Home / Android / Punya Masalah Dengan RAM Android Yang Sering Penuh? Inilah Cara Mengatasinya

Punya Masalah Dengan RAM Android Yang Sering Penuh? Inilah Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh – Siapapun Anda para pengguna ponsel Android, pastinya pernah mengalami RAM Android yang penuh sehingga kinerja ponsel pun menjadi semakin lambat. Jika sudah begini rasanya hanya ingin ganti ponsel saja. Namun sebenarnya ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan supaya RAM Android Anda tidak penuh.

Ponsel Lemot Karena RAM Penuh?

Memang layaknya sebuah komputer, ponsel juga membutuhkan RAM supaya bisa menjalankan semua aplikasi yang ada pada ponsel. Jika aplikasi yang ada pada ponsel berlebihan tentunya ponsel pun akan semakin lemot.

Tentunya semakin besar RAM yang ada pada ponsel Anda semakin bagus pula kinerja dari ponsel yang Anda miliki. Sebaliknya jika RAM ponsel Anda sedikit tentu saja jika kebanyakan aplikasi yang tertanam ponsel pun akan semakin lemot saja. Untuk itu akan lebih baik Anda memilih ponsel yang memiliki cukup banyak RAM sehingga saat dipergunakan RAM Android Anda tidak cepat penuh.

Baca Juga : Jangan Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

Memang ada banyak hal yang menyebabkan RAM Android Anda cepat penuh. Bisa saja karena banyaknya aplikasi yang sudah tertanam dan bisa juga karena banyaknya data yang ada dalam ponsel Anda.

Tips Mengatasi RAM Android Yang Penuh

Jadi tak bisa dipungkiri lagi jika ponsel kita RAM nya semakin terbatas. Tanpa kita sadari RAM ponsel kita pun tiba-tiba saja penuh dan kinerja ponsel pun semakin melambat saja karena RAM nya yang semakin penuh. Jika Anda kebingungan mencari solusi supaya RAM Android yang penuh bisa teratasi. Perhatikanlah berbagai tips berikut ini.

1. Pergunakan Aplikasi RAM Manager

Biasanya RAM manager ini telah tersedia dalam versi yang gratis dan juga pro. Tentu saja fungsi dari aplikasi RAM manager ini dipergunakan untuk mengaktifkan suatu profil tertentu untuk manajemen RAM Android sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Menghapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Mengapa aplikasi harus dihapus? Tentu saja jawabannya karena aplikasinya jarang dipergunakan. Selain itu karena banyaknya aplikasi yang berjalan ponsel pun semakin lemot bahkan hanya akan membuat RAM Android menjadi penuh. Supaya RAM Android yang penuh bisa teratasi caranya dengan masuk ke menu settings kemudian Anda pun bisa memilih aplikasi yang ingin dihapus. Pergunakan clear data maupun clear cache sebelum akhirnya memilih uninstall.

3. Mengatur Kembali Penyimpanan Pada Ponsel

Khususnya pada memori internal ada baiknya Anda mengaturnya kembali penyimpannya. Ubah saja penyimpanannya pada kartu sd. Sehingga penyimpanan internal Anda pun bisa aman dan tidak penuh lagi.

4. Pergunakan Aplikasi Xbooster

Tahukah Anda apa fungsi dari aplikasi tersebut? Fungsi dari aplikasi xbooster yang kini sudah tersedia pada semua ponsel Android adalah untuk melakukan proses boosting RAM Android.

5. Membatasi Penggunaan Live Wallpaper Dan Juga Widget

Meskipun penggunaan dari keduanya ini mampu membuat tampilan ponsel menjadi lebih menarik. Namun Anda perlu tahu bahwa penggunaan keduanya ini bisa memakan banyak RAM dan cepat menghabiskan daya baterai. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda meminimalkan penggunaan keduanya supaya RAM Android yang penuh bisa teratasi.

6. Bersihkan Data Dan Juga Cache Secara Berkala

Seiring waktu yang berjalan pastinya cache yang ada pada ponsel Anda semakin lama juga semakin bertambah saja. Maka lebih baik Anda bersihkan data dan juga cachenya secara berkala. Cara mengatasi RAM Android yang penuh pun juga cukup mudah hanya dengan masuk ke dalam menu setting kemudian pilihlah clear storage dan juga clear data.

7. Aplikasi Yang Tak Bisa Diuninstall Lebih Baik Dinonaktifkan

Terkadang dalam sebuah ponsel Android terdapat banyak aplikasi bawaan yang tidak bisa diuninstall sehingga Anda pun perlu menonaktifkannya supaya tidak memenuhi RAM handphone Anda. Terlebih jika banyak aplikasi yang memang jarang Anda pergunakan, lebih baik Anda menonaktifkannya daripada harus melakukan root pada ponsel Anda. Dengan begitu RAM Android yang penuh pun bisa teratasi.

Cara mengatasi RAM Android yang penuh ini tentu saja patut Anda ketahui. Dengan begitu saat RAM Anda kepenuhan, Anda pun sudah tidak kebingungan lagi mencari cara yang tepat. Anda pun tidak perlu repot-repot lagi pergi ke counter untuk memecahkan masalah RAM Android yang penuh karena Anda bisa mengatasinya sendiri. Perhatikan dengan benar seberapa penting banyaknya aplikasi yang ada pada ponsel Anda supaya Android Anda tidak cepat penuh.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *