Home / WordPress / Cara Menghapus Featured Image (Thumbnails) WordPress Secara Otomatis

Cara Menghapus Featured Image (Thumbnails) WordPress Secara Otomatis

Cara Menghapus Featured Image WordPress – Terkadang kita ingin membuang semua featured image karena alasan tertentu misal ingin blognya lebih kencang dan sebagainya. Jika jumlah postingannya hanya sedikit tentunya bukan hal sulit unruk menghapus gambar-gambar thumbnails ini. Namun lain lagi jika jumlah postingan sudah banyak, selain dapat melelahkan dan juga tentunya waktu akan terbuang secara percuma. Solusi tepatnya adalah dengan menggunakan trik khusus yang akan saya bahas disini.

Baca Juga : Cara Otomatis Merapikan Thumbnail Pada WordPress (Regenerate Thumbnails)

Seperti dulu halnya blog ini ketika menggunakan template dari MyThemeShop, saya modifikasi blog tanpa thumbnails sedikitpun, baik featured image yang ada di postingan dan juga pada sidebar dan related post. Memang ada bagusnya juga blog tanpa featured image yaitu kinerja blog dalam hal kecepatannya akan meningkat. Walaupun tahu kalau tanpa thumbnails kecepatan blog akan bagus, namun saat ini saya lagi suka menggunakan featured image.

Cara Menghapus Featured Image WordPress Secara Otomatis

Untuk menghapus featured image secara otomatis ini kita tidak perlu menggunakan plugin. Kita cukup menyisipkan kode php tertentu pada blog kita. Nanti kode ini akan bekerja otomatis untuk membuang semua featured image yang telah kita buat.

Berikut Cara Menghapus Featured Image Atau Gambar Thumbnails WordPress Secara Otomatis

Perlu Anda ketahui dulu bahwa kode ini hanya akan berjalan atau khusus untuk menghapus gambar yang ada pada featured image saja. Artinya kode ini tidak akan menghapus gambar asli yang tersimpan di blog WordPress kita. Jadi Anda jangan khawatir jika kedepannya ingin menampilkan kembali gambar-gambar pada thumbnails maka tinggal memanggil saja dengan cara membuat featured image secara otomatis juga.

Lalu kode mana yang harus kita sisipkan di blog agar semua gambar-gambar thumbnails lenyap otomatis? Silakan Anda copy kode dibawah ini :

/*------------------------------------------------------------------*/
/* Menghapus Featured Images
/*------------------------------------------------------------------*/
 global $wpdb;
 $attachments = $wpdb->get_results( "
 SELECT *
 FROM $wpdb->postmeta
 WHERE meta_key = '_thumbnail_id'
 " );
 foreach ( $attachments as $attachment ) {
 wp_delete_attachment( $attachment->meta_value, true );
 }
 $wpdb->query( "
 DELETE FROM $wpdb->postmeta
 WHERE meta_key = '_thumbnail_id'
 " );

Dan paste atau sisipkan pada functions.php theme yang Anda gunakan. Jika belum ada file functions.php maka silakan Anda buat dulu menggunakan Notepad dan upload melalui cPanel. Namun saya rasa hampir semua template sudah ada file functions.php.

Untuk masuk ke file functions.php bisa dilakukan dari pintu utama WordPress wp-admin untuk menuju ke halaman Dashboard, atau bisa juga dari cPanel Hosting. Silakan Anda pilih mana yang lebih gampang dan lebih suka.

Kedepannya jika semua featured image sudah terhapus secara otomatis karena pengaruh kode diatas, maka Anda bisa menghapus kode tersebut dari file functions.php. Karena selama ada kode tersebut maka Anda sampai kapanpun tidak akan bisa untuk menampilkan gambar thumbnails.

Bagaimana mudah bukan? Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Menghapus Featured Image WordPress Secara Otomatis Tanpa Plugin. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi yang membutuhkan dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *