Home / Teknologi / Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Cara Mengecek Kondisi Power Supply – Power Supply adalah perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan listrik ke dalam perangkat keras lainnya agar komputer bisa dijalankan. Power supply berupa kotak persegi yang umumnya terpasang di dalam casing komputer atau tepatnya di bagian belakang casing. Peranan power supply untuk komputer merupakan perangkat keras penting karena tentunya tanpa adanya power supply maka komputer tidak akan bisa menyala. Maka daripada itu disarankan jika Anda membeli power supply sebaiknya diperiksa dulu apakah power supply dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Baca Juga : Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

Selanjutnya jika Anda menemukan masalah kalau komputer tidak nyala, maka sebaiknya langkah pertama yang harus Anda cek adalah power supply. Banyak kasus komputer mati sendiri secara mendadak disebabkan power supply bermasalah. Apalagi jika kipas pada power supply tidak berputar sama sekali maka bisa dipastikan kalau power supply Anda bermasalah.

Cara Mengecek Kondisi Power Supply (1)

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara mengecek kondisi power supply? Apakah dalam mengecek power supply harus menggunakan motherboard? Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti power supply yang Anda anggap rusak dengan yang baru, simak dulu artikel ini sampai selesai. Disini saya akan membahas tuntas cara mengecek kondisi power supply untuk memastikan kalau power supply rusak atau tidak. Bahkan mengecek power supply disini kita lakukan tanpa menggunakan motherboard.

Berikut Cara Mengecek Power Supply Tanpa Menggunakan Motherboard

Banyak cara untuk mengecek kondisi power supply. Jika Anda pergi ke toko komputer disana dijual alat khusus untuk cek kondisi power supply (power supply tester). Namun disini saya tidak membahas hal itu, disini saya akan membagikan cara cek kondisi kerusakan power supply dengan cara manual.

Cara manual untuk mengecek kondisi kerusakan power supply adalah dengan cara jumper. Yang dimaksudkan cara jumper disini adalah dengan menghubungkan bagian plus (+) dan minus (-) power supply menggunakan kabel. Karena dengan cara ini kondisi kerusakan power supply akan kita ketahui dengan mudah. Selanjutnya jika ternyata power supply yang bermasalah, maka kita tinggal memperbaiki power tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Jika kita lihat kabel yang terdapat didalam power supply atau kabel yang terhubung ke motherboard maka akan ditemukan banyak kabel. Kabel dari power supply yang terhubung ke Motherboard dinamakan konektor catu daya. Konektor catu daya ini berfungsi untuk mensuplai tegangan listrik ke Motherboard, CD-ROM, dan Hardisk. Nah disini kita akan menghubungkan secara langsung konektor catu daya tersebut (jumper) untuk mengecek kondisi kerusakan power supply.

Konektor catu daya pada power supply memiki 24 pin yang kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Namun sebetulnya konektor catu daya power supply yang terpenting adalah berjumlah 20 pin saja. Silakan saja Anda cek kalau konektor yang 4 pin dapat kita pisahkan sehingga jumlahnya menjadi 20 pin. Malahan untuk motherboard tipe dulu umumnya memiliki 20 pin saja.

Ok sekarang mari kita bahas ke inti permasalahan yaitu cara mengecek kondisi power supply apakah rusak atau tidak.

Cara Cek Kondisi Power Supply Dengan Jumper

Anda perhatikan gambar ilustrasi konektor catu daya 20 pin power supply dibawah ini berikut warna-warnanya :

Cara Mengecek Kondisi Power Supply (2)

  1. Anda siapkan alat untuk menghubungkan konektor (jumper) yang dapat menghantarkan listrik seperti kabel, tembaga, atau media lainnya;
  2. Buka atau keluarkan power supply dari casing komputer dan jangan sampai lupa cabut semua kabel yang terhubung dari power supply (Motherboard, CD-ROM, dan Hardisk);
  3. Anda lihat gambar konektor 20 pin power supply diatas dan warna-warnanya. Untuk plus (+) adalah warna hijau, maka silakan Anda masukkan salah satu ujung kabel ke konektor warna hijau;
  4. Untuk minusnya (-) adalah warna hitam. Anda pilih saja konektor warna hitam. Ada 7 konektor warna hitam, Anda pilih satunya untuk menghubungkan salah satu kabel jumper tadi;
  5. Jika kedua kabel jumper sudah dimasukkan atau sudah terhubung antara konektor warna hijau dan hitam, silakan Anda sambungkan power supply listrik dan lihat reaksinya.

Untuk memastikan apakah power supply rusak atau tidaknya setelah Anda mempraktikkan cara diatas adalah apakah kipas (fun) yang terdapat pada power supply berputar atau tidak? Jika kipasnya berputar maka dipastikan kalau power supply masih dalam kondisi baik. Namun jika sebaliknya maka power supply sudah tidak layak pakai lagi. Coba Anda perbaiki power supply atau jika kondisinya sudah parah maka sebaiknya ganti saja dengan power supply yang baru.

Baca Juga : Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Mengecek Kondisi Power Supply dengan menggunakan cara jumper. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *