Home / Kesehatan / Punya Masalah Dengan Gigi? Berikut Adalah 7 Cara Mengatasinya

Punya Masalah Dengan Gigi? Berikut Adalah 7 Cara Mengatasinya

Masalah Kesehatan Gigi  – Masalah kesehatan gigi adalah masalah yang cukup kompleks. Banyak orang yang menderita sakit gigi karena kurangnya perawatan atau perawatan yang salah. Mengatasi masalah gigi juga jangan setengah-setengah tapi harus total.

Masalah gigi yang paling dirasakan banyak orang adalah rasa ngilu akibat gigi sensitif. Gigi adalah bagian tubuh yang juga sangat penting, fungsinya sebagai pengunyah makanan tentu harus diperhatikan dengan benar.

Baca Juga : Anda Sering Mengalami Mabuk Perjalanan? Segera Atasi Dengan Cara Berikut

Kalau sakit gigi atau gangguan gigi sudah menjalar, akan sangat luar biasa sakitnya. Maka upaya tindakan preventif harus dilakukan secepatnya sebelum rasa sakit menghampiri. Langsung saja kita ulas cara mengatasi masalah kesehatan gigi yang bisa anda lakukan:

1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Sikat gigi adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan agar gigi menjadi sehat. Gigi yang sehat tentunya akan membuat penampilan lebih percaya diri. Selain itu, gigi memang harus disikat setiap hari agar kotoran sisa makanan dan minuman tak mengendap di gigi.
Sisa makanan yang tertinggal di gigi akan menimbukan kerak yang bisa membuat gigi menjadi lebih sensitif. Menyikat gigi idealnya dilakukan dua kali sehari bangun tidur serta sebelum tidur malam. Menyikat gigi ini tentunya sangatlah membantu meminimalisir sakit gigi.

2. Mengganti Sikat Enam Bulan Sekali

Enam bulan sekali, masalah kesehatan gigi dapat diatasi dengan cara mengganti sikat gigi. Sikat gigi pun kalau sudah memasuki enam bulan harus segera diganti. Hal ini karena pada sikat terdapat penumpukan bakteri yang tak kasat mata tentunya.
Kalau tidak diganti dengan segera, sikat gigi bukannya membersihkan gigi tapi justru mengotori gigi. Sikat gigi yang bersih dan baru tentu akan menambah kesehatan gigi anda menjadi semakin maksimal.

3. Memakai Pasta Gigi yang Sesuai

Untuk mengatasi masalah kesehatan gigi khusus gigi yang sensitive, anda lebih baik memakai pasta gigi yang sesuai. Pasta gigi yang sesuai artinya kalau sensitive anda lebih baik memakai pasta khusus gigi sensitive. Sedangkan bagi yang tidak memiliki masalah gigi, sebaiknya memakai pasta biasa yang cocok dengan gigi.

4. Memeriksakan ke Dokter Gigi

Kalau gigi tidak mengalami masalah sama sekali, sebaiknya tetap memeriksakan diri enam bulan sekali. Gigi yang sehat tak cukup hanya dengan disikat saja, namun perlu pemeriksaan dari dokter agar diperiksa secara menyeluruh.
Beberapa kasus penyakit baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan. Paling tidak anda tahu perkembangan dari kesehatan gigi anda.

5. Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi atau kotoran plak yang menempel pada gigi adalah masalah kesehatan gigi yang sering dialami banyak orang. Plak ini tentunya mengurangi kepercayaan diri, apalagi kalau tidak dibawa ke dokter yang professional.
Plak ini kalau menumpuk dan tidak dihilangkan akan menjadi plak yang semakin keras dan bisa mengganggu kesehatan gusi. Kesehatan gusi juga penting lho, jadi kalau gigi sehat tentunya gusi pun akan menjadi lebih sehat.
Gusi yang sehat tentu juga berdampak pada kesehatan mulut juga. Kalau di dokter gigi, karang gigi ini akan dihancurkan dengan alat-alat yang pastinya terjamin. Setelah karang gigi ini hilang, mulut terasa ringan dan sehat.

6. Mengurangi Konsumsi Es

Gigi terkadang akan sangat sensitif kalau minum es secara berlebihan. Es akan membuat gigi terasa ngilu dan juga cenat cenut kalau sedang sensitive. Sebaiknya mengonsumsi es dihindari kalau gigi sedang sensitive-sensitifnya.

7. Hindari Makan dan Minum Panas Dingin Secara Bersamaan

Untuk menghindari gigi sensitif, sebaiknya jangan makan dan minum yang bersuhu panas dan dingin secara bersamaan. Kalau makan dan minum yang dingin secara bersamaan, gigi akan mengalami fase sensitive yang ditandai dengan rasa ngilu. Nah ini masalah kesehatan gigi harus diperhatikan secara serius, sebab gigi kalau sudah sakit, akan terasa sangat mmenyakitkan sekali.

Untuk masalah kesehatan gigi memang banyak sekali macamnya, namun banyak juga upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk menangggulangi sakit gigi. Rasa ngilu akibat gigi sensitive, harus diberi perlakuan khusus seperti memakai pasta gigi yang khusus sensitive. Sedangkan bagi gigi yang normal, upayakan tetap menjaga kebersihan gigi.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *