Home / Photoshop / Cara Mengganti Background Photo Dengan Extract

Cara Mengganti Background Photo Dengan Extract

Cara Mengganti Background Photo Dengan Extract – Mengganti background photo ini merupakan hal yang paling sering dilakukan seorang design grafis.

Baca Juga : Cara Mudah Menambah Brush Baru Di Photoshop

Teknik mengganti background photo yang akan saya terangkan adalah menggunakan Filter Extract dengan Photoshop CS3. Berikut hasilnya photo yang sudah saya ganti backgroundnya dengan gambar lain.

Mengganti Background Photo

Jika Anda tertarik dan ingin menggunakan bahan-bahan photo serta gambar background seperti photo diatas, silakan klik link unduh di bawah ini :

Kita mulai saja tutorialnya, aktifkan program Photoshop dan bukan photo yang akan dirubah backgroundnya dengan Extract. Untuk membuka photo, Anda bisa menekan Ctrl+O pada keyboard atau klik File > Open.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 1

Seperti yang sudah diterangkan diatas, kalau dalam tutorial cara mengganti background photo saya menggunakan Filter Extract. Aktifkan Exctract dengan cara klik Filter > Extract.

Setelah kotak dialog Filter Extract aktif, seleksi photo dengan menggunakan Edge Highlighter Tool. Atau bisa juga menekan huruf B pada keyboard untuk mengaktifkan Edge Highlighter Tool. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah!

Mengganti Background Photo Dengan Extract 2

Setelah selesai melakukan seleksi pada photo aktifkan Fill Tool, bisa juga dengan menekan huruf G pada keyboard. Klik di tengah-tengah photo, lihat contoh gambar dibawah ini :

Mengganti Background Photo Dengan Extract 3

Klik Preview agar background photo terhapus.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 4

Langkah selanjutnya, karena photo hasil seleksi kelihatannya tidak rapi, maka Anda harus menghapusnya setiap background yang masih terlihat. Cara menghapusnya, Anda gunakan Cleanup Tool atau bisa juga dengan menekan huruf C pada keyboard.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 5

Jika sudah selesai menghapus background yang masih tersisa, klik OK untuk menyelesaikan semua proses. Lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Mengganti Background Photo Dengan Extract 6

Sampai langkah ini Anda sudah selesai menghapus background photo. Sekarang Anda tentukan background baru sebagai pengganti background photo yang sudah dihapus.

Pertama Anda buat sebuah Layer baru, dengan cara klik Create a new layer pada Pallete Layers.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 7

Contoh pertama dalam menentukan background photo kita beri background photo dengan sebuah warna. Caranya klik Set foreground color pada Toolbox. Disini saya memberi warna background photo dengan nilai #aa5828.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 8

Jika sudah menentukan sebuah warna yang sesuai, aktifkan Paint Bucket Tool pada Toolbox atau dengan menekan huruf G pada keyboard. Silakan klik pada canvas, maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 9

Untuk merubah posisi background warna menjadi dibelakang photo, drag atau pindahkan posisi Layer 1 kebawah Layer 0.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 10

Menentukan background dengan sebuah warna sudah selesai. Selanjutnya bagaimana kalau kita ingin menentukan background photo dengan gambar? Caranya silakan Anda buka file gambar yang sudah saya sertakan didalam folder download.

Kembali klik File > Open atau Ctrl+O untuk membuka gambar yang akan dijadikan background photo.

Posisikan canvas photo (Artis Korea) diatas canvas Background. Pindahkan photo Artis Korea dengan mengaktifkan Move Tool pada Toolbox.

Mengganti Background Photo Dengan Extract 11

Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Mengganti Background Photo Dengan Extract 12

Selesai sudah tutorial cara mengganti background photo kali ini. Silakan Anda simpan hasil kerja keras Anda dengan cara klik File > Save. Simpan dalam format .jpg untuk keperluan cetak atau simpan dalam format .psd untuk kebutuhan edit Photoshop kedepannya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. muhammad isra

    Tutorialnya sangat menarik.. memang cara ini yang sering saya gunakan untuk mengganti background foto..
    salam sukses selalu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *