Home / WordPress / Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress

Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress

Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress – Istilah Uncategorized bagi pengguna WordPress saya yakin sudah tidak asing lagi. Uncategorized adalah nama kategori default WordPress khusus untuk artikel yang tidak berkategori. Artinya jika kita membuat artikel di WordPress dan jenis artikel tersebut tidak masuk kedalam daftar kategori yang sudah kita buat, maka bisa kita kelompokkan kedalam uncategorized daripada tidak berkategori sama sekali.

Baca Juga : Cara Menampilkan Deskripsi Kategori WordPress Lebih Menarik

Kategori uncategorized WordPress sengaja disediakan WordPress untuk kita manfa’atkan. Sebagai pengguna WordPress kita tidak diperbolehkan menghapus kategori uncategorized ini. Kategori uncategorized sudah melekat erat menyatu dengan CMS WordPress dan tidak bisa diganggu gugat jika seandainya kita ingin menghapusnya. Yang diperbolehkan hanya merubah nama (rename) kategori uncategorized menjadi nama kategori lain.

Sebaiknya kategori uncategorized ini kita gunakan dengan mengisi artikel-artikel bermanfa’at. Namun sepertinya kurang berpengaruh terhadap SEO jika nama kategori uncategorized kita biarkan atau tidak kita rubah. Dan juga akan membingungkan pengunjung jika menemukan kategori uncategorized. Jadi langkah bijaknya jika kita ingin memanfa’atkan kategori uncategorized WordPress, rubah dulu nama default uncategorized ini.

Berikut Cara Merubah Nama (Rename) Kategori Uncategorized WordPress

Karena kategori uncategorized WordPress tidak bisa kita hapus, solusinya hanya merubah nama kategori uncategorized menjadi nama kategori yang kita inginkan. Dan untuk merubah nama (rename) kategori uncategorized WordPress caranya dari dashboard wp-admin WordPress langsung saja menuju menu Pos > Kategori.

Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress 1

Kemudian sorot kategori uncategorized menggunakan pointer mouse. Setelah kategori uncategorized disorot nanti akan muncul beberapa menu pilihan yang memiliki fungsi masing-masing. Disini silakan kita pilih menu Sunting/Edit.

Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress 2

Berikut adalah tampilan kotak dialog Sunting Kategori. Disini kita bisa merubah nama kategori uncategorized WordPress dengan nama lain. Silakan isi kolom Nama dengan nama kategori lain yang hendak Anda tentukan. Kemudian kita juga bisa menentukan Slug kategori uncategorized dengan Slug lainnya. Slug adalah alamat/URL yang akan tampil di kolom browser. Dan sebaiknya Anda isi juga kolom Deskripsi dengan kalimat-kalimat rangkuman atau perwakilan dari seluruh artikel yang akan dikelompokkan dalam kategori ini.

Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress 3

Baca Juga : Cara Optimasi Kategori WordPress Agar SEO Friendly

Jika semuanya sudah selesai diisi dengan yang kita inginkan, jangan lupa Anda klik Perbarui untuk menyimpan seluruh perubahan yang telah dilakukan.

Mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang Cara Merubah Nama (Rename) Kategori Uncategorized WordPress yang awalnya mungkin mengira bisa Menghapus Kategori Uncategorized WordPress.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Terus untuk cara menambahkan beberapa kategorinya itu bagaimana ya Senior?
    Saya sudah mencoba untuk menambah dengan New Category. Tapi tetap saja tidak muncul-muncul di blog saya?
    Mohon bantuannya

    • Mungkin mas belum menampilkannya kategori yang sudah dibuat di setiap posting dengan memilih jenis kategori yang sesuai dengan artikel!

  2. makasih atas infonya gan :) | saya juga mempunyai postingan cara memghilangkan tulisan kategory di postingan wordpress semoga bisa membantu juga.

  3. hallo, kenapa di wordpress saya ga ada tampilan yang kaya mas screen capture ya?
    Jadi ga bisa ubahnya nih :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *