Home / Software / Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW – Siapa yang tidak kenal dengan CorelDRAW. Terutama yang bergelut sebagai profesi di dunia desain grafis, tentunya program CorelDRAW sudah tidak asing lagi dipendengaran beliau. CorelDRAW adalah program kelompok desain grafis yang berbasis vektor. Banyak karya desain yang mampu diciptakan oleh CorelDRAW, dari membuat huruf bahkan memberi efek pada fotopun bisa dilakukan dengan CorelDRAW seperi Photoshop.

Baca Juga : Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi

Yang ditonjolkan sama program CorelDRAW adalah pembuatan gambar (desain grafis). Jika diuraikan banyak sekali kelompok desain grafis ini, dan mungkin tidak akan cukup membahasnya dalam satu artikel. Diantaranya dalam membuat sebuah karya desain, kita membutuhkan penulisan huruf didalamnya, contoh undangan pernikahan. Dalam membuat huruf di CorelDRAW dilengkapi dengan fitur Quick Correct. Fasilitas Quick Correct digunakan untuk mengoreksi secara otomatis setiap terdapat kesalahan dalam pengetikan. Contohnya kegunaan Quick Correct ini berguna untuk mengoreksi penerapan huruf kapital di awal paragraf, mengoreksi huruf kapital pada penulisan nama hari, dan lain-lain. Dengan adanya fitur Quick Correct ini jika kita lupa menulis huruf kapital (besar) diawal paragraf maka setelah dispasi otomatis huruf yang awalnya kecil menjadi kapital.

Disatu sisi kita sangat diuntungkan dengan dilengkapinya fitur Quick Correct ini. Namun terkadang kita ingin menonaktifkannya. Kenapa? Karena mungkin saja dalam mengetik huruf di CorelDRAW kita dituntut untuk mengetik huruf yang tidak harus menggunakan Quick Correct. Contoh, kita ingin mengetik sebuah singkatan sekolah tingkat tsanawiyah. Jika disingkat penulisan Madrasah Tsanawiyah ini adalah MTs. Huruf awal dan kedua adalah kapital, dan selanjutnya huruf ketiganya huruf kecil. Jika Quick Correct CorelDRAW yang Anda gunakan masih aktif, maka otomatis penulisan MTs setelah dispasi akan seperti ini : Mts atau mts. Dengan demikian kita harus menonaktifkan huruf kapital otomatis tersebut atau Quick Correct.

Berikut Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis / Quick Correct Di CorelDRAW

Aktifkan program CorelDRAW yang diinstall di komputer atau laptop Anda. Dalam tutorial ini saya menggunakan CorelDRAW X4. Buat huruf di CorelDRAW seperti bisa dengan cara mengaktifkan Text Tool pada Toolbox atau menekan F8 pada keyboard. Selanjutnya Anda klik menu Text > Edit Text…

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW 1

Setelah kotak dialog Edit Text aktif, klik Options > Text Options… Lebih jelasnya lagi, silakan lihat gambar contoh di bawah ini :

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW 2

Pada langkah ini Anda klik sub-tab Quick Correct. Yang terpenting dalam tahap ini hanya empat point saja, yang kaitannya dengan cara menonaktifkan huruf kapital tersebut. Empat point penting tersebut adalah, lihat pada gambar dibawah yang diberi kotak merah, yaitu :

  1. Capitalize first letter of sentences. Fungsinya untuk mengaktifkan huruf kapital otomatis pertama pada penulisan/pengetikan. Jika Anda mengaktifkan point ini, artinya ketika Anda mengetik dengan huruf kecil semua maka setelah dispasi otomatis huruf pertamanya akan kapital;
  2. Correct two initial, consecutive capitals. Fungsinya untuk mengoreksi setiap kesalahan pengetikan yang terletak pada huruf kedua. Seperti yang sudah dicontohkan diatas, penulisan singkatan Madrasah Tsanawiyah yang benar adalah MTs, bukan MTS atau mts. Maka Anda wajib menonaktifkan point ini jika untuk keperluan tersebut. Karena jika ini masih dicentang, maka setelah mengetik kata MTs setelah dispasi otomatis akan menjadi Mts;
  3. Capitalize names of days. Ini berfungsi untuk mengoreksi penulisan huruf kapital pada awal penulisan nama Hari, Bulan, dan Tahun;
  4. Automatically hyperlink. Berfungsi untuk memberi hyperlink/garis bawah otomatis pada setiap penulisan alamat website dan email setelah dispasi.

Ok, silakan disesuaikan saja bagian mana yang dibutuhkan untuk menonaktifkan huruf kapital otomatis atau Anda ingin menonaktifkan hyperlink otomatis.

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW 3

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara menonaktifkan huruf kapital otomatis pada program CorelDRAW. Semoga ada manfa’atnya khusus bagi yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Oh gini toh caranya. Haha. Suka dibikin jengkel kalau pengen nulis huruf kecil semua eh malah dibetulin koreksi otomatis.

    • Iya mas kuncinya hanya menonaktifkan QuickCorrect saja. Begitupun program-program lainnya ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *