Home / Teknologi / 5 Langkah Cara Menghapus File/Folder Bandel Tidak Bisa Dihapus Di Komputer

5 Langkah Cara Menghapus File/Folder Bandel Tidak Bisa Dihapus Di Komputer

Cara Menghapus File/Folder Tidak Bisa Dihapus – Pernahkan Anda mengalami kejadian sulit menghapus file atau folder komputer/laptop? Artinya file atau folder tersebut sama sekali tidak bisa kita hapus. Saya sendiri sering mengalami kasus tersebut dan memang sangat menjengkelkan jika hal itu terjadi. Apapun operasi sistemnya mau Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 saya yakin Anda pasti pernah mengalami hal tersebut juga yaitu file atau folder tidak bisa dihapus. Tenang! Bagi pembaca setia blog IM saya akan memberikan trik jitunya. Silakan Anda simak saja artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga : Cara Tercepat Mengubah Nama Banyak Folder Secara Otomatis Di Komputer

Untuk menghapus  file atau folder yang bandel tidak bisa dihapus di OS Windows caranya sangat mudah. Anda bisa memilih trik-trik yang akan saya bagikan. Disini saya membaginya kedalam lima trik. Jika dikategorikan dalam menghapus file/folder tidak bisa dihapus adalah bisa dilakukan secara manual atau tanpa aplikasi dan menggunakan software. Bahkan tahukah Anda kalau kasus tidak bisa menghapus file/folder ini sering juga kita temui pada file atau folder yang tersimpan didalam media eksternal seperti Flashdisk dan Hardisk Eksternal.

Cara Menghapus FileFolder Tidak Bisa Dihapus (1)

Sebelum dilanjut sebenarnya apa sih penyebab file atau folder komputer tidak bisa dihapus? Banyak penyebab file atau folder tidak bisa dihapus, diantaranya adalah :

  1. File atau Folder komputer memiliki permissions yang sangat kuat;
  2. File yang tersimpan di dalam folder sedang digunakan pada sebuah program;
  3. File sedang digunakan orang lain jika memang komputer atau laptop Anda terdiri dari beberapa User Accounts atau komputer dalam satu jaringan LAN seperti di warnet.

Baca Juga : Cara Singkat & Mudah Membuat Banyak Folder Sekaligus Di Komputer Windows

Dari ketiga penyebab diatas maka file atau folder tentunya tidak akan bisa kita hapus walaupun bagaimanapun caranya kecuali kita tahu penyebab dan cara menanganinya. Bahkan ada juga file atau folder tidak bisa dihapus diluar ketiga penyebab diatas. Jika hal itu terjadi maka mau tidak mau kita harus menggunakan software untuk menghapusnya. Atau bahkan jika memang sangat bandel juga, trik terakhirnya adalah dengan menginstall ulang Windows.

Baiklah Mari Kita Bahas Cara Menghapus File/Folder Tidak Bisa Dihapus Di Komputer atau Laptop

Sebelum memutuskan untuk menginstall ulang Windows sebaiknya Anda lakukan dulu cara yang akan saya bahas disini. Saya rasa bukan langkah yang tepat jika kita langsung menginstall ulang Windows hanya sekedar sulit menghapus file/folder.

Baca Juga : Cara Gampang Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Otomatis Di Komputer

1. Mengganti User Account Komputer/Laptop

Langkah awal mungkin saja akun komputer atau laptop yang Anda gunakan bukan pada status Administrator. Jika memang iya maka sangat mustahil Anda bisa menghapus file atau folder yang tersimpan didalam komputer. Menghapus file atau folder hanya bisa dilakukan oleh user yang sedang berada pada User Account Administrator. Silakan cek dan ubah switch user akun komputer atau laptop Anda. Namun jika Anda rasa bahwa komputer atau laptop tidak pernah membuat User Account baru selain Administrator, maka penyebabnya bukan ini.

Baca Juga : Cara Membuat User Accounts Windows Menggunakan Command Prompt (CMD)

2. Menghentikan Program Yang Berhubungan Dengan File/Folder Yang Ingin Dihapus

Seperti yang sudah dibahas pada penyebab file atau folder komputer tidak bisa dihapus diatas adalah kemungkinan ada program aktif yang berhubungan dengan file atau folder tersebut. Silakan Anda keluarkan atau non-aktifkan terlebih dahulu setiap program yang terkait. Kasus ini biasanya akan muncul pesan File In Use pada kotak dialog penghapusan file/folder. Jika begitu jadi jelasnya sudah bahwa penyebabnya adalah memang ada program yang aktif. Anda tidak menemukan program yang aktif, coba buktikan dengan menghentikan program dari Task Manager. Cara masuk ke Task Manager silakan tekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard secara bersamaan.

Cara Menghapus FileFolder Tidak Bisa Dihapus (2)

Pilih program yang terlihat aktif pada tab Aplications kemudian Anda klik pilih lagi End Task. Maka dengan melakukan cara ini program-program aktif akan otomatis berhenti. Masih gagal juga dengan melakukan cara ini? Silakan lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Restart Komputer/Laptop

Langkah ketiga jika kedua cara diatas sama sekali tidak ada hasilnya maka Anda tidak perlu putus asa, silakan Anda restart komputer atau laptop. Untuk restart komputer atau laptop lakukan dengan cara yang benar, yaitu dari Start > Shut Down > Restart, maka nanti komputer atau laptop setelah mati akan nyala kembali secara otomatis. Dengan restart komputer maka akan menutup semua program yang sedang aktif. Silakan setelah komputer kembali nyala Anda coba hapus kembali file atau folder yang tadi tidak bisa dihapus.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer Ga Pake Ribet

4. Masuk Ke Safe Mode

Masih gagal juga ya langkah-langkah diatas? Sekarang coba Anda masuk ke Safe Mode. Cara masuk ke Safe Mode adalah restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard terus menerus ketika komputer atau laptop nyala. Langkah ini seperti kita akan masuk ke BIOS komputer. Kemudian jika komputer sudah nyala atau dalam keadaan tampilan Safe Mode silakan Anda coba hapus file atau folder yang bandel tersebut.

Cara Menghapus FileFolder Tidak Bisa Dihapus (3)

Ketika komputer atau laptop dalam posisi Safe Mode maka Windows akan menghemat penggunaan RAM, Service, Intrernet, Software, dan perangkat-perangkat lainnya. Maka daripada itu tampilan komputer sedang Safe Mode maka terlihat sangat sederhana sekali. Dengan cara ini biasanya juga kita akan berhasil menghapus file atau folder yang awalnya sulit untuk dihapus.

5. Gunakan Software Pihak Ketiga

Langkah kelima ini adalah langkah terakhir jika memang ternyata semua langkah empat diatas tidak berhasil. Anda mau tidak mau harus menginstall software pihak ketiga yang khusus bisa kita andalkan untuk menghapus file atau folder yang bandel. Tenang saja software ini sangat ringan dan sangat mudah juga mengoperasikannya. Saya merekomendasikan dua software yang bisa Anda pilih, yaitu Software Unlocker dan Software Iobit Unlocker. Umumnya kasus penghapusan file atau folder yang tidak bisa dihapus dengan software ini akan sukses.

Cara Menghapus FileFolder Tidak Bisa Dihapus (4)

Silakan Anda download terlebih dahulu Software Unlocker pada halaman web resminya www.emptyloop.com/unlocker.  Atau bisa juga dengan menggunakan Software Iobit Unlocker, downloadnya di www.iobit.com/en/iobit-unlocker.php.

Disini saya tidak akan membahas secara rinci bagaimana cara menggunakan kedua software ini. Karena tentunya jika diselesaikan pada satu artikel maka akan kepanjangan. Insya Allah dilain kesempatan saya akan kembali membahasnya khusus untuk penggunaan kedua software unlocker tersebut.

Tapi walaupun begitu saya berharap Anda telah sukses melakukannya tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Atau mungkin Anda sendiri paham benar cara menggunakan software tersebut tanpa harus diberikan contohnya.

Ok mungkin untuk sementara artikel Cara Menghapus File/Folder Komputer Tidak Bisa Dihapus dicukupkan sekian dulu. Semoga saya diberi panjang umur sehingga bisa melanjutkan artikel ini. Salam sukses dan sampai bertemu di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. parah juga ya kalau file folder bsndel tidak bisa di hapus, bahkan solusi terakhir nya harus menginstall ulang Windows nya

  2. kalau ada file yang susah kehapus di dalam flashdisk, biasa saya format baru hilang tuh file .. jengkel banget! -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *