Home / Pendidikan / 8 Cara Menjawab Ujian Dengan Efektif ~ Strategi Jitu Menjawab Soal Ujian

8 Cara Menjawab Ujian Dengan Efektif ~ Strategi Jitu Menjawab Soal Ujian

Cara Menjawab Ujian Dengan Efektif – Kesuksesan memang bukanlah hal mudah untuk diraih. Ada banyak ujian yang harus dilakukan sebelum mencapai puncak kesuksesan tersebut.

Baca Juga : Trik Menjawab Soal Ujian EPS Topik Korea

Nah, buat kamu yang akan ujian, ada beberapa cara menjawab ujian dengan efektif. Salah satunya adalah mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan meninggalkan soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan setelahnya. Dengan demikian, waktu yang berharga tidak terbuang sia-sia.

Selain itu, masih ada beberapa cara yang perlu kamu tahu. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Mengerjakan Soal Yang Mudah Terlebih Dahulu

Banyak orang yang mengerjakan soal ujian urut dari awal sampai akhir. Padahal, hal ini bisa membuang waktu berharga terbuang dengan sia-sia lho. Sebenarnya, kamu tidak perlu mengerjakan soal secara urut dari awal hingga akhir. Akan lebih baik jika kamu memilih soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Jika sekiranya soal terasa sulit, kamu bisa meninggalkannya terlebih dahulu dan mengerjakannya saat soal yang mudah sudah terselesaikan.

2. Buang Jawaban Yang Tidak Mungkin

Cara selanjutnya yaitu membuang pilihan jawaban yang tidak mungkin. Dengan demikian, sisa pilihan jawaban semakin sedikit dan kamu bisa lebih fokus untuk memilih pilihan jawaban yang mungkin tersebut.

3. Jangan Terlalu Lama Berpikir

Tak sedikit orang menggunakan waktu terlalu lama untuk mengerjakan satu soal saja. Mereka lupa bahwa mereka hanya memiliki waktu yang terbatas. Sebaiknya, kamu tidak melakukan hal yang sama. Sebab, hal ini bisa membuat waktu berhargamu terbuang sia-sia dan membuat soal lain terbengkalai. Jika hal ini tetap kamu lakukan, bukan tidak mungkin tidak semua soal dapat kamu kerjakan. Hal ini tentu sangat merugikanmu.

Jika kamu penasaran dengan jawaban soal tersebut. Kamu bisa mengulang setiap soal yang membuatmu ragu di akhir pengerjaan soal jika waktu masih tersisa.

4. Tandai Setiap Kriteria Kesulitan Butir Soal

Cara menjawab ujian dengan efektif selanjutnya adalah menandai setiap soal yang kamu kerjakan. Berilah tanda berbeda pada setiap soal berdasarkan kriteria kesulitan butir soal. Contohnya sebagai berikut.

  • Bintang untuk soal yang mudah dan sudah pasti jawabannya
  • Segitiga untuk soal yang masih ragu tapi sudah ada jawaban sementaranya
  • Silang untuk soal yang sulit

Tanda yang kamu buat tidak harus seperti contoh. Kamu bisa membuat dengan kreasimu sendiri yang memudahkanmu untuk mengingatnya.

5. Membuat Target Waktu Pengerjaan Setiap Soal

Seperti yang telah diketahui, waktu untuk ujian apapun pasti ada batasnya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat teknik agar dapat mengerjakan semua soal tepat pada waktunya. Bagaimana caranya? Salah satu cara efektif yang dapat kamu lakukan adalah membuat target waktu pengerjaan setiap soal.

6. Jangan Asal Nembak Jawaban

Soal memang didistribusikan menjadi beberapa tingkatan. Ada yang mudah, sedang, dan sulit. Terkadang tak sedikit orang yang enggan berpikir keras untuk menjawab soal yang sulit. Atau mungkin sudah berpikir keras tetapi tidak menemukan jawabannya. Jika hal ini terjadi, apa yang kamu lakukan? Asal nembak jawaban? Bukan masalah jika jawaban tersebut tidak ada nilai plus minus. Namun, jika teknik penilaian tersebut diterapkan, kamu akan sangat dirugikan. Sebab, kemungkinan jawabanmu benar hanya sedikit. Dengan demikian, menjawab soal tersebut hanya membuat poin yang sudah kamu buat dengan susah payah berkurang karenanya.

7. Jangan Langsung Membuat Penuh Untuk Setiap Jawaban

Hal ini berlaku untuk soal yang masih kamu ragukan jawabannya. Jika kamu masih ragu akan jawaban yang kamu buat, sebaiknya buatlah jawaban sementara terlebih dahulu. Jangan tergesa-gesa untuk membulatkannya secara penuh. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu mengganti jawaban misalnya jawaban sementara yang kamu buat tidak tepat. Dengan demikian, lembar kerjamu tidak akan kotor dan waktumu juga tidak terbuang banyak.

8. Memeriksa Lembar Jawab Sebelum Dikumpulkan

Cara menjawab ujian dengan efektif selanjutnya adalah memeriksa kembali lembar jawab sebelum dikumpulkan. Sebisa mungkin kamu memiliki waktu sisa di jam-jam terakhir ujian. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk memeriksa kembali lembar jawab yang telah kamu kerjakan.

Baca Juga : Jangan Panik! Berikut 10 Tips Jitu Hadapi Sidang Skripsi Yang Perlu Kamu Tahu

Periksalah identitas dengan benar. Jangan sampai ada yang belum terisi atau salah. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi hasil ujianmu nantinya.

Selain identitas, kamu juga harus memeriksa jawaban. Lihatlah masih ada yang masih belum terjawab atau tidak. Jika belum, kamu harus membaca ulang soal tersebut dan memikirkan ulang jawabannya. Mungkin saja kamu ingat jawaban tersebut di saat-saat terakhir.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.