Home / Microsoft Office / Cara Mencegah Untuk Menghindari Duplikat Data Ketika Entry Data Di Office Excel

Cara Mencegah Untuk Menghindari Duplikat Data Ketika Entry Data Di Office Excel

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel – Agar ketika kita entry data di Office Excel lalu kita tidak mau terjadi double entry maka sebaiknya gunakan cara mujarab yang akan saya terangkan disini. Office Excel sebuah program atau aplikasi pengolah data yang super lengkap. Untuk memudahkan penggunanya dalam mengolah data maka Office Excel dilengkapi juga dengan rumus atau formula. Dengan menguasai rumus-rumus Excel maka ketika mengolah data apapun akan terasa gampang dan mudah. Jadi kunci utamanya agar kita bisa mengoperasikan Office Excel dengan lancar maka pelajari dulu rumus-rumus atau formulanya.

Baca Juga : 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh

Untuk mengatasi karena takut terjadi duplikat data ketika kita entry data di Office Excel, hal inipun dapat kita selesaikan dengan menggunakan formula. Jika awalnya kita telah membuat pengaturan khusus yang berfungsi untuk mencegah duplikat data, maka ketika kita melakukan duplikat konten Office Excel akan menolak dan data tidak akan berhasil diinput.

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel (0)

Lalu apa rumus atau formulanya untuk mencegah agar terhidar duplikat data ketika entry di Office Excel? Sebetulnya untuk mencegah terjadi double data ketika input data di Office Excel kita cukup menggunakan formula COUNTIF.

Berikut Cara Menghindari Duplikat Data Ketika Input Data Di Office Excel

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa untuk menghindari kesalahan atau agar tidak terjadi double entry ketika input data di Office Excel adalah dengan menggunakan rumus COUNTIF. Namun sebelum dilanjutkan, silakan Anda buka Program Office Excel kemudian buat dulu tabel sebagai contoh. Contoh disini saya membuat 10 baris dan 1 kolom saja yang kedepannya kolom-kolom ini akan diisi dengan data. Untuk lebih memudahkan dalam praktik ini silakan buat juga table atau cells seperti yang saya buat.

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel (1)

Contoh diatas kita telah membuat tabel dari Cells A1 sampai dengan Cells A10. Kemudian Anda blok cells tersebut atau kolom-kolom yang nantinya mau diterapkan formula anti duplikat konten. Kemudian Anda klik pilih menu Data > Data Validation.

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel (2)

Klik tab Settings dan pilih Custom pada Allow lalu ketik formula pada kolom yang sudah disediakan. Rumus atau formulanya adalah sebagai berikut :

=COUNTIF($A$1:$A$10;A1)=1

Anda lihat formula diatas! A1 merupakan cells awal dari tabel yang ingin kita tanamkan anti duplikat konten tadi dan diakhiri dengan cells A10. Kemudian agar fungsi rumus nantinya absolute maka ditambah tanda $. Untuk A1 yang tulisannya warna merah itu hanya diisi dengan cells pertama saja.

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel (3)

Sekarang Anda klik pilih tab Error Alert. Pada tab ini kita bisa membuat kotak dialog yang nanti akan tampil ketika melakukan kesalahan entry data. Pilih Style Stop dan untuk Title (Judul Pesan) serta Error message (Isi Pesan Kesalahan) silakan Anda sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel (4)

Berikut adalah contoh hasil akhirnya dan begitu kita mengetikkan huruf atau angka yang sama dengan baris tabel sebelumnya maka Office Excel akan menolak. Artinya menolak tersebut karena telah terjadi duplikat konten dan muncul juga peringatan kesalahan entry data.

Cara Menghindari Duplikat Data Di Office Excel (5)

Bagaimana mudah bukan? Dengan membuat formula untuk Menghindari Duplikat Entry Data Di Office Excel karena akan terhindar dari kesalahan kejadian double konten dalam satu Sheet. Ok mungkin hanya itu saja artikel ini semoga ada manfaatnya untuk siapapun yang membutuhkan. Terimakasih.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *