Home / Kesehatan / Mulai Sekarang Tingkatkan Kesehatan Indra Penglihatan Anda Dengan Tips Ini

Mulai Sekarang Tingkatkan Kesehatan Indra Penglihatan Anda Dengan Tips Ini

Meningkatkan Kesehatan Mata – Satu organ penting dari tubuh kita yang harus terus dijaga kesehatannya adalah mata. Mata memiliki peran yang tidak bisa digantikan dengan organ lain, ketika seseorang bermasalah dengan penglihatannya maka akan sulit melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Memiliki mata yang sempurna tentu menjadi nikmat yang luar biasa, untuk itulah perlu disyukuri dengan terus menjaga kesehatannya. Jenis gangguan mata juga macam-macam seperti minus, katarak, bengkak, iritasi, berlendir dan lain sebagainya.

Meningkatkan Kesehatan Mata Dengan Makanan Yang Tepat

Untuk anak-anak banyak yang bermasalah dengan mata mereka terutama gangguan minus, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan berada di depan layar computer, tv atau gadget terlalu lama dalam jarak dekat. Hal ini juga berlaku untuk para remaja.

Sedangkan untuk orang dewasa biasanya mengalami gangguan mata katarak disebabkan oleh penyakit diabetes, kebiasaan mengkonsumsi alcohol atau obat-obatan terlarang dan lain sebagainya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kita bisa meningkatkan kesehatan mata dengan tips berikut ini sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit mata. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat mata Anda tetap sehat adalah dengan kebiasaan mengkonsumsi wortel.

Wortel  yang memiliki kandungan vitamin a serta beta karoten. Keduanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata karena bersifat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi resiko degenerasi makula pada mata.

Baca Juga : 5 Khasiat Mujarab Dan Manfaat Buah Wortel Untuk Kecantikan Serta Kesehatan

Selain wortel, mentimun juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan mata terutama mengatasi mata yang bengkak. Karena kurang tidur mata pun menjadi sangat lelah, akibatnya mata menjadi bengkak dan terasa nyeri. Untuk mengatasinya Anda bisa gunakan mentimun sebagai masker mata. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengiris mentimun kemudian ditempelkan pada mata selama 10 menit sebelum tidur. Sensasi dingin itulah yang dapat membuat mata menjadi relax sehingga bengkak pada mata akan hilang dengan cepat.

Makanan lain yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata adalah biji bunga matahari. Makanan ini memiliki kandungan selenium, vitamin e dan zick yang mampu mencegah mata katarak. Selain itu kandungan b2 di dalamnya juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit mata yang disebabkan kesensitivas pada cahaya atau biasa disebut dengan photophobia.

Jika ingin terhindar dari mata kering, makanan untuk meningkatkan kesehatan mata yang bisa Anda konsumsi adalah ikan salmon. Hal ini karena ada kandungan omega -3 tinggi dalam ikan tersebut. Dengan mengkonsumsi secara teratur maka mata akan terus sehat dan segar.

Meningkatkan Kesehatan Mata Dengan Hindari Kebiasaan Buruk

Ada banyak kebiasaan yang menyebabkan kesehatan mata berkurang sehingga harus dihindari. Pertama adalah menghindari pemakaian kotak lensa lebih dari 19 jam. Pemakaian yang terlalu lama akan menyebabkan mata menjadi kering, memerah dan iritasi.

Kedua, untuk meningkatkan kesehatan mata hindarilah penggunaan tetes mata yang terlalu sering. Ada banyak kandungan zat yang ada pada obat tetes mata, jika digunakan untuk kondisi darurat mungkin bisa bermanfaat, namun jika digunakan terus menerus justru akan membuat mata mudah teriritasi bahkan mengakibatkan resiko yang lebih buruk lagi.

Ketiga, gunakan kaca mata pelindung uv. Seperti yang kita sinar uv sangat berbahaya jika terkena kulit atau mata manusia. Jika kulit bisa dilindungi dengan sub block maka untuk mata bisa dilindungi dengan kaca mata anti uv. Gunakan kaca mata tersebut ketika berada di tempat yang sangat terik.

Meningkatkan kesehatan mata keempat adalah dengan menghindari berada di depan layar computer, gadget atau tv terlalu lama. Kebiasaan berada di depan keempat layar tersebut mengakibatkan seseorang mengalami gangguan mata, terutama minus. Hal ini dikarenakan sinar radiasi pada layar tersebut merusak bagian-bagian penting pada mata.

Kelima adalah tidak membaca dalam keadaan redup. Dalam kondisi gelap maka mata akan bekerja lebih keras untuk bisa melihat suatu objek. Dalam waktu yang cukup lama maka mata akan cepat kelelahan dan terasa nyeri.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mata sehingga terhindar dari berbagai penyakit mata. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin a, beta karoten, b2, omega 3 serta menghindari kebiasaan buruk seperti yang telah disebutkan di atas maka mata menjadi lebih sehat bukan hanya untuk saat ini namun juga untuk masa mendatang.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Check Also

7 Tips Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Indah Dengan Modal Bahan Alami

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Indah – Rambut merupakan mahkota yang harus senantiasa dijaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *