Home / Teknologi / Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows

Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet – Kembali saya bahas seputar hardisk komputer atau laptop. Kemarin-kemarin memang sudah saya bahas juga beberapa artikel tentang hardisk rusak atau hardisk bad sector. Pada kesempatan baik ini juga saya akan membahas cara mengecek hardisk yang bermasalah. Kita tidak perlu menggunakan software pihak ketiga, karena disini kita akan menggunakan fitur bawaan operasi sistem Windows. Menggunakan tools Windows bukan hanya mengecek kondisi hardisk saja, kita sekaligus bisa langsung memperbaiki setiap error atau bad sector hardisk yang ditemukan.

Baca Juga : Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

Karena peran hardisk sangat vital selain perangkat-perangkat keras lainnya, maka tindakan mengecek kesehatan hardisk secara berkala sangat disarankan. Hardisk adalah hardware tempat menyimpan data dan tentunya kita tidak mau kalau sampai kehilangan data-data penting. Hardisk cepat sekali error jika dalam penggunaannya tidak tepat. Komputer yang sering mati lampu mendadak adalah kasus terbesar yang menyebabkan hardisk cepat rusak.

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet (1)

Jika kebiasaan kita selalu malas-malasan untuk mengecek kesehatan hardisk, maka jangan heran jika nanti tiba-tiba hardisk komputer Anda langsung rusak mendadak. Dengan begitu Anda tidak akan sempat untuk menyelamatkan (backup) data. Lain lagi jika kita selalu rajin mengecek kondisi hardisk maka kita akan mengetahui perkembangan kesehatan hardisk. Jika laporan hasil pengecekan ternyata hardisk sudah mendekati masa ajalnya maka tentunya kita tidak akan tinggal diam untuk segera memperbaikinya. Atau langkah untuk antisipasi hardisk mati total kita akan segera melakukan penyelamatan (backup) data.

Berikut Cara Mengecek Hardisk Komputer Sekaligus Memperbaikinya Dengan Tool Bawaan Windows

Tool bawaan Windows apakah yang saya maksud? Mungkin sebagian pembaca blog Info-Menarik.NET sudah mengetahuinya, ya benar kita akan menggunakan Check Disk. Dengan Check Disk sebagai tool default operasi sistem Windows kita bisa memeriksa keadaan hardisk dan nanti dengan tool ini setiap ada kerusakan atau bad sector maka akan otomatis diperbaiki.

Hardisk bermasalah belum tentu akan teratasi dengan cara di format. Banyak kasus terjadi dengan memformat hardisk, error atau bad sector hardisk tetap masih ada. Error disini bukan error data atau program yang tersimpan di hardisk. Namun error disini karena memang hardisk sudah rusak saja atau istilah lainnya hardisk bad sector.

Baca Juga : Kenali Segera 5 Ciri-Ciri Hardisk Komputer Bermasalah Atau Rusak Bad Sector

Check Disk ini akan selalu ada di setiap versi Windows, dengan begitu kita tidak perlu menginstallnya. Dari mulai Windows jadul seperti Windows 2000, Windows XP tool Check Disk ini selalu ada. Kita tinggal memanfaatkannya tool Windows tersebut untuk keperluan mengecek kesehatan hardisk.

Memeriksa kondisi hardisk komputer atau laptop menggunakan tool Check Disk sangatlah mudah. Silakan Anda buka My Computer untuk melihat keseluruhan diskdrive yang ada di komputer Anda. Disini saya mempunyai dua diskdrive, yaitu drive C dan drive D. Dalam contoh disini saya akan mengecek hardisk drive D saja. Klik kanan pada diskdrive yang akan diperiksa kondisinya lalu klik pilih Properties.

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet (2)

Kemudian Anda klik pilih tab Tools dan langsung klik pilih lagi Check Now.

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet (3)

Anda centang pada options Automatically fix file system errors untuk memberi perintah memperbaiki setiap error pada file system yang ditemukan. Kemudian centang juga pada Scan for and attempt recovery of bad sectors agar nanti setiap ditemukan error atau bad sector maka tool ini akan memperbaikinya atau memulihkan menjadi normal.

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet (4)

Terakhir Anda klik Start untuk memulai peroses pemeriksaan kesehatan hardisk. Tunggu sampai proses ini selesai dengan sempurna. Untuk proses lamanya waktu dalam praktik ini tergantung pada kapasitas hardisk yang Anda scan. Artinya jika kapasitas hardisk kecil maka akan cepat prosesnya, namun jika kapasitasnya besar maka tentunya proses akan memakan waktu lebih lama lagi.

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet (5)

Dan berikut hasil laporannya Anda bisa melihat pada contoh gambar di bawah ini :

Cara Mengecek Hardisk Tanpa Ribet (6)

Baca Juga : Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Bagaimana mudah bukan? Semoga dengan mengetahui mengecek kondisi hardisk dengan tool Check Disk maka nanti hardisk komputer Anda akan awet atau tidak cepat mudah rusak.

Ok mungkin artikel Cara Mengecek Hardisk Komputer Dengan Check Disk dicukupkan sekian saja. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam bahagia selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. ternyata windows telah membekali fitur bawaan yang bisa digunakan untuk mengecek dan memperbaiki keadaan hardisk di komputer ya, baru tahu saya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *