Home / Teknologi / Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Blink 3 Kali (Lampu Orange Nyala 3 Kali)

Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Blink 3 Kali (Lampu Orange Nyala 3 Kali)

Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Blink 3 Kali – Banyak merk printer yang beredar di pasar Indonesia, salah satu diantaranya printer Canon. Untuk merk Canon sendiri memiliki banyak tipe, seperti yang akan dibahas disini adalah printer Canon iP2770.

Baca Juga : Cara Setting Print Canon MX300 Untuk Mencetak Dokumen Ukuran Kertas F4

Tak dapat dibantah lagi, memang printer merk Canon ini seperti tipe iP2770 termasuk printer paling laris di Indonesia. Terbukti selama penulis sering memperbaiki printer, umumnya yang diperbaiki adalah printer Canon iP2770.

Apapun merk printernya, sering ditemui masalah terutama masalah blinking. Tidak terkecuali printer Canon iP2770 ketika seperti blink 3 kali. Dan memang jika printer blinking maka printer tidak bisa digunakan semestinya untuk mencetak.

Ketika printer Canon iP2770 blink 3 kali atau lampu orange nyala sebanyak 3 kali, maka printer harus diperbaiki …

Bagaimana Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Blink 3 Kali?

Mengatasi printer Canon iP2770 blink 3 kali atau lampu orange nyala 3 kali tidak sesulit yang kita bayangkan. Adapun ciri printer Canon iP2770 blink 3 kali adalah sebagai berikut :

  • Lampu Hijau nyala normal (tanpa berkedip);
  • Lampu Orange berkedip 3 kali.

Jika permasalahannya seperti itu, maka Anda tidak salah lagi membaca artikel ini. Karena disini saya akan berbagi pengetahuan sedikit berdasarkan pengalaman dalam mengatasinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

Asal Anda tahu, dalam mengatasi printer Canon iP2770 blink 3 kali tidak akan terselesaikan dengan software. Biasanya masalah ini penyakitnya terletak pada komponen mekanik.

Ok sebelum artikel ini dilanjut, sebaiknya Anda pahami dulu makna dari beberapa kasus tentang jumlah berkedip lampu orange pada printer Canon.

Pengalaman sendiri ketika memperbaiki printer Canon iP2770 blink 3 kali tidak dapat diselesaikan dengan software resetter. Karena memang akar permasalahannya bukan disitu. Asal Anda tahu, bahwa si pembuat printer sudah merumuskan kode kerusakan printer yang diberi tanda pada jumlah berkedip lampu orange.

Silakan pahami dulu apa saja makna dari tanda-tanda blink printer Canon iP2770?

  1. Canon Blink 3 kali dan lampu hijau nyala terus maka umumnya kerusakan terletak pada mekanik;
  2. Canon Blink 4 kali dan lampu hijau nyala terus. Ini biasanya kerusakan pada perintah software sehingga menyatakan full “The ink absorber full. Contact the service centre.” Untuk solusinya adalah Anda cukup tekan tombol resume sampai terdengar bunyi mesin printer gludak-gluduk dan lepaskan tombol resume tersebut. Umumnya setelah melakukan proses ini maka printer Canon akan normal kembali;
  3. Canon Blink 5 kali disertai lampu hijau nyala terus. Hal ini kerusakan pada catridge hitam atau catridge warna. Kerusakan disini bukan berarti catridge harus diganti. Karena bisa jadi hanya kotor saja di bagian belakang catridge. Sebelum Anda menggantinya, coba bersihkan dulu menggunakan kertas tissu. Namun jika ternyata setelah dibersihkan masih tetap blink, maka solusi terakhirnya adalah Anda harus mengganti catridge dengan yang baru;
  4. Canon Blink 7 kali dan lampu hijau nyala terus. Kasus ini umumnya hanya terjadi pada printer Canon tipe iP1980 daja. Dengan begitu jarang sekali terjadi pada printer Canon iP2770. Kasus blink 7 kali juga masalahnya terletak pada catridge;
  5. Canon Blink 8 kali dan lampu hijau nyala terus. Ini artinya ink tank penuh (full). Tentu saja solusi tepatnya adalah dengan software resetter Canon khusus untuk tipe iP2770;
  6. Canon Blink 14 kali atau 15 kali serta lampu hijau nyala terus. Hal ini sangat mudah diketahui yaitu masalahnya ada di catridge dan Anda harus menggantinya dengan catridge yang baru;
  7. Masalah lain dan mungkin saja terjadi pada printer Canon Anda yaitu ketika proses print berjalan lalu muncul blink-blink diatas padahal kelihatan printer normal, hal ini dikenal dengan istilah Run Out. Cara mengatasinya adalah cukup tekan tombol resume sekitar 20 hingga 30 detik kemudian lepaskan tombol resumenya. Jika masih tetap, silakan langkah menekan tombol resume 20 hingga 30 detik diulang 1 kali lagi.

Berikut Cara Mengatasi Canon iP2770 Blink 3 Kali

Setelah Anda paham dengan pengertian blink Canon seperti yang sudah diuraikan diatas, sekarang kita menginjak ke permasalah Canon iP2770 blink 3 kali.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa printer Canon iP2770 blink 3 kali itu tidak akan terselesaikan dengan software resetter. Masalah ini terletak pada mekanik printer.

Jika Anda mau memperbaiki printer sendiri, silakan Anda bongkar casing printer Canon iP2770. Hal ini mudah sekali dan Anda cukup membuka 4 baut printer saja.

Umumnya masalah Canon iP2770 blink 3 kali adalah terletak pada kabel sensor printer. Kabel sensor ini berfungsi untuk menarik kertas ketika printer akan bekerja.

Lebih jelasnya lagi kabel sensor tersebut adalah seperti berikut :

Dan memang kabel sensor ini untuk yang baru lumayan sulit ditemukan. Namun untuk kabel sensor bekas banyak jual. Silakan Anda cari di toko online seperti BukaLapak, Tokopedia, atau yang lainnya.

Baca Juga : Ini Dia 5 Faktor Penting Penyebab Printer Cepat Rusak Yang Wajib Anda Ketahui

Bagaimana mudah bukan? Mungkin artikel Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Blink 3 Kali dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.