Home / Teknologi / 4 Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis Ketika Komputer Startup

4 Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis Ketika Komputer Startup

Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis – Pernahkah komputer atau laptop Anda mengalami masalah libraries muncul saat startup Windows 7? Dimana seharusnya halaman libraries Windows ini harus muncul jika kita telah memilih (klik) folder kuning Windows Explorer. Lalu kenapa ketika komputer atau laptop dinyalakan (startup) tiba-tiba secara otomatis halaman Windows Explorer ini keluar sendiri? Baik disini saya akan menjelaskan cara mengatasi Windows Explorer terbuka sendiri secara otomatis begitu komputer dinyalakan.

Baca Juga : Cara Mengubah Nada Startup Dan Shutdown Komputer Windows Dengan Mudah

Untuk mengatasi halaman libraries terbuka secara otomatis saat startup Anda tidak perlu panik dan tidak perlu juga Anda menginstall ulang Windows. Masalah ini secepatnya akan teratasi jika Anda menyelesaikan membaca artikel ini. Kasus Windows Explorer muncul otomatis ini penyebab utamanya adalah terdapat folder tersembunyi (hidden) yang berada pada folder Startup. Folder tersebut adalah shortcut Windows Explorer yang akan berfungsi otomatis ketika komputer dinyalakan (startup) bahkan ketika komputer di restart.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-1

Berikut Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis Saat Startup

Untuk mengatasi kasus tersebut, disini kita bisa memecahkannya kedalam 4 cara. Silakan Anda pilih cara mana yang cocok Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah ini.

1. Hapus Folder Shortcut Windows Explorer

Cara pertama yang sudah terbukti sukses dalam memecahkan masalah libraries selalu muncul otomatis saat startup ini adalah dengan menghapus folder shortcut Windows Explorer. Tunggu dulu bukan menghapus Windows Explorer yang tampil di Taskbar! Jika Anda menghapus Windows Explorer yang tampil di Taskbar nanti kedepannya Anda akan kesulitan jika ingin menuju kehalaman libraries. Dengan cara itu masalah Anda tidak akan terselesaikan.

Folder shortcut Windows Explorer yang harus dihapus adalah yang berada didalam Accessories Windows. Untuk menghapusnya kita meski menampilkan dulu setiap file dan folder yang status sembunyi (hidden). Caranya silakan Anda buka halaman Windows Explorer kemudian klik pilih Organize dan klik juga Folder and search options.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-2

Sekarang Anda klik pilih tab View kemudian untuk menampilkan seluruh file dan folder yang tersembunyi, kita meski memilih Show hidden files, folders, and drives pada opsi Hidden files and folders.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-3

Jika sudah menampilkan semua file dan folder yang tersembunyi seperti langkah diatas, kini saatnya untuk menghapus shortcut Windows Explorer. Silakan Anda buka Local Disk (C:) dari halaman Windows Explorer. Kemudian buka folder Users > ‘Nama User Komputer‘ > AppData > Roaming > Microsoft > Windows > Start Menu > Programs > Accessories. Di halaman Accessories akan terlihat jelas ada shortcut Windows Explorer, nah silakan Anda hapus folder shortcut Windows Explorer tersebut dan Restart komputer atau laptop.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-4

Jika sukses maka setelah komputer atau laptop di restart, masalah halaman Libraries muncul otomatis saat startup akan hilang.

2. Periksa Folder Startup

Jika cara pertama tidak membuahkan hasil yang maksimal artinya halaman Windows Explorer tetap saja muncul ketika komputer dinyalakan, maka silakan lakukan langkah kedua ini. Anda periksa folder Startup, kemungkinan shortcut Windows Explorer berada disini. Seluruh file dan folder yang berada di folder Startup akan berfungsi otomatis ketika komputer dinyalakan.

Untuk mengecek folder Startup silakan Anda klik pilih Start > All Programs > Startup. Lihat apakah didalamnya terdapat shortcut Windows Explorer atau tidak! Jika ada, silakan Anda hapus saja.

Namun jika ternyata kosong (empty), silakan Anda aktifkan Run Windows. Caranya tekan bersamaan logo Windows+R pada keyboard kemudian pada kotak Run ketik msconfig dan tekan Enter. Kemudian cek pada tab Startup dan pastikan tidak ada aplikasi Explorer.exe yang aktif atau dicentang (checklist). Setelah itu restart komputer atau laptop dan lihat hasilnya.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-5

3. Mengecek Registry Windows

Masih gagal juga? Ok mari kita bahas cara ketiga. Cara ketiga ini Anda harus masuk ke halaman Registry Windows. Untuk masuk ke halaman Registry silakan Anda gunakan menu Run dengan menekan tombol logo Windows+R pada keyboard. Kemudian ketik regedit pada kotak Run dan tekan Enter. Selanjutnya buka path HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon. Pastikan pada kolom sebelah kanan tepatnya pada item Userinit berisi “C:\Windows\system32\userinit.exe,“. Kemudian pada item Shell harus berisikan “Explorer.exe“. Jika kedua item tersebut tidak berisi seperti yang sudah saya intruksikan, maka silakan Anda ganti secara manual.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-6

Sekarang restart komputer atau laptop dan lihat hasilnya apakah halaman Windows Explorer masih terbuka otomatis ketika startup atau tidak?

4. Uncheklist Restore Previous Folder Windows at Logon

Ini adalah langkah terakhir jika ketiga langkah diatas tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Kemungkinan lain jika masalah Windows Explorer masih terbuka saat startup komputer adalah pada Restore Previous Folder di centang/cheklist. Untuk memastikannya silakan Anda buka lagi Folder and Search Options seperti langkah pertama. Kemudian klik pilih lagi tab View dan pastikan pada opsi Restore previous folder windows at logon tidak dicentang.

cara-mengatasi-windows-explorer-terbuka-otomatis-7

Untuk melihat hasilnya seperti biasa Anda restart komputer. Menurut pengalaman dengan menggunakan salah satu langkah dari empat cara diatas maka masalah halaman Libraries muncul otomatis ketika startup bisa teratasi. Namun jika ternyata masalah tersebut tidak teratasi meski sudah melakukan cara-cara diatas, solusi terakhirnya adalah dengan menginstall ulang Windows.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis ketika komputer startup. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *