Home / Pendidikan / Cara Mengecek Untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) Di SIMPATIKA

Cara Mengecek Untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) Di SIMPATIKA

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) – Dengan hadirnya NPK sejak tanggal 09 Pebruari 2016 maka kini guru madrasah tidak lagi dipusingkan dengan sulitnya mengajukan NUPTK. Fungsi NPK menjadi kode identitas resmi bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Satminkal Madrasah Kemenag. NPK adalah nomor identitas resmi PTK guru madrasah sebagai pengganti NUPTK. Ketentuan penerbitan NPK ini telah ditetapkan dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan nomor DjI/Dt.II/2/PP.00/211/2016.

Baca Juga : Syarat Dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Guru Sekolah/Madrasah Tahun 2016

Sebelumnya guru madrasah galau berat dengan sulitnya untuk mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Terlebih kesulitan ini semakin rumit saja setelah berubahnya sistem layanan aplikasi online PADAMU NEGERI menjadi SIMPATIKA. Bagaimana tidak pusing tujuh keliling karena tanpa memiliki NUPTK maka guru madrasah tidak bisa berpartisi aktif pada program-program PTK seperti : Sertifikasi Guru, Tunjangan Profesi, Penilaian Kinerja Guru (PKG), Tunjangan Fungsional, dan sebagainya. Padahal untuk memperoleh semua fasilitas tersebut guru madrasah sudah memenuhi syarat, cuma terbenturnya guru madrasah tidak memiliki NUPTK.

Lain lagi ceritanya setelah diterbitkan Nomor Pendidik Kemenag (NPK). Kini setiap guru madrasah se-Indonesia akan sangat mudah untuk memperoleh identitas resminya. Guru madrasah akan diberi identitas resmi Kemenag, yaitu NPK. Dimana fungsi dan kegunaan NPK ini hampir sama dengan NUPTK. Nantinya NPK ini akan bisa digunakan PTK Satminkal Kemenag sebagai persyaratan dasar dalam partisi aktif program-program PTK seperti Sertifikasi Guru dan sebagainya.

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) 1

Lalu Bagaimana Cara Mengecek Untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK)?

Sesuai informasi yang saya kutip dari surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, dari sejak bulan Pebruari 2016 lalu sampai bulan Juni 2016 mendatang maka aplikasi layanan online SIMPATIKA akan melakukan proses penerbitan NPK. Setiap guru madrasah atau guru dalam binaan Direktorat Pendidikan Madrasah akan memperoleh NPK secara otomatis jika PTK yang bersangkutan sudah memenuhi persyaratan.

Kode idenditas unik ini yang terdiri dari 13 digit numerik hanya khusus diperuntukkan bagi guru madrasah atau PTK yang bertugas di Satminkal Kementerian Agama (Kemenag). Adapun ketentuan penerbitan NPK secara otomatis adalah hanya kepada PTK berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) aktif  dan PTK pemilik NUPTK aktif.

Lalu bagaimana jika PTK yang bersangkutan bukan PNS dan sebelumnya belum memiliki NUPTK (Non NUPTK)? Atau misalnya PTK hanya baru mempunyai NUPTK sementara saja atau PegID. Jangan khawatir karena PTK seperti inipun akan mendapatkan NPK, dengan catatan : Kualifikasi pendidikan PTK minimal D4/S1, minimal sudah 2 tahun berstatus PTK di Satminkal Madrasah, dan PTK memiliki riwayat mengajar 4 semester berturut-turut dalam 2 tahun terakhir. Jika semua persyaratan ini sudah terpenuhi, maka PTK yang bersangkutan akan mendapatkan NPK secara otomatis.

Berikut Alur Otomasi Penerbitan Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA :

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) 2

Untuk memastikan bahwa PTK yang bersangkutan sudah mempunyai NPK atau belum, silakan Anda cek sendiri di SIMPATIKA. Maka dari itu disini saya akan memberikan penjelasan Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA.

Untuk mengecek atau melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA caranya sangat mudah. Silakan Anda login menggunakan akun PTK masing-masing di aplikasi layanan Online SIMPATIKA.

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) 3

Jika login Anda berhasil Anda langsung menuju ke halaman Layanan SIMPATIKA dan disini Anda hanya cukup klik pilih PTK.

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) 4

Maka jika data Anda yang tersimpan di layanan SIMPATIKA sudah memenuhi syarat kepemilikan NPK seperti yang sudah saya jelaskan diatas, dihadapan Anda sekarang akan tampil sebuah Notifikasi. Pada Notifikasi ini akan muncul informasi Nomor Pendidik Kemenag (NPK) yang terdiri dari 13 digit numerik. Untuk melihat dan mengetahi secara detail lagi, silakan Anda klik pilih Info NPK.

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) 5

Anda sekarang akan diantarkan kehalaman Diklat dan Sertifikasi kemudian Fungsi & Jabatan. Disini Anda akan melihat kembali informasi Nomor Pendidik Kemenag (NPK).

Cara Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) 6

Jika NPK Anda belum tampil di aplikasi layanan SIMPATIKA, maka itu berarti persyaratan Anda belum lengkap. Silakan Anda cek sendiri kira-kira syarat apa yang belum terpenuhi seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja tulisan Cara Mengecek Untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA. Saya harap semoga tulisan ini ada manfaatnya terutama bagi Guru Madrasah.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *