Home / Teknologi / Cara Mengubah Huruf Drive Pada Partisi Hardisk, Mengubah Nama Partisi Hardsik

Cara Mengubah Huruf Drive Pada Partisi Hardisk, Mengubah Nama Partisi Hardsik

Cara Mengubah Huruf Drive Pada Partisi Hardisk – Masalah ini tergolong jarang terjadi, yaitu dimana huruf pada partisi hardisk tidak berurutan sesuai abjad. Umumnya seperti yang sudah biasa kita lihat huruf partisi hardisk OS Windows akan dimulai dari C:\ yang berisi system kemudian D:\ dan begitu seterusnya. Namun bukan hal yang mustahil jika huruf partisi ini tidak berurutan. Seperti yang saya alami semalam ketika selesai menginstall OS Windows pada laptop, huruf paritisinya tidak berurutan. Huruf partisi dimulai dari C:\ kemudian E:\ dan F:\, dengan begitu huruf partisi D:\ tidak ada. Huruf partisi D:\ ini akan muncul ketika saya menggunakan media eksternal seperti flashdisk dan hardisk eksternal. Apakah Anda juga pernah mengalami kasus serupa?

Baca Juga : 5 Hal Wajib Tahu Permasalahan Pada Hardisk Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Sebetulnya ini bukan masalah besar atau masalah tidak berurutan huruf pada partisi ini bukan berarti hardisk komputer/laptop rusak. Cuma masalah ini akan sedikit membingungkan bagi kita yang tidak biasa melihatnya. Kita biasa menyimpan data di drive D:\, namun kini drive D:\ berubah hurufnya menjadi drive E:\.

Untuk lebih jelasnya, contoh huruf partisi hardisk yang tidak berurutan seperti gambar berikut ini :

Aneh kan? Entahlah saya juga tidak tahu penyebabnya, yang jelas masalah tersebut dapat kita atasi dengan mudah. Untuk mengubah huruf driver pada partisi hardisk tersebut tidak perlu menggunakan software.

Berikut Cara Mengubah Huruf Drive Pada Partisi Hardisk Tanpa Software

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita cukup mengandalkan fitur bawaan Windows saja. Yang kita butuhkan untuk menyelesaikan kasus tersebut adalah mengaktifkan jendela Disk Management.

Ada 3 cara untuk menuju ke halaman Disk Management, yaitu : Control Panel, Computer, dan Run. Silakan Anda pilih langkah mana yang paling mudah.

Bagi yang ingin mencoba dari Control Panel, silakan Anda buka Control Panel dari Start > Control Panel. Kemudian dari jendela Control Panel Anda klik pilih Administrative Tools > Computer Management > Storage > Disk Management (Local).

Selanjutnya jika ingin mencoba dari Computer atau My Computer silakan Anda klik kanan Computer yang tampil di Desktop atau di jendela Windows Explorer kemudian klik Manage > Storage > Disk Management (Local).

Terakhir untuk menuju ke jendela Disk Management bisa dari Run. Aktifkan Run dengan menekan Windows+R pada keyboard kemudian ketik diskmgmt.msc dan Enter.

Saya anggap Anda saat ini sudah berada di jendela Disk Management dan entahlah dari mana caranya. Silakan pada jendela Disk Management Anda pilih drive yang akan diubah hurufnya lalu klik kanan > klik Change Drive Letter and Paths.

Selanjutnya disini Anda perlu klik pilih tombol Change.

Lihat gambar dibawah tepatnya yang sudah saya beri tanda panah merah, nah disitulah kita dapat mengubah huruf drive partisi hardisk. Klik Ok jika Anda sudah memilih huruf sesuai dengan yang diinginkan.

Akan muncul kotak dialog Warning seperti gambar diabawah, jangan kaget silakan klik Yes saja.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kita tidak akan bisa mengubah huruf drive partisi yang didalamnya berisi system, seperti OS Windows. System Windows secara default akan tersimpan di drive C:\.

Ok mungkin artikel Cara Mengubah Huruf Drive Pada Partisi Hardisk dicukupkan sekian saja. Kini huruf drive partisi hardisk sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini ada manfaatnya. Sampai bertemu lagu di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *