Home / Teknologi / Cara Mudah Menghilangkan Tanda Panah Pada Shortcuts Icon Di Desktop Windows

Cara Mudah Menghilangkan Tanda Panah Pada Shortcuts Icon Di Desktop Windows

Cara Menghilangkan Tanda Panah Pada Shortcuts Windows – Sebetulnya penting ga penting untuk menghilangkan tanda panah pada shortcuts desktop. Tergantung dari sudut pandang pandang mana Anda menilainya. Jika menurut Anda tanda panah pada shortcuts icon tersebut menggangu penglihatan, maka silakan dihilangkan saja. Adapun jika Anda tidak terlalu memperdulikan penampilan icon di desktop Windows, terutama tanda panah tersebut maka tidak perlu mempraktikkan cara ini. Lagipula dengan menyembunyikan tanda panah tersebut tidak akan meningkatkan kinerja kecepatan komputer. Dalam hal ini hanya untuk segi penampilan saja.

Baca Juga : Cara Gampang Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Yang Wajib Anda Tahu

Dari sejak saya kenal Windows yaitu Windows XP, maka tanda panah pada shortcuts icon di layar desktop ini sudah ada. Kecuali tanda panah ini tidak diterapkan pada icon Computer (dulu My Computer) dan Recycle Bin. Tanda panah tersebut menandakan bahwa icon tersebut adalah shortcuts yang menuju ke aplikasi yang berada di operasi sistem. Dengan begitu setiap icon di desktop berarti mempunyai ekstensi .exe.

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-0

Fungsi utama icon di desktop Windows adalah untuk mempercepat pemanggilan program atau aplikasi jika kita ingin menggunakannya. Artinya jika kita ingin menggunakan aplikasi tertentu tidak perlu masuk ke Start > All Program dan seterusnya. Icon-icon yang tampil di desktop hanyalah shortcuts saja. Jadi jika kita hapus icon tersebut tidak akan menghapus aplikasi.

Apakah Anda tidak senang melihat tanda panah pada setiap icon desktop Windows? Kemudian Anda bermaksud ingin menghilangkannya, apakah bisa? Tentu saja bisa dan caranya sangat mudah.

Berikut Cara Menghilangkan Tanda Panah Pada Shortcuts Windows

Dalam menghilangkan tanda panah pada shortcuts desktop Windows ini kita akan bermain di jendela Registry. Jika Anda takut terjadi apa-apa setelah melakukan perubahan di jendela Registry, disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Silakan simak Cara Backup Registry Windows pada artikel terdahulu.

Jika sudah membackup seluruh file Registry, ok kita mulai saja caranya. Secara default penampilan icon di layar desktop Windows adalah seperti ini :

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-1

Kecuali icon Computer dan Recycle Bin yang tidak ada tanda panahnya. Untuk masuk ke jendela Registry silakan Anda gunakan jendela Run saja dengan menekan Windows+R pada keyboard lalu ketikkan regedit dan Enter.

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-2

Selanjutnya Anda klik HKEY_CLASSES_ROOT dan cari folder yang bernama lnkfile. Memang folder-folder yang berada di Registry sangat banyak. Jika Anda susah menemukan folder lnkfile, silakan gunakan cara pintas saja dengan cara mencarinya secaranya otomatis. Gunakan fitur Ctrl+F pada keyboard untuk mempercepat pencarian dan ketik isshortcut pada kolom pencarian kemudian Enter.

Kenapa isshortcut, bukankah kita akan mencari folder lnkfile? Ya betul kita akan mencari folder lnkfile yang didalamnya terdapat file isshortcut.

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-3

Jika file isshortcut sudah ditemukan, pastikan bahwa isshortcut adalah yang berada di dalam folder lnkfile. Karena file isshortcut ini sangat banyak, jadi Anda jangan sampai terkecoh dan salah menemukan isshortcut.

Silakan Anda ubah (rename) file IsShortcut dengan cara klik kanan pada file dan pilih Rename. Untuk mengubahnya Anda cukup menambahkan huruf s saja diakhir nama file menjadi IsShortcuts.

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-4

Seperti ini hasil akhirnya yaitu nama file IsShortcut sudah diubah menjadi IsShortcuts.

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-5

Sekarang Restart komputer atau laptop dan lihat hasilnya! Jika ternyata gagal atau tanda panah pada shortcuts icon di dekstop Windows masih tetap muncul, silakan Anda cari lagi folder piffile di dalam HKEY_CLASSES_ROOT. Temukan di dalam folder piffile file isShortcut juga dan ubah namanya sama seperti kegiatan diatas yaitu menjadi isShortcuts. Gunakan pencarian (Ctrl+F) untuk mempercepatnya. Coba Restart lagi komputernya dan semoga berhasil.

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-6

Berikut adalah contoh icon desktop Windows yang tanda panahnya sudah dihilangkan :

cara-menghilangkan-tanda-panah-pada-shortcuts-windows-7

Ok mungkin artikel Cara Menghilangkan Tanda Panah Pada Shortcuts Windows dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silakan bisa disampaikan di kolom komentar. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *