Home / WordPress / Cara Mengembalikan Link Title (Judul Tautan) WordPress

Cara Mengembalikan Link Title (Judul Tautan) WordPress

Cara Mengembalikan Link Title (Judul Tautan) WordPress – Link title atau judul tautan sangat penting kita pertahankan jika kita sedang menyisipkan link di dalam artikel. Untuk membuat link title di dalam postingan WordPress sangatlah mudah. Kita tinggal blok kalimat yang ingin ditautkan, kemudian klik Insert Link atau Sisipkan/sunting taut dan disana akan ada kolom untuk membuat judul tautan (link title). Namun sayangnya seiring dengan dikembangkannya CMS WordPress, kini fasilitas link title sudah ditiadakan dalam kotak dialog Insert Link. Dan ini sangat menyulitkan bagi pengguna dalam menyisipkan link di dalam postingan terutama jika kita ingin membuat judul tautan.

Baca Juga : Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress

Link Title atau Judul Tautan pada sebuah link konon katanya sangat bagus untuk SEO blog kita. Oleh karena itu, selain dibuatkan anchor text ketika sedang menyisipkan link, sebaiknya tambahkan juga link titlenya. Dulu ketika WordPress belum diupdate tepatnya sebelumnya versi 4.2 jika kita ingin memberi Judul Tautan sangatlah mudah. Entah kenapa sekarang kolom Link Title diganti dengan Link Text atau Teks Tautan.

Apapun alasannya, kita wajib untuk mengembalikan lagi Link Title tersebut. Karena walaupun sebenarnya kita bisa saja membuat link tautan dan memberi judul tautan secara manual dari post editor mode HTML. Namun tentu saja jika link yang kita edit jumlah sedikit ini akan memudahkan, tapi sebailknya jika jumlah link tersebut sangat banyak jumlahnya, apakah tidak akan melelahkan?

Pada dasarnya link tautan yang konon katanya SEO Friendly itu adalah seperti ini :

<a href="link yang dituju" title="link title/judul tautan">anchor text</a>

Dulu sebelum WordPress diupdate, untuk mendapatkan link tautan seperti contoh diatas hanya dalam satu langkah saja. Sekarang tidak, karena link title ditiadakan. Link title ini akan terlihat atau berfungsi ketika cursor mouse kita diarahkan terhadap sebuah link.

Contoh saya membuat link tautan dalam artikel dengan struktur link seperti ini :

<a href="http://info-menarik.net/makgeolri/" title="Pengertian Lengkap Makgeolri">Makgeolri</a>

Maka hasilnya akan terlihat seperti contoh link tautan yang sudah diberi link title (judul tautan) di bawah ini :

Cara-Mengembalikan-Link-Title-(Judul-Tautan)-WordPress-1

Bisa Anda lihat perbedaannya dari sebelum WordPress di update dan sesudahnya. Jika sebelumnya terdapat kolom Link Title (Judul Tautan) kemudian setelah update versi WordPress menjadi Link Text (Teks Tautan).

Cara-Mengembalikan-Link-Title-(Judul-Tautan)-WordPress-2

Lalu Bagaimana Cara Mengembalikan Link Title (Judul Tautan) WordPress?

Untuk mengembalikan Link Title kebentuk semula atau seperti ketika WordPress belum diupdate, kita hanya membutuhkan sebuah plugin Title And Nofollow For Link. Sangat mudah menggunakan plugin tersebut, karena kita tidak perlu harus setting lagi ketika plugin sudah diinstall. Silakan Anda install dulu plugin Title And Nofollow For Link agar post editor WordPress tepatnya di menu Insert Link kolom Link Title kembali ada.

Setelah plugin Title And Nofollow For Link berhasil Anda install di WordPress, nanti bukan hanya kolom Link Title saja yang tersedia. Namun nanti kolom Link Text juga akan tetap ada. Link Text ini bisa kita manfa’atkan untuk membuat anchor text. Kemudian akan ditambah juga sebuah check box untuk memberikan rel="nofollow" pada link tautan. Hal ini dengan menginstall plugin Title And Nofollow For Link kita akan memperoleh 4 keuntungan sekaligus.

Cara-Mengembalikan-Link-Title-(Judul-Tautan)-WordPress-3

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Mengembalikan Link Title (Judul Tautan) WordPress. Hal ini hanya untuk mempermudah saja ketika kita ingin membuat link tautan eksternal ataupun internal dalam postingan WordPress. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *