Home / Software / Cara Tercepat Mengubah Nama Banyak Folder Secara Otomatis Di Komputer

Cara Tercepat Mengubah Nama Banyak Folder Secara Otomatis Di Komputer

Cara Mengubah Nama Banyak Folder – Apakah Anda memiliki banyak folder di komputer atau laptop dengan nama yang tidak beraturan? Alangkah baiknya nama-nama folder tersebut Anda ubah namanya dengan nama yang mudah diingat. Dengan membuat folder dan diberi nama yang beraturan maka kedepannya akan memudahkan Anda dalam pencarian file yang disimpan dalam folder tersebut. Mungkin jika jumlah foldernya sedikit tidak menjadi masalah, namun kalau jumlah folder yang tersimpan didalam komputer jumlahnya sangat banyak maka Anda akan pusing sendiri ketika mencari folder-folder tersebut.

Baca Juga : Cara Singkat & Mudah Membuat Banyak Folder Sekaligus Di Komputer Windows

Kita bisa membuat nama folder yang disusun sesuai dengan tanggal, bulan, tahun, atau nama-nama lainnya yang mudah diingat. Pekerjaan Anda akan menjadi lebih efektif jika folder yang disimpan berdasarkan nama yang beraturan. Anda tidak akan membuang waktu secara percuma ketika mencari folder-folder tertentu.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 1

Namun bagaimana jika kita sudah terlanjur membuat folder di komputer dengan nama yang tidak beraturan? Apakah kita saat ini juga harus mengubah atau me-rename folder satu per-satu secara manual? Jika jumlah folder yang kita ubah jumlahnya sedikit tentu bukan hal yang sulit, namun bagaimana jika jumlah folder tersebut jumlahnya sangat banyak, misal 100 atau 1000? Entah berapa jam atau mungkin berapa hari kita akan menyelesaikannya.

Tenang! Disini saya akan memberikan trik cara mengubah nama banyak folder sekaligus secara otomatis. Memang bisa? Ya tentu saja … Silakan simak artikel ini sampai selesai.

Inilah Cara Mengubah Nama Banyak Folder Sekaligus Secara Otomatis Di Komputer

Untuk mengubah nama banyak folder (rename) sekaligus di komputer atau laptop, kita harus menggunakan software pihak ketiga. Software atau aplikasi apakah itu? Disini saya akan merekomendasikan sebuah software handal dan gratis untuk mengubah nama banyak folder, yaitu Bulk Rename Utility.

Apa itu Bulk Rename Utility? Bulk Rename Utility adalah software khusus yang bisa kita manfaatkan fiturnya untuk mengubah nama file atau folder lebih cepat. Ketika kita akan mengganti nama file atau nama folder yang jumlahnya banyak solusi terbaiknya gunakanlah software Bulk Rename Utility. Anda bebas untuk merapikan file atau folder sesuai dengan nama-nama yang Anda inginkan atau sukai.

Software Bulk Rename Utility dapat kita nikmati secara gratis dan bisa didapatkan di website resminya. Ukuran file ini tidak terlalu besar, kira-kira hanya 9,25MB saja. Software Bulk Rename Utility dapat diinstall di komputer atau laptop operasi sistem Windows semua versi, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 baik 32bit/86bit atau 64bit.

Jika sudah selesai download software Bulk Rename Utility, saatnya kita beraksi untuk mengubah nama banyak folder sekaligus secara otomatis di komputer. Silakan Anda buat dulu Folder Baru secara sembarang dari Windows Explorer (Windows+E) kemudian klik pilih New Folder. Disini saya akan membuat folder sebanyak 15 folder saja.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 2

Install software Bulk Rename Utility di komputer atau laptop Anda seperti biasa sampai selesai kemudian Anda aktifkan software Bulk Rename Utility dari Start > All Programs > Bulk Rename Utility.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 3

Anda cari folder-folder yang akan Anda ubah namanya dan blok semua folder tersebut. Untuk blok semua folder caranya Anda klik pilih folder paling atas/pertama kemudian tekan dan tahan Shift pada keyboard, sambil Shift masih ditekan klik pilih lagi folder paling bawah/akhir.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 4

Tugas pertama kita setelah folder-folder yang akan diubah namanya diblok, kita harus menghapus nama folder default/awal. Disini nama folder default adalah New Folder. Untuk menghapus nama default folder silakan perhatian Anda tertuju ke bagian Remove. Anda tentukan jumlah karakter pada nama folder default awal yang akan dihapus, disini saya memberi contoh 15 karakter maka pada kolom First ini saya ketik 15.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 5

Setelah berhasil menghapus nama folder default, langkah selanjutnya adalah membuat nama folder baru. Anda pikirkan apa yang akan Anda tentukan untuk nama-nama folder tersebut agar kedepannya mudah diingat. Untuk membuat nama folder, Anda ketik di kolom Prefix bagian Add. Disini saya memberi contoh dengan nama folder “Rename Folder“.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 6

Tugas kita belum selesai gan! Sekarang yang harus kita lakukan adalah menambah nama folder untuk membedakan antara folder satu dengan folder lainnya. Disini kita bisa menambahkannya dengan tanggal, bulan, dan tahun. Silakan Anda lihat pada bagian Auto Date.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 7

Atau bisa juga dengan menambahkan nomor urutan di awal atau di akhir nama folder. Caranya silakan lihat bagian Numbering dan jika kita ingin menambah nomor urutan di awal folder maka pilih Mode Prefix, kemudian tentukan mulai nomornya pada kolom Start.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 8

Silakan Anda coba-coba pengaturan lainnya dan jika semua pengaturan sudah selesai Anda tentukan sesuai dengan keinginan, silakan klik Rename.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 9

Ketika muncul peringatan (Warning) silakan tanpa pikir panjang lagi Anda klik OK.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 10

Dan berikut adalah hasilnya. Kini semua folder yang semula tidak beraturan namanya sudah berubah secara otomatis.

Cara Mengubah Nama Banyak Folder 11

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengubah Nama Banyak Folder Sekaligus Secara Otomatis Di Komputer menggunakan software Bulk Rename Utility. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan kini folder-folder tak beraturan Anda sudah tersusun rapih berdasarkan jenis file didalamnya. Ada saran lain? Silakan sampaikan di kolom komentar!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Dilihat dari penjelasannya memang rinci sekali, namun kalau baru mencoba, rasannya ribet proses nya.. tapi dengan ini kita akan lebih mudah untuk mengubah nama folder secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *