Home / Kesehatan / 7 Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Mendengkur Keras Ketika Tidur

7 Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Mendengkur Keras Ketika Tidur

Cara Menghentikan Mendengkur – Mendengkur adalah suatu kondisi dimana terjadi getaran pada struktur pernafasan dan suara yang timbul merupakan hasil karena terganggunya aliran udara saat tidur.

Baca Juga : Tips Mengatur Pola Tidur Untuk Freelance Writer Demi Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam beberapa kasus, suaranya mungkin pelan, namun dalam banyak kasus, bisa sangat keras dan menganggu. Mendengkur saat tidur bisa jadi pertAnda, atau alarm pertama akan adanya gangguan tidur.

Ada beberapa cara untuk bisa menghentikan mendengkur, mulai dari mengunakan alat khusus, meminum obat ataupun menggunakan cara – cara alami dan sederhana seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Gantilah posisi tidur Anda

Setelah kita tahu sebelumnya bahwa mendengkur adalah kondisi yang diakibatkan terganggunya aliran udara, maka dengan menganti posisi tidur, hal ini bisa diatasi.

Saat tidur telentang, lidah, dagu dan jaringan lemak berlebih di bawah dagu bisa menjadi lebih rileks dan melancarkan aliran udara yang masuk ke tubuh. Tentunya ini akan mengatasi gangguan yang terjadi dan mencegah Anda dari mendengkur.

2. Perhatikan berat badan

Jika berat badan bertambah dan Anda mulai mendengkur, padahal sebelumnya hal itu tidak terjadi, mungkin Anda harus mulai berpikir untuk mengurangi berat badan.

Kelebihan berat badan dengan hanya beberapa kilo saja bisa menyebabkan mendengkur. Jaringan lemak di sekitar leher akan menghalangi aliran udara dan mencegah udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas.

Baca Juga : Atasi Masalah Berat Badan Berlebih Dengan 7 Tips Kesehatan Berikut Ini

3. Hindari alkohol

Alkohol dan obat penenang mengurangi ketegangan otot di belakang tenggorokan dan membuatnya lebih rileks daripada kondisi normal. Ternyata hal inipun bisa memicu Anda untuk mendengkur. Jadi, baiknya kurangi konsumsi alkohol sebelum tidur.

4. Lakukan kebiasaan tidur yang baik

Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang sama dengan minum alkohol. Bekerja berjam-jam akan membuat tubuh merasa terlalu lelah.

Efeknya Anda akan tertidur sangat dalam dan kekuatan otot tenggorokan akan berkurang, hal ini akan membuat Anda mendengkur.

5. Berhenti atau kurangi merokok

Asap rokok mengiritasi lapisan hidung dan tenggorokan Anda, menyebabkan pembengkakan atau kondisi yang tidak normal pada tenggorokan. Ini berarti aliran udara berkurang dan Anda cenderung mendengkur.

6. Ganti bantal

Tungau debu menumpuk di bantal dan bisa menyebabkan reaksi alergi yang bisa menyebabkan mendengkur. Membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur menyebabkan Anda bernapas dengan bulu binatang yang dapat mengiritasi saluran pernafasan.

Bersihkan dan keringkan bantal Anda setiap beberapa minggu sekali dan gantilah setiap enam bulan untuk mencegah tungau debu dan alergen seminimal mungkin. Jauhkan pula hewan peliharaan dari kamar tidur.

7. Minum air sebelum tidur

Pastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi sebelum tidur dengan minum berapa gelas air putih sebelum tidur. Ini akan menjaga kondisi langit – langit tenggorokan tetap agar tetap normal dan mencegah Anda untuk mendengkur.

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur mulai dari berbayar sampai yang murah dan praktis. Cara – cara diatas adalah cara yang sederhana dan tergolong murah.

Jika memang masih tidak mempan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli yang mengerti tentang hal ini, bisa jadi penyebabnya adalah adanya kondisi gangguan medis pada tubuh.

Teguh Tri Sutrisno

Seorang yang menyukai menulis dan membaca, terutama di bidang teknologi dan kesehatan. Saat ini fokus untuk menulis berbagai manfaat buah dan sayur untuk kesehatan pada blog KasanahID  serta tips kesehatan lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *