Home / Microsoft Office / Cara Mengatur Auto Save Office Word Agar File Lebih Cepat Tersimpan Secara Otomatis

Cara Mengatur Auto Save Office Word Agar File Lebih Cepat Tersimpan Secara Otomatis

Cara Mengatur Auto Save Office Word – Tentunya kita tidak mau sampai kehilangan data penting yang sedang kita kerjakan di Office Word. Kehilangan file penting yang saya maksud disini adalah, kita belum sempat menyimpan (save) file namun komputer atau laptop tiba-tiba mati. Matinya komputer atau laptop disebabkan oleh beberapa hal, misal gangguan listrik (mati lampu) atau ada masalah dengan perangkat komputer baik software ataupun hardware. Maka daripada itu jika kita tidak ingin sampai data penting yang sedang dikerjakan di Office Word mendadak hilang karena belum sempat disimpan, lakukan beberapa hal yang akan saya bahas pada artikel ini.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer Ga Pake Ribet

Setiap program komputer termasuk Microsoft Office Word telah dilengkapi dengan fitur Auto Recovery. Bahkan pada Operasi Sistem Windows sendiri fitur Auto Recover telah disisipkan didalamnya dimana jika suatu saat kita membutuhkan tinggal memanggil saja. Auto Save atau Auto Recover juga dapat kita temukan di CMS WordPress. Tentunya untuk hal ini hanya akan diketahui dan dirasakan khusus bagi Blogger yang ngeblog menggunakan CMS WordPress saja.

Cara Mengatur Auto Save Office Word (0)

Secara default fitur Auto Recover Office Word ini akan menyimpan file dokumen yang sedang dikerjakan dalam setiap 10 menit. Menurut saya waktu 10 menit untuk menyimpan ini terlalu lama. Dalam waktu 10 menit kita bisa mengetik dokumen lebih dari 5 lembar halaman. Bisa Anda bayangkan jika komputer mati tiba-tiba dibawah waktu 10 menit, misal 9 menit maka hasil ketikan kita akan lenyap juga karena belum disimpan dalam fitur Auto Recover.

Maka daripada itu sebaiknya jatah waktu default atau 10 menit ini kita ubah lagi. Dengan memperkecil waktu Auto Recover maka kecil kemungkinan kita akan kehilangan data penting ketika mengetik. Karena secara otomatis data penting akan tersimpan melalui Auto Recover Office Word.

Berikut Cara Mengatur Auto Save Office Word (Auto Recover) Agar File Tersimpan Otomatis

Tidak sulit jika kita ingin mengatur Auto Save di Office Word. Karena untuk memenuhi keperluan ini tidak banyak langkah yang harus kita laksanakan. Silakan Anda buka Office Word yang sudah terpasang di komputer atau laptop. Disini saya praktik mengatur Auto Save pada Microsoft Office Word 2007. Untuk versi lainnya, silakan menyesuaikan saja.

Setelah Office Word aktif, Anda klik pilih Office Button kemudian Word Options.

Cara Mengatur Auto Save Office Word (1)

Temukan tab Save dan centang (checklist) pada Save AutoRecover. Disitu akan Anda temukan angka 10 (jika pengaturan bawaan belum diubah). Nah angka itu adalah pengaturan dalam satuan menit untuk menyimpan data secara otomatis. Silakan Anda ubah dengan angka lebih kecil lagi, misal disini saya memberi angka 5 saja. Artinya nanti jika saya mengerjakan pengetikan di Office Word maka setiap 5 menit sekali akan menyimpan secara otomatis.

Cara Mengatur Auto Save Office Word (2)

Bagaimana mudah bukan? Mulai sekarang kita tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data pengetikan, kecuali jika komputer atau laptop mati dibawah waktu Auto Save yang telah kita tentukan. Lebih baiknya lagi kita sendiri yang melakukan penyimpanan data secara manual baik itu dari cara klik Office Button > Save (Office 2007) atau dengan cara menekan Ctrl+S pada keyboard.

Baca Juga : Cara Membuat Dua Garis Pada Kop Surat Di Office Word 2007 Dan Versi Diatasnya

Mungkin artikel Cara Mengatur Auto Save Office Word dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *