Home / Teknologi / Cara Mudah Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG Dengan CorelDRAW

Cara Mudah Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG Dengan CorelDRAW

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG – File format CDR adalah ekstensi file format yang dihasilkan dari program CorelDRAW. Setiap kita mengerjakan projek di program CorelDRAW kemudian kita simpan maka akan menghasilkan file format CDR. Karena file format CDR hasil program CorelDRAW maka ketika kita akan membuka file tersebut harus dengan program CorelDRAW juga. Selain program CorelDRAW kita tidak bisa membuka file format CDR. Bahkan sesama program CorelDRAW juga ada diantaranya file format yang tidak bisa dibuka. Ketika kita mengerjakan projek di CorelDRAW versi terbaru kemudian disimpan dalam format CDR lalu file tersebut kita buka di program CorelDRAW versi lama maka otomatis file tidak bisa dibuka. Kecuali jika kita ketika menyimpan file menggunakan trik khusus lagi agar file bisa dibuka disemua versi program CorelDRAW.

Baca Juga : Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi

Karena file format CDR khusus hanya bisa kita buka di program CorelDRAW maka tentunya nanti kita akan kesulitan jika ingin membuka atau menggunakan file tersebut. Misal kita ingin mencetaknya atau menyisipkan file dalam pengerjaan projek di program lainnya maka tentunya tidak akan bisa. Untuk kepentingan tersebut solusinya kita harus melakukan Export file CDR di program CorelDRAW ke file format yang sudah umum digunakan seperti file format JPG dan PNG. Hampir semua perangkat lunak mulai dari komputer sampai ke smartphone akan bisa membuka gambar file format JPG dan PNG.

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (1)

File format CDR hanya kita butuhkan untuk antisipasi jika suatu saat kita ingin mengubah desain dari file tersebut di program CorelDRAW. Misal kita membuat desain logo di CorelDRAW namun pengerjaannya belum selesai, maka sementara kita simpan dulu dalam format CDR dan nanti bisa dilanjut kembali. Kemudian jika desain logo tersebut sudah selesai, sebaiknya kita Export ke file format JPG atau PNG.

Selain itu langkah bijaknya lagi kita mempunyai dua file format dari hasil pengerjaan projek di CorelDRAW. Satu file format CDR dan satunya lagi file format JPG atau PNG. Nantinya jangan harap kita bisa mengubah desain gambar dari format JPG atau PNG. Maka daripada itu simpan juga file format CDR-nya.

Lalu Bagaimana Cara Mengubah File Format CDR Menjadi JPG Atau PNG?

Sebetulnya apa itu file format JPG? File format JPG atau JPEG (Joint Photographic Experts Assemble) adalah file format standar yang paling sering digunakan oleh fotografer profesional di seluruh dunia. Walaupun file format ini termasuk format yang paling banyak dipilih namun tentunya ada kelemahannya juga. File format JPG atau JPEG hanya cocok digunakan pada gambar yang memiliki banyak struktur warna, seperti foto wajah, gradient, dan sebagainya. Untuk gambar yang memiliki sedikit warna seperti gambar kartun kurang cocok menggunakan file format JPG.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW

Alasan file format JPG atau JPEG kurang cocok digunakan pada gambar yang memiliki sedikit warna adalah akan menyebabkan kualitas gambar menjadi turun. Sehingga nantinya jika diperdekat (zoom) gambar akan samar atau kabur/blur. Kemudian disarankan juga ketika mengconvert gambar ke file format JPG maka gunakan palet RGB (Red Green Blue) jangan palet CMYK (Cyan Magenta Yellow Black). Maksudnya agar gambar yang dihasilkan tidak terlalu samar dan tentunya kualitas gambar juga akan terjaga.

Kemudian apa yang dimaksud dengan file format PNG? File format PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu jenis format yang paling baik untuk digunakan pada gambar grafis internet. Alasannya file format ini mendukung transparansi pada gambar. Sehingga jika gambar format PNG kita tempat di perambah browser backgroundnya tidak akan terbawa. File format PNG juga sangat cocok kita gunakan dalam gambar yang memiliki warna background dengan alasan mendukung transparansi.

Ok sekarang mari kita bahas ke inti permasalahan yaitu mengubah file format CDR (CorelDRAW) ke file format JPG atau PNG. Disarankan dalam mempraktikkan cara ini Anda harus sudah mempunyai program CorelDRAW yang terinstall di komputer atau laptop.

Dalam contoh kali ini saya menggunakan program CorelDRAW X4 dan silakan Anda aktifkan program CorelDRAW kemudian buka file CDR yang akan diubah ekstensinya. Disini saya akan mengubah file CDR Kartu Nama menjadi format JPG dan PNG.

Baca Juga : Download Gratis 20+ Contoh Sertifikat Format CorelDRAW (CDR) Siap Pakai

Jika file format CDR sudah Anda buka di CorelDRAW sekarang Anda klik pilih Export atau dengan langkah cepatnya bisa dengan menekan Ctrl+E pada keyboard.

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (2)

Anda klik pilih Save as type dan silakan pilih file format yang Anda inginkan. Dalam contoh kali ini kita akan mengubah CDR menjadi JPG atau JPEG maka silakan pilih JPG – JPEG Bitmaps. Ada tiga macam format JPG yang dapat kita pilih, yaitu JPEG 2000 Standard, JPEG Codestream, dan JPEG Bitmaps. Untuk hasil gambar kualitas bagus disarankan agar memilih jenis JPEG Bitmaps saja. Kemudian setelah memilih ekstensi yang diinginkan klik Export.

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (3)

Disini kita wajib menentukan resolusi gambar yang akan diubah menjadi JPG. Jika gambar tersebut untuk keperluan cetak silakan tentukan resolusinya menjadi 300 dpi, namun jika gambar untuk keperluan unggah ke internet silakan sesuaikan saja. Semakin rendah nilai resolusi maka kapasitas gambar akan semakin kecil dan juga kualitas gambar juga akan mengikuti nilai resolusi ini.

Untuk Color mode seperti yang sudah saya bahas diatas agar kualitas gambar tidak terlalu jelek maka silakan Anda pilih RGB Color (24-bit) saja, jangan mode CMYK. Klik OK untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (4)

Dalam Sub Format silakan Anda sesuaikan saja, Anda bisa memilih yang tipe Standar atau Optional. Pengaturan-pengaturan lainnya silakan Anda sesuaikan juga atau biarkan default juga tidak apa-apa. Klik OK untuk mengakhiri proses dan kini Anda sudah memiliki gambar yang berekstensi file format JPG atau JPEG. Bagaimana mudah bukan?

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (5)

Untuk mengubah file CDR menjadi file format PNG langkahnya masih sama seperti langkah mengubah ke JPG. Yaitu dari Export dan kemudian pada Save as type Anda pilih PNG – Portable Network Graphics. Langkah selanjutnya masih sama dengan proses convert CDR ke JPG maka dari itu saya rasa tidak perlu diterangkan lagi.

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (6)

Disini agar gambar menjadi transparan silakan Anda pilih None jangan Image Color. Terakhir klik OK dan selesailah sudah mengubah format CDR ke PNG.

Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG (7)

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG dengan menggunakan program CorelDRAW. Selamat mencoba dan semoga artikel ini ada manfaatnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. saya biasa menyimpan file pas selesai membuat logo dari corel draw ke cdr buat di edit ulang sampai sempurna :D kalau sudah bagus baru dirubah ke format png.
    makasih tips nya mas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *