Home / Android / Cara Lengkap Mengirim Aplikasi Atau Game HP Android Dengan Bluetooth

Cara Lengkap Mengirim Aplikasi Atau Game HP Android Dengan Bluetooth

Cara Mengirim Aplikasi Android Menggunakan Bluetooth – Bluetooth adalah peralatan yang fungsinya untuk menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Bluetooth merupakan media komunikasi antar sesama perangkat yang sudah tersedia fitur Bluetooth. Kegunaan Bluetooth adalah untuk mempermudah pengguna ketika ingin berbagi (share) seperti file dokumen, foto, audio, video, dan sebagainya tanpa harus menggunakan media kabel dan jaringan internet. Kini hampir setiap perangkat teknologi seperti komputer/laptop, handphone, tablet, dan lain-lain sudah tersedia fitur Bluetooth. Dengan Bluetooth memungkinkan pengguna untuk mengirim file jarak jauh.

Baca Juga : Cara Membeli Aplikasi/Game Berbayar Di Google Play Store Menggunakan Pulsa

Bagi pengguna smartphone canggih seperti Android tentunya kata Bluetooth sudah tidak asing lagi di pendengaran mereka. Mungkin sebagian pengguna HP Android hanya tahu fungsi Bluetooth itu untuk mengirim file saja. Padahal sebetulnya bukan hanya itu saja. Bluetooth bisa kita gunakan juga untuk berbagi (share) Aplikasi dan Game antar sesama pengguna HP Android.

Jika kita bisa berbagi Aplikasi atau Game menggunakan Bluetooth tentunya hal ini akan menghemat kuota internet. Karena dengan menggunakan fitur share Bluetooth, kita cukup satu pengguna saja yang download Aplikasi atau Game dari Google Play Store. Selanjutnya jika teman membutuhkan Aplikasi atau Game tersebut, kita tinggal share saja melalui Bluetooth.

Berikut Cara Mengirim Aplikasi Android Menggunakan Bluetooth

Untuk mengirim aplikasi atau game antar sesama pengguna HP Android syarat utamanya adalah kita meski menginstall aplikasi khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak pilihan aplikasi share Bluetooth yang dapat kita gunakan tersedia di Google Play Store. Aplikasi tersebut umumnya gratis untuk kita nikmati fasilitasnya.

Dari banyaknya aplikasi share melalui Bluetooth, saya merekomendasikan aplikasi ShareCloud (Share Apps). Aplikasi ini sudah banyak yang menggunakan dan ukuran file sangat kecil, hanya 3,85 MB saja. Dengan begitu aplikasi ini tidak akan menghabiskan space HP Android Anda.

Untuk mempraktikkan langsung silakan Anda download dulu aplikasi ShareCloud (Share Apps) di Google Play Store kemudian installkan seperti biasa.

Ketika pertama kali Anda menginstall dan membuka aplikasi Share Apps, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Disini Anda hanya tinggal menentukan Nickname dan memilih gambar profil nanti. Selanjutnya Anda cukup memilih Start.

Langkah selanjutnya Anda tinggal memilih media apa yang akan dibagikan ke perangkat Android lain. Anda bisa berbagi Aplikasi, Photos, Music, Videos, File Donwload, dan sebagainya. Dalam contoh kali ini saya akan berbagi Aplikasi, maka silakan tap App.

Silakan Anda pilih aplikasi mana yang akan dibagikan ke perangkat Andorid lain. Misalnya saya akan berbagi aplikasi LINE, maka saya tap Opsi Share (3 titik).

Karena tujuan utama kita disini adalah akan melakukan Share atau berbagi aplikasi, maka selanjutnya kita tap Share. Selain itu pada jendela ini kita membuka aplikasi (Open), menghapus aplikasi (Uninstall), dan backup aplikasi.

Sebetulnya dengan aplikasi Share Apps ini kita tidak hanya dapat berbagi aplikasi melalui Bluetooth saja. Kita bisa share melalui jaringan WiFi, Email, bahkan kita bisa menyimpan aplikasi di Cloud Storage seperti Google Drive.

Tap icon Bluetooth untuk melakukan kirim aplikasi melalui Bluetooth ….

Aplikasi Share Apps akan melakukan Preparing files terlebih dahulu. Nanti Anda akan diminta untuk mengaktifkan Bluetooth. Jangan sampai lupa untuk mengaktifkan juga Bluetooth pada HP Android perangkat lain atau yang akan menerima aplikasi.

Selesai! Kini Anda sudah bisa mengirim aplikasi menggunakan Bluetooth. bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba artikel Cara Mengirim Aplikasi Android Menggunakan Bluetooth. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *