perjalanan baik itu di darat laut maupun saat di udara. Namun, jangan khawatir karena cara mengatasi mabuk perjalanan cukup mudah untuk dilakukan.

Perlu diketahui bahwa mabuk perjalanan juga menjadi hal yang sangat mengganggu bagi kita. Biasanya hal ini terjadi ditandai dengan adanya rasa mual, pusing, merasa ingin muntah, lemas dan berkeringat dingin. Dengan begitu, maka Anda perlu mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan yang mudah untuk dilakukan. Namun, sebelumnya ketahui dulu beberapa hal berikut yang menjadi penyebab mabuk perjalanan.

Penyebab mabuk perjalanan yang berasal dari kendaraan. Bau-bauan yang tajam berasal dari rokok maupun wangi-wangian selama dalam perjalanan akan menimbulkan rasa pusing disertai mual. Sehingga hal ini juga memicu terjadinya mabuk perjalanan. Hal ini terjadi dikarenakan oleh otak kita yang menolak bau-bauan yang masuk pada hidung kita sehingga otak mulai bereaksi dengan menyebabkannya rasa pusing dan ingin mual.

Pada saat perjalanan Anda merasa begitu sesak itu adalah tanda mulai berkurangnya oksigen yang dihirup. Sementara, justru karbon dioksida ini yang lebih banyak dihirup. Maka, ini juga menjadi penyebab munculnya mabuk perjalanan.

Faktor lain yang mempengaruhi mabuk perjalanan yaitu faktor yang berasal dari diri Anda sendiri. Akibat rasa cemas dan takut yang berlebihan saat perjalanan akan mengakibatkan mabuk ditambah dengan ventilasi udara yang kurang baik.

Berbagai Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Berikut ini cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Yang pertama yaitu dengan memastikan tubuh berada dalam keadaan sehat. Saat ingin melakukan perjalanan yang jauh pastikan tubuh berada dalam keadaan sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan terlebih dahulu seperti nasi beserta lauk pauknya. Namun, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan berat sehingga menyebabkan lamanya proses pencernaan. Hindari juga makanan yang terlalu pedas, berlemak dan juga makanan yang memiliki bau yang kuat misalnya daging ikan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan  selanjutnya adalah dengan memperhatikan pandangan Anda saat perjalanan. Saat perjalanan di dalam kendaraan ada baiknya memperhatikan objek pandangan Anda. Buatlah mata dalam keadaan fresh dengan cara memperhatikan beberapa objek melalui kaca. Ada baiknya jika tidak terpacu pada gadget Anda. Ketika sudah merasa pusing dan mual, maka segeralah menghirup minyak kayu putih atau sejenisnya. Kalau pun perlu Anda bisa mendengarkan lagu agar tidak merasa bosan saat berlama-lama duduk di kendaraan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan  selanjutnya apabila kemacetan melanda perjalanan Anda, maka ada baiknya Anda menepi sejenak dan segera beristirahat supaya otak kembali fresh. Membuka jendela dan segera menghirup udara segar agar mengurangi rasa pusing dan mual yang terasa. Anda juga bisa sejenak pergi ke swalayan terdekat untuk berbelanja minuman atau obat lain yang bisa mengatasi mabuk perjalanan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan  selanjutnya yaitu apabila Anda melakukan perjalanan laut, maka pilihlah tempat yang di tengah dan dekat dengan air. Apabila dengan kereta api atau kendaraan darat lainnya, maka usahakan duduk di depan. Jangan terfokus dengan kegiatan membaca, menonton video ataupun asyik bermain handphone. Selanjutnya jika menggunakan jalur udara, maka pilihlah tempat duduk di dekat sayap pesawat. Anda juga bisa membatasi pengonsumsian makanan selama dalam perjalanan.

Itulah berbagai cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa Anda terapkan. Cara mengatasi mabuk perjalanan memang mudah untuk dilakukan, namun ada baiknya jika Anda mencegahnya terlebih dahulu sebelum terjadinya mabuk tersebut.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Artikel yang sangat bermanfaat. Jangan Lupa Kunjungi mesinindo[dot]com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *