Home / Teknologi / Cara Mengecek Posisi Website Sendiri Di Hasil Pencarian Google Yang Benar Dan Akurat

Cara Mengecek Posisi Website Sendiri Di Hasil Pencarian Google Yang Benar Dan Akurat

Cara Mengecek Posisi Website Di Google – Kegiatan mengecek posisi website atau blog sendiri di pencarian Google sepertinya aktifitas yang paling sering dilakukan oleh para blogger. Betapa tidak, munculnya website atau blog di pencarian Google merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang tidak akan ternilai harganya. Apalagi jika website atau blog muncul dihalaman terbaik Google. Kenapa search engine Google yang menjadi tumpuan banyak blogger untuk mengoptimasi website atau blognya? Ya mungkin karena mesin pencari Google yang paling banyak digunakan orang-orang di dunia dalam mencari berbagai informasi.

Baca Juga : Ikuti Hasil Pencarian Terbaik Google Dengan Menggunakan Google Alerts

Dalam mengecek posisi website menggunakan mesin pencari Google ada aturan tertentu yang harus kita lakukan. Tanpa menggunakan aturan ini maka hasil pencarian dapat diragukan kebenarannya dan tentunya itu adalah info yang tidak akurat.

Cara Mengecek Posisi Website Di Google (0)

Namun sebelum tahu cara mengecek posisi website yang benar, sebaiknya kita bahas dulu bagaimana cara agar website atau blog bisa terindex oleh Google. Karena percuma saja kita mengecek website di pencarian Google dengan benar padahal kenyataannya website kita sama sekali belum diindex Google.

Cara Agar Website Atau Artikel Bisa Terindex Oleh Google

Sebetulnya tidak sulit kalau sekedar tujuannya website atau blog yang kita kelola agar bisa diindex oleh Google. Yang sulit adalah membuat posisi website atau artikel muncul dihalaman terbaik Google jika memang kata kunci yang kita buat persaingannya lumayan berat. Untuk sekedar membuat website atau blog bisa terindex oleh Google caranya ada dua macam, yaitu :

  1. Membiarkan website atau blog dengan sendirinya tanpa melakukan apapun selain hanya membuat artikel dan memperbaiki tampilan website. Membuat website dan membiarkannya tanpa ada optimasi, promosi, dan sebagainya maka lama kelamaan website akan diindex juga oleh Google. Namun tentunya dengan melakukan cara ini maka proses index Google terhadap website atau blog kita akan sangat lambat.
  2. Mengoptimasi website atau blog seperti mendaftarkan website di Google Webmaster Tool, promosi website, kegiatan blogwalking, dan sebagainya. Dengan melakukan kegiatan ini maka dipastikan website kita akan cepat terindex Google.

Berikut Cara Mengecek Posisi Website Yang Benar Di Hasil Pencarian Google

Ok tadi kita sudah bahas bagaimana cara agar website atau artikel bisa diindex dengan baik oleh Google. Jika sudah menerapkan langkah diatas, kini gilirannya untuk mengecek posisi website kita di Google. Seperti yang sudah saya singgung diatas dalam mengecek website di Google ada aturan-aturannya agar hasil pencarian benar-benar akurat.

Apapun browser yang kita gunakan baik itu Chrome, Firefox, Opera Mini, Safari, dan sebagainya umumnya memiliki sifat menyimpan cache. Apap itu cache? Cache adalah sebuah kemampuan sistem untuk menyimpan data internet yang sering diakses oleh browser yang bersangkutan. Jika kita sering membuka website A dengan browser Chrome, maka Chrome akan menyimpan data-data website A dalam cachenya sehingga jika suatu saat kita mencari di Google dengan kata kunci yang berhubungan dengan website A, maka Google akan menampilkan website A pada urutan teratas. Tentunya Anda bisa menyimpulkan apakah hal tersebut bisa dikatakan akurat atau tidak?

Untuk menghapus cache dan juga history di web browser adalah dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+Delete pada keyboard.

Selanjutnya Anda perlu mencentang data-data browser yang akan dihapus dan untuk menghapus semua data di Chrome kita juga perlu memilih opsi the beginning of time. Terakhir jika sudah mencentang semua data yang akan dihapus, silakan klik Clear browsing data.

Cara Mengecek Posisi Website Di Google (1)

Untuk tampilan clear cache dan history Firefox contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Anda pilih Everything dan centang semua data-data yang akan dihapus dari browser Firefox terakhir klik pilih Clear Now.

Cara Mengecek Posisi Website Di Google (2)

Langkah selanjutnya jika Anda sudah melakukan penghapusan cache dan history di browser yang digunakan, kemudian Anda juga perlu melakukan Log out akun Google  seperti Email, Google Plus, dan sebagainya. Pastikan juga Anda selalu mengakses URL google.com bukan google.co.id. Jika hasilnya pengecekan website di pencarian Google diragukan, silakan Anda cek kembali menggunakan browser berbeda dan juga komputer atau laptop berbeda. Selain itu Anda bisa mengecek posisi website atau artikel di Google menggunakan software seperti yang pernah saya tulisa pada artikel Cara Cepat Mengetahui Posisi Artikel Di Google.

Untuk mengecek posisi website atau artikel di Google setelah mempraktikkan semua langkah-langkah diatas, silakan Anda ketik kata kunci yang relevan dengan artikel yang ingin Anda cari di Google. Jika dihalaman pertama Anda tidak menemukannya, silakan cari juga dihalaman-halaman berikutnya. Kalau sekedar mengecek apakah artikel atau website sudah diindex Google, Anda bisa mengetikkan judul artikel atau bahkan URL langsung di kolom pencarian.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Mengecek Posisi Website di Google Yang Akurat. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Saya cek web saya di beberapa komputer teman saya tapi posisi web nya salalu berubah ubah. Kalo posisi website selalu berubah ubah di halaman google itu kenapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *