Home / WordPress / Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Cara Mengganti Theme WordPress – Upload, install, mengaktifkan theme/template melalui dashboard wp-admin sudah tidak asing lagi bagi pengguna CMS WordPress. Trik tersebut merupakan termasuk cara yang mudah dan praktis. Namun jika kita tidak bisa masuk (akses) di wp-admin bagaimana? Apa yang harus kita lakukan jika kita tidak bisa login di wp-admin untuk masuk ke dashboard? Sedangkan kita ingin mengganti theme yang kita gunakan dengan theme yang lain.

Ok disini saya akan memberikan solusi terbaik untuk kasus seperti itu …

Baca Juga : Download 6 Template Gratis Toko Online (E-Commerce) WordPress

Biasanya jika kita tidak bisa masuk untuk login di wp-admin ada dua penyebab. Pertama karena salah satu plugin bermasalah dan kedua karena theme/template yang bermasalah.

Jalan keluarnya untuk mengatasi kedua penyebab tersebut adalah kita harus menyelesaikannya melalui pintu cPanel Hosting.

Kasus pertama untuk menonaktifkan plugin WordPress melalui cPanel bisa melalui File Manager atau bisa juga melalui phpMyAdmin.

Untuk kasus kedua jika setelah melakukan disable plugin, tapi tetap wp-admin tidak bisa diakses maka lakukan untuk mengganti theme WordPress. Bisa saja penyebabnya terletak pada template yang kita gunakan.

Inilah Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin

Sebetulnya jika kita tidak bisa mengganti theme dari halaman dashboard karena tidak bisa login di wp-admin, kita bisa melakukannya melalui cPanel Hosting. Sebelum mengganti theme yang baru, apakah di dalam File Manager Anda terdapat template lain selain theme yang digunakan? Saya anggap Anda hanya mempunyai satu koleksi theme saja yang tersimpan di dalam File Manager.

Maka dari itu sebelum mengganti theme, tentunya kita harus menginstall theme baru terlebih dahulu …

Baca Juga : 5 Tema WordPress Terbaik Untuk Google AdSense Peluang CTR Tinggi

Silakan Anda cari dulu theme yang akan digunakan untuk mengganti theme yang dianggap bermasalah. Anda bisa menggunakan template WordPress gratis atau premium.

Saya sarankan jika ingin menggunakan template gratis, silakan Anda menggunakan theme yang disediakan di website resmi WordPress. Contoh disini saya akan menggunakan Theme Gratis Twenty Sixteen.

Kemudian setelah menemukan theme yang kira-kira cocok untuk mengganti theme bermasalah, silakan Anda upload file theme format zip ke cPanel hosting melalui File Manager > public_html > wp-content > themes.

Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel 1

Jika proses upload theme sudah sukses, sekarang Anda Extract file themes format zip tersebut menjadi sebuah folder. Contoh dibawah saya hanya menggunakan theme Point milik MyThemesShop. Dan untuk uji coba theme lain adalah menggunakan theme gratis WordPress Twenty Sixteen.

Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel 2

Sukses extract theme contoh theme Twenty Sixteen, Anda kembali ke halaman cPanel untuk memilih phpMyAdmin. Cara masuk ke halaman phpMyAdmin, silakan Anda baca artikel ini.

Di halaman phpMyAdmin Anda pilih wp_options. Langkah ini sama dengan cara menonaktifkan plugin melalui phpMyAdmin.

Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel 3

Kemudian Anda cari option_name template dan stylesheet (lihat gambar dibawah). Jika dihalaman pertama tidak ditemukan, silakan Anda cari pada halaman-halaman berikutnya dengan klik Next>.

Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel 4

Pertama Anda klik Edit pada option_name template dan akan tampil seperti contoh gambar di bawah ini :

Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel 5

Anda perhatikan pada gambar diatas yang diberi kotak merah! Contoh diatas pada kotak merah ada tulisan point. Nah itu adalah nama theme yang sedang kita gunakan. Untuk mengganti dengan theme lain, hapus nama theme yang tertera disitu dan ganti dengan nama theme yang baru. Atau nama theme yang tadi kita install pada halaman File Manager. Contoh tadi saya telah menginstall theme Twenty Sixteen.

Setelah mengganti nama theme kemudian Anda klik Go/Kirim untuk menyimpan semua perubahan yang telah Anda lakukan.

Kedua lakukan juga hal yang sama pada option_name stylesheet yaitu mengganti nama theme lama dengan nama theme baru. Jangan lupa klik juga Go/Kirim jika telah selesai.

Sekarang lihat hasilnya dan sebelumnya Anda refresh dulu browser yang digunakan dengan cara menekan Ctrl+Shift+Delete pada keyboard.

Jika setelah menonaktifkan plugin dan mengganti themes WordPress masalahnya belum terselesaikan juga, silakan Anda konsultasikan dengan tim support tempat sewa hosting.

Saya harap tulisan Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel Hosting ada manfaatnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Sip tutorialnya, kadang penting untuk tahu cara ganti lewat cpanel. Pernah kejadian, saya utak atik themes gratis, taunya blog langsung ngga bisa di buka. padahal saya bukan mau merubah credit yang punya themes, cuma menambahkan kode aja

  2. Saya ucapkan terima kasih banyak, a akhirnya wp saya normal kembali. Soalnya tadi salah edit theme dan error. Bingung gimana benerinnya dan tenyata solusinya ganti theme lewat phpmyadmin.

    Salam :D

  3. mas kenapa ya setelah saya coba ganti tema wordprees saya seperti cara diatas, setelah selesai malah gak mau dibuka lagi website nya ? tolong bantuannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *