Home / Microsoft Office / Cara Simple Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Di Office Excel Dengan Cepat

Cara Simple Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Di Office Excel Dengan Cepat

Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Excel  – Untuk masalah mengetahui jumlah baris (row) dan kolom (column) di Office Excel sepertinya penting ga penting. Umumnya memang tidak penting untuk apa kita meski mengetahui jumlah baris dan kolom Excel secara keseluruhan? Sepertinya hanya akan membuang-buang waktu saja. Namun lain lagi jika Anda saat ini sedang mengerjakan projek Excel yang ingin tampilan projeknya lain daripada yang yang lain. Rata-rata hasil kerja Excel yang dibuat oleh tangan profesional mereka akan menyembunyikan beberapa elemen-elemen tidak penting di Excel, seperti : Sheet, Rows, Columns, Gridlines, dan Headings. Nah ketika kita ingin menyembunyikan baris (row) dan kolom (column) Excel yang tidak terpakai maka tehnik mengetahui jumlah keseleuruhan baris dan kolom secara cepat ini sangat diperlukan.

Baca Juga : Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel 2007, 2010, 2013

Untuk apapun maksudnya saya rasa jangan pernah menganggap kalau hal kecil itu sama sekali tidak akan kita butuhkan. Pengalaman saya lumayan pusing juga ketika ingin mengetahui jumlah keseluruhan baris dan kolom di Excel karena saat itu saya ingin menghapusnya.

Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Excel (0)

Sebetulnya dengan cara manualpun ketika kita ingin mengetahui jumlah baris dan kolom di Excel bisa melakukannya. Namun tentunya cara manual akan berbeda jauh dengan cara otomatis. Cara manual prosesnya akan lebih lama dibanding dengan cara otomatis.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software

Sebelumnya karena dasarnya tidak tahu ketika kita ingin mengetahui jumlah baris dan kolom Excel maka akan melakukannya dengan cara manual, yaitu dengan menekan tombol panah saja pada keyboard.

Anda bisa lihat dulu penampakan gambar di bawah ini :

Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Excel (1)

Anda bisa lihat sendiri projek Excel diatas tanpa ada sisa baris dan kolom satupun. Artinya baris dan kolom yang tampil adalah hanya baris dan kolom yang digunakan saja, sesisanya telah disembunyikan. Dalam tehnik hide row dan column di Excel tersebut prosesnya adalah menggunakan pencarian cepat jumlah baris dan kolom.

Baca Juga :Solusi “There Was A Problem Sending The Command To The Program” Di Excel

Berikut Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Di Excel Dengan Cepat

Untuk mengetahui jumlah baris dan kolom di Office Excel berapapun versi Microsoft Office sangat mudah kita lakukan. Pertama mari kita ketahui dulu jumlah baris (row) di Microsoft Office Excel secara default. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Office Excel 2007.

Sebenarnya cara otomatis atau cara cepat mengetahui jumlah baris di Excel masih sama seperti cara manual yaitu menggunakan tombol panah di keyboard. Namun bedanya adalah jika cara cepatnya ditambah dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard. Dengan begitu untuk mengetahui jumlah baris (row) di Excel secara cepat adalah dengan menekan tombol Ctrl+↓ di keyboard.

Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Excel (2)

Ternyata jumlah baris (row) di Office Excel 2007 adalah sebanyak 1048576, wow banyak sekali ya? Apakah jumlah baris ini masih bisa ditambah secara manual oleh kita atau tidak? Entahlah saat ini saya belum mengetahuinya.

Lalu bagaimana untuk mengetahui jumlah kolom (column) di Excel secara cepatnya? Silakan gunakan juga tombol Ctrl di keyboard tekan bersamaan dengan tombol panah kanan, atau Ctrl+→.

Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Excel (3)

Jumlah kolom (column) di Office Excel 2007 adalah sampai abjad XFD. Entahlah juga apakah jumlah kolom ini masih bisa ditambah atau tidak?

Jika maksud Anda mengetahui sampai akhir jumlah baris dan kolom Excel ini untuk menyembunyikannya, maka sambil menekan tombol Ctrl+Panah maka tekan juga tombol Shift pada keyboard. Agar nanti semua baris dan kolom ada efek bloknya.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Excel Secara Cepat. Semoga artikel singkat ini masih ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkannya. Selamat mencoba dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *