Home / Software / Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin

Cara Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin – Ketika ruang hardisk komputer sudah mulai mepet maka biasanya kita akan menghapus beberapa data-data yang sudah dianggap tidak penting lagi. Karena dengan membuang beberapa data kadaluwarsa sedikitnya akan menghemat space hardisk komputer. Apalagi jika hardisk komputer kita spacenya sangat kecil dan terbatas. Membiarkan data-data tidak penting menumpuk begitu saja di komputer itu adalah tindakan yang tidak baik. Dan lagi biasanya jika space hardisk dibiarkan sampai penuh maka akan mengakibatkan kinerja komputer kecepatannya menurun.

Baca Juga : Software Mengembalikan Registry Windows Yang Terhapus

Namun perlu Anda ketahui bahwa sebelum kita menghapus data komputer yang dianggap sudah tidak penting sebaiknya Anda backup dulu datanya ke media eksternal seperti hardisk, flashdisk, atau CD/DVD. Karena bisa saja kedepannya Anda akan membutuhkan kembali data-data tersebut. Begitu Anda membutuhkan data yang sudah dihapus maka Anda tinggal merestorenya kembali kedalam komputer.

Cara Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin (1)

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur menghapus data komputer tanpa backup terlebih dahulu dan kita sangat membutuhkannya data tersebut? Sebetulnya ketika kita menghapus data di komputer maka data tersebut tidak langsung lenyap di komputer. Proses ini hanya pemindahan tempat saja dari lokasi penyimpanan data ke tempat berkumpulnya sampah-sampah data komputer. Setiap kita menghapus data apapun di komputer maka nanti data itu akan ditampung oleh tempat sampah komputer atau Recycle Bin.

Recycle Bin ini adalah fitur bawaan komputer operasi sistem Wondows artinya begitu kita selesai install Windows maka Recycle Bin ini akan ada secara otomatis di komputer. Biasanya ketika kita pertama kali selesai install Windows maka Recycle Bin akan muncul otomatis di desktop.

Jadi begitu Anda telah menghapus data komputer baik itu disengaja atau tidak sengaja maka data tersebut akan berpindah tempat menjadi ke Recycle Bin. Anda bisa kembali mengeceknya data tersebut di dalam kotak sampah dengan membukanya. Kalau data yang ingin dikembalikan ketempat semula ditemukan, Anda tinggal melakukan klik kanan pada data yang dimaksud kemudian klik pilih Restore. Dengan begitu data yang terhapus tersebut akan bisa diselamatkan karena telah kembali ketempat semula data tersebut ada. Jika data yang ingin dikembalikan jumlahnya banyak, untuk mempercepat silakan Anda gunakan kombinasi Ctrl+A pada keyboard untuk membloknya terlebih dahulu dan terakhir Restore.

Cara Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin (2)

Yang menjadi pertanyaan sekarang bagaimana jika data penting tersebut sudah lenyap juga di Recycle Bin? Itu artinya sebelumnya Anda pernah melakukan tindakan Empty Recycle Bin atau memberikan perintah untuk mengosongkan kotak sampah. Otomatis jika data sudah lenyap di Recycle Bin maka Anda tidak bisa melakukan teknik Restore seperti yang diterangkan diatas.

Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin

Memang agak rumit juga jika data benar-benar tidak ada juga di Recycle Bin. Rumitnya adalah saya tidak akan menjanjikan bahwa data tersebut akan kembali dengan selamat. Namun bukan berati tidak ada kemungkinan untuk dikembalikan. Hal ini bisa dikembalikan dengan bantuan software khusus yang bertugas untuk mengembalikan data terhapus di Recycle Bin.

Jika kenyataannya data di Recycle Bin tidak bisa dikembalikan juga ini artinya mungkin data yang tersimpan di Recycle Bin waktunya sudah lama. Karena lamanya proses melakukan Empty Recycle Bin bisa jadi data tersebut sudah benar-benar lenyap di ruang hardisk komputer karena tertimbun dengan sampah-sampah baru. Seberapa besarpun space hardisk pasti ada batasnya juga. Jika terus menerus hardisk digunakan dengan menyimpan data-data maka tentu saja lama-lama akan menumpuk walaupun tumpukkan data tersebut adalah hanya sampah. Jika sudah menumpuk tersebut maka hardisk akan melakukan pembersihan data otomatis yang sebelumnya sudah di Empty Recycle Bin. Maka dengan begitu kecil kemungkinan data komputer akan bisa diselamatkan.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer

Sebelum Anda memutuskan bahwa data tidak bisa dikembalikan sebaiknya Anda lakukan dulu me-recovery data dengan bantuan software pihak ketiga. Tidak ada salahnya untuk mencoba karena hampir 50% kalau data terhapus di Recycle Bin akan bisa dikembalikan dengan bantuan software.

Banyak sekali software yang khusus dibuat untuk mengembalikan data terhapus di Recycle Bin baik software berbayar dan gratis. Tentunya kalau ingin yang kinerjanya full maka gunakanlah software recovery data berbayar.

Sebelum menggunakan software berbayar, alangkah bijaksananya kalau menggunakan software gratis dulu. Salah satu contohnya software gratis yang bisa kita andalkan untuk mengembalikan data terhapus di Recycle Bin adalah PC Inspector File Recovery.

Cara Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin (3)

PC Inspector File Recovery adalah software khusus untuk memulihkan data komputer yang terhapus di Recycle Bin. Software PC Inspector File Recovery sudah mendukung untuk FAT 12/16/32 serta juga untuk sistem NTFS. Program ini begitu dijalankan akan melakukan pencarian otomatis untuk menemukan data yang lenyap dari Recyle Bin. Software ini juga akan mampu menemukan boot sector Hardisk yang menyebabkan data terhapus atau rusak.

PC Inspector File Recovery sangat mudah digunakan karena didesain dengan antarmuka ramah pengguna. Terkadanga juga software PC Inspector File Recovery ini akan mampu mengembalikan data terhapus karena kegiatan format hardisk.

Software PC Inspector File Recovery ini memang sangat pintar karena sistem kerjanya akan mampu mengenali banyak ekstensi berbagai file komputer seperti BMP, CDR, XLS, EXE, GIF, HLP, DOC, DXF, DBF, HTML, HTM, JPG, LZH, MP3, PDF, PNG, RTF, TAR, MID, MOV, TIF, ARJ, AVI, WAV atau ZIP.

Baca Juga : Cara Terbaru Mengembalikan Data Terhapus Di Facebook

Singkatnya jika Anda ingin mengembalikan data terhapus di Recycle Bin baik itu disengaja atau tidak disengaja maka sebaiknya gunakan dulu software PC Inspector File Recovery. Masalahnya jika kita menggunakan software PC Inspector File Recovery maka kita tidak akan mengeluarkan uang sepeserpun (gratis). Kita hanya cukup mengeluarkan modal kuota internet untuk download file PC Inspector File Recovery sebesar 3,30 MB. Dengan hasil kerja yang memuaskan tanpa modal untuk membelinya maka tentu saja ini adalah kebanyakan orang yang diinginkan termasuk saya.

Jika dengan software PC Inspector File Recovery data penting Anda tidak bisa diselamatkan maka silakan Anda gunakan software recovery data lainnya. Atau mungkin saja dengan menggunakan software berbayar maka data Anda akan bisa diselamatkan.

Sekali lagi saya ingatkan agar rajin untuk melakukan backup data komputer apalagi data tersebut sangat penting.

Ok mungkin hanya itu saja tulisan Cara Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin menggunakan software PC Inspector File Recovery gratis. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk yang membutuhkan. Jika Anda mempunyai pengalaman lain dalam memulihkan data terhapus, silakan jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ilmunya di kotak komentar. Salam hangat dan salam sukses selalu.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. mas, kalau data yang telah terhapus di Recycle Bin ini secara permanent apakah akan menimbulkan file sampah atau file cache yang akan menumpuk di komputer ? atau memang sudah pasti bersih ?
    terimakasih atas jawabanya.

    • Untuk dalam waktu jangka pendek file-file yang sudah dibersihkan di Recyle Bin akan menjadi cache dan bisa dikembalikan dengan software Recovery Data. Namun dalam waktu jangka panjang file-file ini akan hilang juga.

      • ohh.. jadi seperti itu system nya ya.. jangka panjang akan hilang dengan sendirinya. terimakasih atas jawabannya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *