Home / WordPress / Cara Menghapus Kolom WEB Di Kotak Komentar WordPress

Cara Menghapus Kolom WEB Di Kotak Komentar WordPress

Cara Menghapus Kolom WEB Di Kotak Komentar WordPress – Menghilangkan kolom Website atau URL di kotak komentar WordPress adalah salah satu trik untuk menghindari komentar SPAM. Kenapa komentar yang berbau spam harus dihindari? Kabarnya komentar spam hanya akan menurunkan reputasi website atau blog di mesin pencari. Dan juga jika kita membiarkan kolom WEB terbuka di kotak komentar, maka sering terjadi kasus broken link. Biasanya hal ini terjadi karena pengunjung mencantumkan alamat website pada kolom WEB komentar asal-asalan saja. Sehingga efeknya website kita akan jelek dimata mesin pencari karena terdapatnya link rusak atau broken link. Maka dari itu langkah bijaknya adalah kita harus menghapus atau menghilangkan kolom WEB yang berada di kotak komentar tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Tombol Di Dalam Postingan WordPress

Sebetulnya banyak sekali cara untuk menghindari komentar spam yang masuk ke website kita. Diantaranya adalah dengan mengaktifkan plugin Akismet, mematikan link aktif yang ditanam di kotak komentar, dan juga kita bisa membatasi jumlah karakter komentar yang ditulis pengunjung. Trik membatasi jumlah karakter ini adalah untuk membatasi jumlah karakter komentar yang terlalu panjang dan juga komentar yang terlalu pendek. Komentar pendek yang hanya sekedar mengucapkan say hello yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel.

Kemudian agar lebih mantap lagi keamanan blog kita dari serangan komentar spam atau link rusak (broken link), maka kita hilangkan saja kolom pengisian website di kotak komentar. Dan tutorial ini hanya diperuntukkan bagi website atau blog CMS WordPress saja. Tentunya hal ini berlaku hanya untuk WordPress hosting sendiri.

Menghapus kolom WEB di kotak komentar selain banyak keuntungannya, ada juga kerugiannya. Kelebihannya seperti yang sudah saya terangkan diatas yaitu bisa mengurangi bahkan menghilangkan komentar spam efek link rusak atau link yang dilarang oleh google yang ditanam pada kolom website komentar. Lalu kekurangannya adalah bagi pengunjung yang melakukan blogwalking ke blog kita tidak bisa meninggalkan jejaknya. Kemudian pemilik blog juga tidak bisa berkunjung balik ke blogger atau wordpresser tersebut. Karena kita tidak tahu alamat websitenya yang semula kita tahu dari kolom website komentar.

Maka dari itu keputusan untuk menghapus kolom WEB di kotak komentar ini saya serahkan lagi terhadap Anda. Jika saya untuk sementara ini mungkin akan menerapkan trik ini. Kedepannya jika saya rasa malah banyak kerugian daripada keuntungannya, maka saya akan cabut lagi penghapusan kolom WEB di kotak komentar blog saya.

Jika Anda tertarik ingin mencoba blog WordPressnya dihapus kolom WEB yang berada di kotak komentar, maka bisa diikuti cara yang akan saya terangkan dibawah ini.

Inilah Cara Menghapus Kolom WEB Di Kotak Komentar WordPress

Untuk menghapus kolom website atau URL yang berada di kotak komentar WordPress sebetulnya tidak banyak kode yang harus kita butuhkan. Kode yang kita perlukan adalah seperti ini :

/*-------------------------------------------------------*/
/* Kode Untuk Mengapus Kolom WEB Komentar
/*-------------------------------------------------------*/
function wpb_alter_comment_form_fields($fields) { 
 $fields['url'] = '';
 return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields', 'wpb_alter_comment_form_fields');

Kode tersebut kita sisipkan di dalam file functions.php tema yang kita gunakan melalui cPanel hosting atau lebih mudahnya dari dashboard wp-admin. Maka jika kita sudah memasang kode tersebut, nanti kolom pengisian alamat website yang berada di kotak komentar WordPress akan hilang. Yang tersisa hanyalah kolom Nama, kolom Email, dan kolom Komentar. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

cara-menghapus-kolom-web-di-kotak-komentar-wordpress-2

Silakan Anda coba saja jika memang tertarik ingin menerapkan trik ini. Dan mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Menghapus Kolom WEB Di Kotak Komentar WordPress. Saya harap dengan menerapkan trik ini website kita akan lebih aman dan kuat dari serangan-serangan komentar spam.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. Menurut saya itu tidak dapat diterapkan..
    Kenapa? Karena, itu salah satu perbuatan yang tidak membantu orang untuk menaikan tarffc blognya…

    Masalah spam… Banyak cara untuk mengatasi itu yang lebih professional.

    Mungkin jika semua website tidak ada kolom urlnya… Mungkin Anda juga sedikit sulit untuk mendapatkan backlink dari blog lain dan bahkan pengunjung..

    Para blogger yang lebih professional tetap saja membiarkan kolom urlnya..

    Karena mereka tahu mereka pernah melakukan itu dan berusaha membantu orang untuk mendapatkan backlink dan pengunjung…
    Itulah yang sebenarnya blogger professional dan selalu menghargai oranglain….

    Jika kita ingin dihargai maka hargailah orang lain….
    Bukan kita saja yang ingin dihargai…

    • Bukan berarti website yang menghapus kolom URL di kotak komentar adalah website tidak profesional, atau sebaliknya website yang tidak menghapus kolom URL di kotak komentar adalah website profesional. Itu semua tergantung pemilik blog dalam memfungsikan dari aturan yang mereka buat. Anda lihat website www.wpbeginner.com misalnya, apakah menurut Anda juga website tersebut tidak profesional? Jika menurut Anda ada cara lain untuk antisipasi komentar spam yang rata-rata mencantumkan link URL rusak di kolom web kotak komentar, menurut saya juga ada cara lain untuk mendapatkan backlink dari website orang lain. Contohnya dengan menjadi penulis tamu di blog lain, itu satu-satunya sumber backlink yang berkualitas. Dan saya rasa belum tentu suatu blog bisa dikatakan terkenal jika hanya dilihat dari jumlah komentar yang masuk. Banyak blog bagus justru malah mematikan tidak ada kotak komentar sama sekali.

  2. Jawaban itu adalah memberikan masukan kepada Anda saja dan sekaligus ingin berteman dengan Anda.

    Saya sendiri punya website dan komentar perhari itu sekita 20-50 dan itu saya biarkan terkecuali yang spam..

  3. saya sudah masuk di bagian Appearance > Editor > functions.php, tapi di bagian mana dilettakan, apakah langsung saja dipaste di bagian paling bawah kolom kodenya atau disisipkan di baris berapa? Ini kayaknya perlu diperjelas

    • Sisipkan kode di dalam file functions.php pada baris berapa saja. Dan ingat harus disimpan sebelum kode penutup php yaitu kode ?>. Lebih jelasnya lihat artikel ini.

  4. Sama, saya juga tidak berhasil sudah di kasi kode penutup juga. Malah jadi tidak ada kolom komentar sama sekali.

    • Sudah dicoba tanpa melakukan perubahan sedikitpun pada source codenya? Dulu saya lama menggunakan kode ini untuk menghilangkan kolom WEB dan tidak ada masalah …

  5. ok makasih gan..!!!! i like it…!!! dan saya akan coba,, semoga bisa berjalan dengan baik…!!! mampir juga sesekali ke blog ane yang jelek…!!!!

  6. Makasih banyak tutorialnya gan, sangat membantu sekali.
    Fiturnya emang gak ada ya disediain wp buat ngilangin itu url

  7. Wah cuma gitu aja caranya? he he..

    Sebenarnya saya ingin membuka kolom komentar pada website, biar ada interaksi dengan pengunjung, tetapi yang masuk tiap hari hanya spammer :( . akhirnya komentar saya tutup lagi.

    Terima kasih Mas, saya akan coba tips diatas biar kolom komentar bisa di aktifkan lagi tanpa alamat website..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *