Home / WordPress / Cara Menonaktifkan Emoticon Di WordPress Tanpa Plugin

Cara Menonaktifkan Emoticon Di WordPress Tanpa Plugin

Cara Menonaktifkan Emoticon – Untuk blog atau website yang tidak terlalu mementingkan kecepatan maka keberadaan simbol emoticon ini tidak menjadi masalah. Namun lain lagi jika blog tersebut sangat memperhatikan kecepatannya maka sebaiknya simbol-simbol emoticon ini di nonaktifkan saja. Karena jika kita membiarkan emoticon aktif, hal ini akan menambah beban HTTP request yang harus di proses oleh blog. Sehingga pada akhirnya kecepatan blog akan sedikit terganggu dan menurun karena adanya simbol emoticon.

Baca Juga : Cara Membuat Form Login & Register Penulis Tamu Di WordPress

Disatu sisi simbol emoticon ini kita perlukan untuk menambah kesan hidup dan menarik artikel yang diposting. Dengan menambahkan simbol-simbol ekspresi emoticon pada postingan, maka artikel akan terkesan ekspresif. Namun tahukah Anda bahwa simbol emoticon ini menggunakan Javascript agar bisa tampil. Maka dari itu jika kita membiarkan simbol emoticon aktif, ujung-ujungnya kecepatan blog akan menurun.

Cara-Menonaktifkan-Emoticon-Di-WordPress-Tanpa-Plugin

Dalam satu artikel atau kotak komentar jika terdapat satu atau dua emoticon tentunya tidak akan terasa. Namun sebaliknya jika jumlah emoticon yang muncul dalam satu halaman jumlahnya banyak, hal ini akan sangat mengganggu kecepatan blog.

Berikut Cara Mudah Menonaktifkan Emoticon Di Blog

Sebenarnya apa sih emoticon itu? Emoticon atau emoji adalah simbol-simbol yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan. Kata emoticon berasal dari gabungan kata emosi dan icon, artinya simbol. Contoh penulisan simbol ekspresi emoticon adalah seperti :) :P :D :( dan sebagainya.

Selanjutnya bagaimana cara untuk menonaktifkan emoticon di blog khususnya blog CMS WordPress? Caranya sangat mudah, kita tidak perlu menggunakan plugin atau menerapkan kode-kode. Karena WordPress sendiri sudah menyediakan fasilitasnya. Kita tinggal menonaktifkannya saja dari fitur yang disediakan WordPress.

Pertama silakan Anda login terlebih dahulu di akun WordPress untuk masuk ke dashboard WordPress. Kemudian Anda klik menu Setting/Pengaturan dan submenu Writing/Menulis.

Yang Anda lakukan setelah berada di halaman Pengaturan Penulisan adalah, Anda harus menghilangkan centang pada Konversikan emoticon seperti :-) and :-P ke grafis pada tampilan pada bagian Pemformatan.

Silakan Anda refresh atau hapus history dan cookie halaman browser yang digunakan dengan menekan Ctrl+Shift+Delete. Kemudian tekan F5 pada keyboard untuk memuat ulang (reload) halaman blog Anda, dan lihat hasilnya. Seharusnya sekarang setiap simbol emoticon di blog Anda sudah tidak berfungsi lagi. Yang muncul hanya tulisan grafis atau karakter-karakter emoticon saja bukan gambar.

Bagaimana sangat mudah bukan? Silakan selamat mencoba teknik menonaktifkan emoticon di WordPress ini tanpa harus menggunakan plugin atau menerapkan kode-kode. Semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *