Home / WordPress / Cara Menghapus Link Gambar Di Posting WordPress

Cara Menghapus Link Gambar Di Posting WordPress

Cara Menghapus Link Gambar Di Posting WordPress – Secara otomatis ketika kita upload gambar di WordPress baik gambar tersebut untuk disisipkan didalam postingan ataupun halaman, maka link gambarnya akan ikut terbawa. Sebagian webmaster tidak menyukainya hal tersebut. Sehingga ketika selesai upload gambar sebelum disisipkan didalam artikel, bagi yang tidak suka gambar tersebut ada linknya akan dilakukan pengaturan untuk memilih link tujuan gambar menjadi kosong atau tidak ada. Dengan demikian, maka gambar yang disisipkan didalam artikel otomatis akan tidak ada linknya namun tetap bisa tampil.

Baca Juga : Cara Membuat Maintenance Di WordPress Tanpa Plugin

Mengatur link gambar secara manual atau satu persatu ketika kita sebelum menerbitkan artikel bukankah itu sesuatu hal yang merepotkan. Jika gambar yang kita sisipkan jumlahnya cuma ada lima gambar kebawah, mungkin tidak akan melelahkan. Namun jika gambar yang harus kita sisipkan didalam artikel jumlahnya sangat banyak, dan kita ingin semua gambar tersebut dihapus linknya maka tentu saja hal ini akan menyita banyak waktu. Untuk itu disini saya akan berbagi cara termudah dan tidak akan membuang waktu kita secara percuma hanya untuk menghapus link pada gambar postingan.

Cara-Menghapus-Link-Gambar-Di-Posting-WordPress-1

Inilah Cara Menghapus Link Gambar Default Untuk CMS WordPress

Kenapa kita harus menghapus link gambar yang kita sisipkan didalam postingan WordPress? Sebenarnya tanpa menghapus link gambar juga tidak akan menjadi masalah besar. Cuma sebagian orang berpendapat bahwa sebaiknya link yang terdapat pada gambar postingan harus kita hapus atau ditiadakan. Alasannya untuk memberi dan menambah kenyamanan pengunjung ketika sedang membaca artikel.

Mungkin saja ketika pengunjung sedang membaca artikel tidak disengaja klik gambar dan akhirnya akan diarahkan kehalaman baru yang hanya menampilkan gambar yang diklik. Hal ini akan mengganggu konsentrasi pengunjung dan bisa saja pengunjung kebingungan untuk mengembalikan ke halaman semula. Maka dari itu sebaiknya kita hapus saja link yang terdapat pada gambar tersebut. Walaupun link pada gambar sudah kita hapus, jika pengunjung membutuhkan URL gambar untuk kepentingan tertentu maka pengunjung masih tetap bisa melakukannya.

Cara menghapus link gambar postingan khusus untuk blog WordPress bisa kita lakukan secara otomatis. Artinya kita tidak perlu melakukannya lagi merubah link gambar satu persatu setiap kita akan menerbitkan artikel. Untuk menghilangkan link gambar default WordPress, caranya adalah kita hanya membutuhkan kode berikut :

function wpb_imagelink_setup() {
 $image_set = get_option( 'image_default_link_type' );
 if ($image_set !== 'none') {
 update_option('image_default_link_type', 'none');
 }
}
add_action('admin_init', 'wpb_imagelink_setup', 10);

Kode diatas kita pasang didalam file functions.php tema yang kita gunakan.

Cara-Menghapus-Link-Gambar-Di-Posting-WordPress-2

Jika kita sudah menerapkan kode tersebut diatas maka setiap kita selesai upload gambar maka link otomatisnya akan diarahkan ke halaman kosong (None). Dengan demikian kita tidak perlu repot-repot lagi mengedit link gambar satu persatu.

Bagaimana praktis bukan? Semoga tulisan Cara Menghapus Link Gambar Di Posting WordPress ini bisa bermanfa’at. Terutama bagi Anda yang biasa suka menghapus link gambar secara manual maka sebaiknya gunakan saja trik ini untuk menghemat waktu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Muhammad Nuhan Nahidl

    Menyimak saja gan, kalau soal php saya tidak bisa. apalagi tidak ada tempat buat praktek belajar…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *