Home / Microsoft Office / Solusi “There Was A Problem Sending The Command To The Program” Di Excel

Solusi “There Was A Problem Sending The Command To The Program” Di Excel

Cara Mengatasi Pesan Error di Office Excel – Kasus ini awalnya saya diperintah teman untuk menyelesaikan permasalahan pada Microsoft Office Excel yang dia punya. Jujur saya baru pertama kali menghadapi masalah seperti itu, yaitu program Microsoft Office Excel tidak bisa dibuka. Tepatnya setiap ketika membuka file ekstensi Office Excel (.xls atau .xlsx) yang tampil hanyalah pesan error “There was a problem sending the command to the program”. Dengan begitu file ekstensi Office Excel apapun yang tersimpan di komputer sama sekali tidak bisa dibuka.

Baca Juga : Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen Di Google Docs

Karena kasus seperti ini baru pertama kalinya maka saya sempat bingung juga. Saya sempat berpikir untuk melakukan install ulang Microsoft Office Excel atau meng-uninstall Microsoft Office Excel yang ada dan menginstall kembali dengan yang baru. Karena saya telah menganggap kalau Microsoft Office Excel tersebut sudah bermasalah. Namun masalahnya ketika itu saya tidak membawa software Microsoft Office Excel.

Cara Mengatasi Pesan Error di Office Excel 0

Berikut penampakannya ketika saya membuka file ekstensi .xls atau .xlsx :

Cara Mengatasi Pesan Error di Office Excel 1

Selanjutnya saya mencoba untuk menanyakan ke mbah Google dengan kata kunci cara mengatasi There was a problem sending the command to the program di Office Excel. Akhirnya saya terdampar di situs resmi Mircrosoft atau tepatnya di halaman WEB Support Microsoft.

Menurut keterangan di Support Microsoft tersebut untuk mengatasi permasalahan ini kita tidak perlu untuk melakukan install ulang program Microsoft Office Excel. Kita hanya melakukan beberapa langkah saja maka nanti kasus tersebut akan terselesaikan.

Berikut Cara Mengatasi Pesan Error “There was a problem sending the command to the program” di Office Excel

Menurut keterangan yang saya dapat dari WEB resmi Support Microsoft bahwa kasus tersebut sebenarnya akan terjadi disetiap versi Microsoft Office Excel, baik Office 2003, Office 2007, Office 2010, dan Office 2013. Untuk pesan error yang tampil bervariasi tergantung Opreasi Sistem yang digunakan. Berikut pesan kesalahan yang ditampilkan menurut beberapa versi Operasi Sistem Windows :

1. Pesan Error di Operasi Sistem Windows XP

Cannot find the file “LokasiFile” (or one of its components). Make sure the path and filename are correct and that all required libraries are available. There was a problem sending the command to the program.

2. Pesan Error di Operasi Sistem Windows Vista

Windows cannot find “LokasiFile/NamaFile”, Make sure you typed the name correctly, and then try again.

3. Pesan Error di Operasi Sistem Windows 7, 8, dan 10

There was a problem sending the command to the program.

Lalu sebenarnya apa sih penyebabnya hingga sampai muncul pesan kesalahan seperti yang diterangkan diatas? Berdasarkan informasi yang saya dapat dari halaman Support Microsoft adalah kira-kira sebagai berikut :

  1. Microsoft Office Excel telah mencoba untuk mengakses data baru dari aplikasi lain yang masih aktif;
  2. Bisa disebabkan dari add-in yang ditambahkan ke Microsoft Office Excel. Pengaruh terlalu banyak add-in yang terpasang atau bisa saja ada salah satu add-in yang rusak;
  3. Mengaktifkan salah satu fungsi dari add-in (pihak ketiga) atau aplikasi yang terhubung ke Microsoft Office Excel;
  4. Memanggil aplikasi lain yang dilakukan dari Microsoft Office Excel.

Kemudian bagaimana cara memecahkan masalah-masalah tersebut diatas sehingga tampil pesan kesalahan “There was a problem sending the command to the program”? Tidak banyak yang harus kita lakukan, kita hanya cukup mengabaikan fungsi Dynamic Data Exchange (DDE) pada Microsoft Office Excel. Berikut cara lengkapnya :

Caranya silakan Anda buka program Microsoft Office Excel yang terpasang di komputer Anda. Disini saya memberikan contoh pada Microsoft Office Excel 2007 dan Operasi Sistem Windows 7.

Anda klik Office Button yang terletak di sudut kiri atas Microsoft Office Excel 2007. Selanjutnya Anda klik pilih Excel Options.

Cara Mengatasi Pesan Error di Office Excel 2

Kini dihadapan Anda adalah kotak dialog Excel Options dan selanjutnya Anda klik pilih Advanced. Lalu scroll mouse kebawah hingga menemukan General. Anda hilangkan centang/checklist pada Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE). Klik OK dan lihat hasilnya !

Cara Mengatasi Pesan Error di Office Excel 3

Sekarang file ekstensi .xls dan .xlsx yang ada di komputer Anda sudah bisa dibuka kembali dengan Office Excel. Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu tulisan tentang Cara Mengatasi There Was A Problem Sending The Command To The Program di Office Excel. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan selamat mencoba.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *