Home / WordPress / Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow – Untuk mengetahui status blog yang kita kunjungi bahwa dofollow atau nofollow mudah saja. Kita tidak perlu menggunakan sebuah software. Cukup menggunakan media browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, yang biasa kita pakai untuk berselancar didunia maya. Tulisan ini sebuah inspirasi yang muncul dari seorang teman blogwalking. Beliau bertanya bagaimana cara mengetahui status blog dofollow dan nofollow? Hingga akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikelnya saja. Siapa tahu nanti ada teman lainnya yang memang belum mengetahui cara tersebut.

Baca Juga : Cara Blogwalking Yang Benar Untuk Meningkatkan SEO Blog

Kenapa Kita Harus Tahu Status Blog Dofollow dan Nofollow?

Untuk mengetahui status blog dofollow dan nofollow itu penting tidak penting. Pentingnya khusus bagi mereka yang mengejar backlink yang mengarah ke blognya maka cara ini perlu diketahui. Namun untuk yang tidak terlalu mengejar backlink, maka cara ini menjadi tidak penting. Lalu apa kaitannya blog dofollow dengan backlink? Kabarnya jika kita meninggalkan sebuah link/URL blog kita disebuah blog yang statusnya dofollow, maka robot mesin pencari akan mengunjungi link tersebut. Sehingga pada akhirnya akan menjadi sebuah backlink yang menuju ke blog kita. Konon kabarnya semakin banyak backlink yang tertuju ke blog kita, maka akan semakin menambah reputasi blog kita di mesin pencari. Tentunya yang diprioritaskan adalah backlink yang mempunyai reputasi baik juga dimata search engine. Dengan kata lain, blog tersebut sudah mempunyai predikat Domain Authority serta Page Authority baik.

Biasanya yang dikejar oleh pemburu backlink untuk blog dofollow adalah kotak komentarnya. Karena memang status blog bisa dikatakan dofollow adalah yang menerapkan rel=dofollow di kotak komentarnya. Maka jika kita berkomentar dan meninggalkan jejak link URL blog kita di blog dofollow, akhirnya link tersebutlah yang akan menjadi backlink. Untuk itu, pahamilah dulu bagaimana cara untuk mengetahui status blog dofollow dan nofollow sebelum kita berkomentar.

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa untuk mengetahui blog dofollow dan nofollow kita hanya memerlukan media browser saja. Dan media browser yang akan saya terangkan disini hanya media browser yang sudah familiar saja keberadaanya. Yaitu media browser Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow Di Google Chrome

Pertama yang akan kita bahas adalah cara mengetahui status blog dofollow atau nofollow menggunakan media browser Google Chrome. Caranya silakan Anda download dulu add-ons SEO for Chrome. Nanti dihadapan Anda akan tampil halaman seperti dibawah ini. Anda klik Tambahkan ke Chrome.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 1

Tunggu sampai proses download dan install add-ons SEO for Chrome selesai. Jika sudah selesai, nanti akan muncul sebuah add-ons baru di media browser Google Chrome, tepatnya disudut sebelah kanan. Anda klik add-ons SEO baru tersebut untuk mengetahui lebih lengkapnya lagi fasilitas-fasilitas add-ons SEO ini. Dan untuk mengaktifkan sekaligus menampilkan status blog dofollow dan nofollow, Anda klik/centang Show NoFollow (disudut kiri bawah).

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 2

Selesai, dan sekarang add-ons SEO for Chrome sudah bisa Anda gunakan untuk mengecek status blog dofollow dan nofollow. Caranya Anda lihat contoh gambar dibawah ini. Jika sebuah blog statusnya dofollow maka link URL yang terdapat di kotak komentar tidak ada efek apa-apa. Namun jika blog statusnya nofollow, maka link URL tersebut akan diberi kotak dengan garis putus-putus warna merah.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 3

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow Di Mozilla Firefox

Seperti halnya media browser Google Chrome, media browser Mozilla Firefoxpun agar bisa digunakan untuk mengecek status blog dofollow dan nofollow maka harus diinstall dulu sebuah add-ons. Adapun add-ons untuk Mozilla Firefox namanya adalah NoDoFollow. Silakan download dulu add-ons NoDoFollow untuk Mozila Firefox.

Nanti yang tampil setelah Anda klik link diatas, akan seperti gambar dibawah ini. Anda klik Continue to Download untuk melanjutkan ke proses download add-ons NoDoFollow.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 4

Disini Anda tinggal klik Add to Firefox.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 5

Dan klik Pasang Sekarang.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 6

Selesai sudah kita download sekaligus install add-ons NoDoFollow di media browser Mozilla Firefox. Selanjutnya untuk menggunakan add-ons ini cukup mudah saja. Caranya ketika sedang mengunjungi sebuah blog dan kita ingin mengetahui statusnya apakah dofollow atau nofollow, maka kita klik kanan diarea yang kosong dan pilih NoDoFollow.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 7

Dan berikut hasil contohnya. Jika link URL yang terdapat dikotak komentar diblok warna ungu maka status blog tersebut adalah dofollow. Namun jika warna blok tersebut warna merah muda maka statusnya adalah nofollow.

Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow 8

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan selamat berburu backlink dari blog status dofollow. Lakukan dengan teratur, karena khawatir jika terlalu membabi buta mencari backlink dalam sehari, nanti malah dianggap spam oleh google. Semoga tulisan cara mengetahui blog dofollow dan nofollow ini bisa bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

13 comments

  1. Wah.. baru kmaren di tanyain, eh skrg udah d posting tips nya…
    di artikel ini lebih lengkap :-)

  2. cukup ribet juga ya mba cara ngecek yg dofollow sama nofollow, yang penting saling blogwalking saja lah :D
    terimakasih nie mba infonya..

  3. bisa sayah coba idenya.
    Makasih kag. Meskipun kalo sayah kurang fokus untuk folow

  4. belajarhebat

    terima kasih infonya sangat bermanfaat sekali dan akhirnya saya bisa membedakan web yang dofollow dengan nofollow

  5. Info menarik. Kebetulan saya lagi mempelajari perbedaan blog dofollow dan nofollow gan. Jadi saya bisa faham atas penjelasan agan disini. Thank gan..

  6. Makasih banget ilmunya gan….Sangat membantu sekali buat pemula seprti aqw… salam kenal gan,… and sukses slalu.

  7. Terima kasih pencerahannya tentang blog dofollaw dan nofolllow. Bisa tambah ilmu dan segera praktek. Met Sukses dan salam kenal

  8. Untuk mengethaui cara blog dofollow atau nofllow terbilang gampang-gampak susah ya Kang, namun bila diperhatikan dari isi konetn dalam artikel ini jadi sangat menarik sekali dn sangat runut bagi saya yang newbie untuk lebih banyak belajar lagi. Terimakasih infonya, dan salam blogging.

  9. Gan ada cara yang lebih simple untuk mengetahui blog dofollow dan nofollow? Misalnya jika dalam kolom komentar terdapat kolom website apa itu bisa dipastikan blog dofollow gan? Tks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *