Home / Photoshop / Cara Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo

Cara Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo

Cara Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo – Apa itu Actions? Actions berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses editing gambar di Photoshop. Karena dengan actions Photoshop kita bisa melakukan proses perekaman seluruh tindakan di Photoshop.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop

Selain untuk melakukan perekaman, secara default Photoshop juga sudah menyediakan beberapa aksi tindakan yang sudah terpasang otomatis. Kita bisa memanfa’atkannya beberapa aksi tersebut. Namun untuk lebih lengkapnya lagi, Anda bisa melakukan perekaman sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Disini saya tidak akan membahas cara melakukan perekaman untuk melengkapi actions Photoshop. Namun saya akan coba menerangkan cara menggunakan actions yang sudah terpasang secara default di Photoshop. Insya Allah kedepannya saya akan berbagi cara membuat actions Photoshop.

Berikut contoh photo yang sudah saya beri frame dengan memanfa’atkan actions default Photoshop :

Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo 0

Untuk master Photoshop saya yakin dalam memberi frame pada photo tanpa actions Photoshop sangat mudah dilakukan. Namun intinya saya disini bukan membahas mudah atau gampangnya dalam membuat frame. Tapi pembahasan ini dimaksudkan untuk pengenalan tool actions Photoshop bagi mereka yang belum mengetahuinya.

Jika Anda tertarik ingin membuat frame pada photo dengan actions Photoshop ikuti tutorialnya. Dan unduh dulu photo yang akan dijadikan bahan praktek kali ini.

Cara Menggunakan Actions Photoshop

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah mengaktifkan program Photoshop dan membuka photo yang akan diedit adalah, duplikat layer. Cara duplikat layer tekan Ctrl+J pada keyboard. Maka otomatis pada Palet Layers akan terbentuk sebuah Layer baru dengan nama Layer 1.

Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo 1

Selanjutnya sesuai dengan judul tutorial kali ini, maka aktifkan Palet Actions dengan cara klik Window > Actions. Maka sekarang pada deretan Palet akan terbentuk sebuah Palet baru, yaitu Palet Actions.

Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo 2

Pada Palet Actions terdapat beberapa pilihan actions Photoshop yang dapat Anda manfa’atkan. Itu semua adalah rekaman-rekaman kejadian editing gambar yang tersedia secara default.

Karena disini saya akan memberi contoh memberi frame pada photo menggunakan Actions Photoshop. Maka klik Wood Frame – 50 pixels yang terdapat pada deretan Actions. Selanjutnya untuk menjalankannya, Anda klik Play selection. Tunggu beberapa saat, karena Photoshop akan melakukan aksi edit photo secara otomatis.

Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo 3

Bagaimana mudah bukan? Simpan hasil karya Anda di komputer dengan cara klik File > Save atau dengan menekan Ctrl+S pada keyboard.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. Saya sekarang keranjingan pake vscocam Mas. Hahahaha.

    • saya justru belum pernah pakai vscocam mas, wah kapan-kapan mas dani bisa sharing tentang vscocam nih …

  2. Terima Kasih nih gan buat pengetahuannya tentang photoshop, bermanfaat banget… Salam Blogger

  3. Ane Belum mahir edit foto gan

  4. Sy paka photosop cuma buat crop gambar doang buat blog hehehhe, pernah download action tapi bingung pakenya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *