Home / Teknologi / Cara Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry ~ Menambah Resolusi

Cara Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry ~ Menambah Resolusi

Cara Mengubah Resolusi Layar NetBook – Ketika kita ingin mengubah resolusi layar komputer itu bukan perkara yang sulit. Caranya di Windows 7 tinggal klik kanan pada desktop kemudian klik pilih screen resolution lalu pilih resolusi yang kita inginkan. Lalu bagaimana jika resolusi yang kita inginkan tidak terdaftar didalam deretan resolusi yang telah direkomendasikan oleh system Windows?

Baca Juga : 5 Software Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Screenshot Tampilan Layar Komputer

Jika hal itu terjadi apalagi untuk NetBook, jangan khawatir karena kita bisa membuat resolusi layar secara manual. Kenapa saya menyebutkan NetBook?

NetBook itu benda ringkas yang bentuknya kecil serta ringan dibawa kemana-mana. Meskipun banyak keuntungannya jika menggunakan NetBook, tapi bukan berarti tidak ada kekurangannya. Selain memiliki prosesor kecil juga biasanya resolusi NetBook itu kecil.

Jika perangkat seperti NetBook memiliki resolusi kecil biasanya akan memperhambat jika kita ingin menggunakan program tertentu yang diharuskan menerapkan resolusi besar. Contohnya program Adobe Photoshop mengharuskan perangkat menggunakan resolusi minimal 1024 x 768 pixel. Sedangkan NetBook sendiri biasanya memiliki resolusi maksimal hingga 1024 x 600 pixel saja.

Masih banyak lagi program lainnya yang mengharuskan resolusi perangkat yang digunakan 1024 x 768 pixel. Sebut saja seperti program editor video, editor foto, dan beberapa program lainnya.

Lalu bagaimana solusinya untuk mengatasi hal tersebut diatas? Apakah kita harus mengganti perangkat NetBook ke Personal Computer atau Laptop? Jawabannya singkat saja, tidak perlu …

Kenapa tidak perlu? Karena untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengakalinya dengan membuat resolusi agar bisa mendukung terhadap aplikasi editor video dan editor foto seperti Adobe Photoshop.

Berikut Cara Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry

Untuk mengubah resolusi layar NetBook, kita bisa melakukannya dari registry. Jika Anda khawatir akan terjadi apa-apa pada NetBook setelah mengubah registry, silakan backup dulu. Caranya bisa dilihat pada artikel Cara Backup Registry Windows 7, 8, dan 10 Dengan Mudah Lengkap Gambar.

Ok kita mulai saja tutorialnya …

Silakan buka registry dari Run dengan menekan Windows+R pada keyboard kemudian ketik regedit dan Ok.

Setelah jendela Registry Editor tampil, silakan Anda cari entry seperti gambar dibawah dengan expand masing-masing folder. HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Class > {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} > 0000

Cari dan buka DWORD Display1_DownScalingSupported.

Untuk membuka DWORD silakan klik ganda kemudian Anda ganti nilai Value data yang semula 0 menjadi angka 1 lalu klik Ok.

Sekarang silakan Anda buka lagi entry HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Class > {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} > 0001.

Lalu cari lagi DWORD Display1_DownScalingSupported, jika tidak ada silakan Anda buat dulu dengan cara klik kanan New > DWORD (32-bit) Value atau DWORD (64-bit) Value (sesuaikan dengan OS Windows yang digunakan). Kemudian beri nama (rename) DWORD yang baru saja dibuat dengan Display1_DownScalingSupported dan ubah nila value datanya menjadi angka 1.

Sekarang Anda Close tampilan Registry Editor karena sampai langkah ini Anda sudah selesai untuk mengubah resolusi layar. Restart NetBook kemudian setelah NetBook nyala lagi Anda cek apakah sekarang daftar resolusi NetBook sudah bertambah belum? Klik kanan di desktop kemudian klik pilih Screen resolution.

Anda cek, seharusnya sekarang pilihan resolusi 1000 x 768 pixel sudah ada. Anda pilih resolusi tersebut dan coba install program editor video atau editor foto yang semula tidak bisa di install.

 

Untuk mengembalikan pengaturan registry ke pengaturan semula, silakan Anda simak artikel Software Paling Baik Untuk Mengembalikan Registry Windows Yang Terhapus.

Ok mungkin artikel Cara Mengubah Resolusi Layar NetBook dicukupkan sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.