Home / WordPress / Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Disable Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin – Cara ini terkadang kita butuhkan ketika kita tidak bisa mengakses halaman Dashboard (WP-Admin) WordPress. Penyebab utama kita tidak bisa masuk ke Dashboard adalah karena ada salahsatu plugin WordPress yang bermasalah. Hal ini sempat saya alami juga, sehingga tampilan halaman blog blank/putih.

Baca Juga : Cara Mudah Disable Plugin WordPress Melalui cPanel Hosting

Biasanya jika kita ingin menginstall, mengaktifkan, dan menonaktifkan plugin WordPress adalah melalui pintu masuk wp-admin untuk menuju ke halaman dashboard. Namun masalahnya kita sama sekali tidak mengakses halaman dashboard tersebut. Solusi satu-satunya adalah menonaktifkan plugin WordPress melalui cPanel Hosting.

Resiko menggunakan plugin WordPress terkadang memberikan efek buruk terhadap blog. Selain akan menambah beban loading server dan juga yang paling parah adalah blog tidak bisa diakses.

Jika tampilan blog secara tiba-tiba blank atau hanya warna putih saja, itu artinya ada masalah di salahsatu plugin yang terpasang. Atau bisa juga themes/template yang bermasalah.

Kesempatan ini saya akan memberikan solusi ketika blog tampilannya blank putih dengan cara menonaktifkan plugin WordPress melalui phpMyAdmin. Kesempatan lain akan saya bahas juga cara menonaktifkan dan menginstall themes WordPress dari phpMyAdmin.

Berikut Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin

Pertama untuk melakukan disable plugin WordPress melalui phpMyAdmin adalah Anda harus login di cPanel hosting. Kemudian Anda masuk ke phpMyAmin dan caranya Anda bisa lihat pada artikel ini.

Jika halaman phpMyAdmin sudah tampil dengan sempurna, silakan Anda klik pilih wp_options Contoh disini Database yang saya gunakan menggunakan nama “menarik”.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin

Silakan Anda cari option_name active_plugins Jika di halaman pertama tidak ditemukan, Anda cari pada halaman-halaman berikutnya dengan klik Next >.

Cara-Menonaktifkan-Plugin-WordPress-Melalui-phpMyAdmin-cPanel-2

Anda lihat penampakkannya pada gambar di bawah! Jika active_plugins sudah ditemukan, sekarang Anda klik pilih Edit (gambar pensil).

Cara-Menonaktifkan-Plugin-WordPress-Melalui-phpMyAdmin-cPanel-3

Sekarang lihat gambar di bawah yang diberi kotak merah. Nah itu adalah script plugin WordPress yang kita gunakan. Blog ini hanya menggunakan 6 plugin saja, yaitu : Akismet, Contact Form 7, Hierarchical HTML Sitemap, WordPress Popular Post, WordPress SEO, dan WP-Optimize.

Cara-Menonaktifkan-Plugin-WordPress-Melalui-phpMyAdmin-cPanel-4

Coba cermati setiap script plugin yang berada pada gambar yang diberi kotak merah tersebut. Masing-masing plugin diawali dengan huruf “i” dan diakhiri dengan “.php”;“. Setelah huruf “i” terdapat nomor (angka) urutan plugin yang dimulai dari angka 0 sampai dengan angka 5 (contoh disini saya menggunakan 6 plugin).

Pada awal script ada tulisan “a:6:” artinya jumlah plugin yang aktif ada 6 plugin. kemudian semua script plugin disimpan didalam tanda kurawal “{}“.

Cara-Menonaktifkan-Plugin-WordPress-Melalui-phpMyAdmin-cPanel-5

Jika kita ingin menonaktifkan salah satu plugin, tinggal memilih plugin mana yang mau kita disable. Misal kita ingin menonaktifkan plugin WordPress SEO, maka hasilnya akan seperti ini :

Cara-Menonaktifkan-Plugin-WordPress-Melalui-phpMyAdmin-cPanel-6

Sebaiknya sebelum melakukan perubahan, Anda copy paste dulu semua script tersebut ke Notepad atau yang lainnya.

Yang harus diperhatikan adalah setelah kita membuang script plugin yang ingin kita nonaktifkan, kita harus merubah angka pada awal script sesuai dengan jumlah plugin yang aktif. Awalnya adalah “a:6:” menjadi “a:5:“. Dan juga angka susunan plugin yang aktif harus kita rubah.

Namun jika kita ingin menonaktifkan semua plugin yang terpasang di WordPress, maka caranya mudah. Kita tinggal menghapus semua script tersebut dan kita ganti dengan kode berikut :

a:0:{}

Anda lihat setelah huruf “a:” terdapat angka “0” dan didalam tanda kurawal “{}” tidak ada script apapun. Itu artinya nanti semua plugin WordPress akan nonaktif/disable.

Jangan sampai lupa, setelah melakukan perubahan Anda klik pilih Go/Kirim untuk menyimpan setiap langkah Anda.

Silakan Anda cek login di wp-admin untuk masuk ke halaman dashboard. Jika tetap masih belum bisa, artinya bukan plugin yang bermasalah. Besar kemungkinan adalah themes/template yang Anda gunakan.

Namun jika Anda sekarang bisa login di wp-admin, sekarang tugas Anda adalah mengecek satu persatu plugin. Anda aktifkan secara bertahap semua plugin yang terpasang. Temukan plugin mana yang bermasalah …

Mungkin hanya itu saja tutorial tentang Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel Hosting. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. terima kasih mas tutorialnya mantabbssss, ane nyari” caranya eh ternyata ada di blog indo hehe. ane sekarang dah bisa. thx :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *