Home / Software / Cara Mengunci Data Penting Komputer Dengan Mudah

Cara Mengunci Data Penting Komputer Dengan Mudah

Cara Mengunci Data Penting Komputer Dengan Mudah – Salahsatu antisipasi supaya data penting yang tersimpan di komputer aman, maka kita harus menguncinya. Ibarat sebuah rumah, jika kita tidak menginginkan sesuatu hal terjadi ketika rumah ditinggalkan, caranya adalah dengan mengunci rapat-rapat seluruh pintu masuknya. Data pentingpun seperti itu, karena kita tidak setiap saat selalu memantau data komputer walaupun komputer tersebut adalah milik kita sendiri. Apalagi jika komputer yang kita simpan data penting adalah komputer perusahaan, sekolah, dan lain-lain (komputer umum). Oleh karena itu, agar data penting yang kita miliki aman, maka kita harus tahu cara mengunci data penting yang tersimpan di komputer.

Baca Juga : Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD

Bagi pengguna Windows, sebenarnya dalam hal mengunci data penting atau file-file penting yang tersimpan di folder komputer bisa kita lakukan dengan mudah. Kita tidak perlu menggunakan pihak ketiga atau software. Cukup kita menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh Windows. Namun disini saya tidak akan membahas cara itu. Saya disini akan menerangkan bagaimana cara mengunci data penting komputer dengan bantuan aplikasi Easy File Locker.

Apa itu Easy File Locker? Menurut hemat saya Easy File Locker adalah sebuah aplikasi ringan yang fungsinya untuk mengunci atau mengproteksi file/data penting yang kita simpan di komputer atau laptop. Dengan Easy File Locker kita tidak perlu khawatir lagi kalau data penting komputer akan jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab. Karena kita sudah menguncinya dengan memasang password di folder tersebut.

Inilah Cara Mengunci Data Penting Komputer Menggunakan Easy File Locker

Pertama kita harus mengunjungi web resmi Easy File Locker dengan URL www.xoslab.com/efl.html untuk mengunduh aplikasi tersebut. Tenang saja aplikasi Easy File Locker dapat kita nikmati dengan gratis. Aplikasi ini tersedia untuk Windows versi 32/86 bit serta versi 64 bit. Namun selain versi gratis, aplikasi Easy File Locker tersedia juga versi berbayarnya. Tentunya dengan menikmati aplikasi berbayar, maka kita akan mendapat kelebihan-kelebihan tersendiri dibanding versi gratis.

Cara Mengunci Data Penting Komputer 1

Cara menggunakannyapun tergolong mudah. Setelah kita sukses unduh aplikasi Easy File Locker di web resminya, selanjutnya seperti biasa kita install di komputer atau laptop.

Untuk pertamakalinya menggunakan aplikasi Easy File Locker, kita akan diminta untuk memasukkan sebuah password. Silakan Anda ketik saja password yang akan kita tentukan. Saran, buatlah sebuah password yang sulit ditebak oleh orang lain.

Gambar dibawah ini adalah tampilan aplikasi Easy File Locker. Setelah sukses install aplikasi ini, silakan kita coba kemampuannya. Pertama kita klik menu Edit lalu Add File. Ini fungsinya untuk menentukan file/data mana yang akan kita kunci atau proteksi. Selain itu kita juga bisa mengunci data penting yang dikumpulkan dalam satu folder dengan cara klik Add Folder.

Cara Mengunci Data Penting Komputer 2

Nah setelah kita menentukan sebuah file atau folder yang didalamnya adalah data-data penting kita yang akan dikunci, kita akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar dibawah ini. Sebaiknya centang saja semua jenis proteksi yang terdapat di This file or folder will be:

Cara Mengunci Data Penting Komputer 3

Selesai dan sekarang data penting Anda sudah dikunci dan dimasukkan kedalam list aplikasi Easy File Locker. Dengan demikian, data penting Anda sekarang sudah lenyap dari tempat semula. Ini bukan hilang dimakan pencuri atau penjahat, tapi lenyap karena dimasukkan kedalam proteksi aplikasi Easy File Locker.

Cara Mengunci Data Penting Komputer 4

Untuk mengentikan proteksi aplikasi Easy File Locker atau melepaskan kuncinya adalah dengan cara memilih Stop Protection.

Mungkin tulisan ini dicukupkan sekian saja dan semoga tutorial cara mengunci data penting komputer ini bisa kita gunakan dengan mudah serta ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. Menjaga kerahasiaan dokumen di komputer kita sangatlah penting. jangan sampai data kita jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab

    • Iya mas, data penting kita harus dijaga dengan baik apalagi data tersebut sangat rahasia :D

  2. biar ga dibuka sama siapa aja ya?nanti saya coba donlot :)
    terimakasih cara nya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *