Home / Microsoft Office / Cara Lengkap Menyembunyikan Sheet Tertentu dan Semua Sheet Di Office Excel

Cara Lengkap Menyembunyikan Sheet Tertentu dan Semua Sheet Di Office Excel

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel – Sering kita lihat aplikasi Excel yang dibuat oleh master Excel tampilannya agak unik dari yang biasanya. Salah satu diantaranya adalah mereka akan menyembunyikan Sheet Excel. Dengan begitu kita tidak tahu berapa jumlah Sheet yang digunakan dalam aplikasi tersebut. Sepertinya mereka dengan sengaja menyembunyikan Sheet Excel tersebut agar tidak diketahui oleh orang lain. Atau mungkin maksud menyembunyikan Sheet adalah agar tampilan aplikasi yang dibuat terkesan rapih. Selain itu mereka juga akan menghapus baris dan kolom yang tidak terpakai, dan menyembunyikan fitur-fitur lainnya yang dianggap kurang penting untuk ditampilkan. Lalu apakah kita juga bisa untuk menyembunyikan Sheet Excel? Jawabannya tentu saja bisa!

Baca Juga : Cara Simple Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Di Office Excel Dengan Cepat

Perlu digaris bawahi kalau menyembunyikan Sheet Excel disini adalah berbeda dengan menghapus Sheet. Artinya Sheet Excel hanya sembunyi atau tidak terlihat saja dan jika kita butuhkan tinggal memanggil kembali untuk ditampilkan.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (0)

Dalam menyembunyikan Sheet Excel terdapat beberapa langkah yang dapat kita lakukan. Kita bisa menyembunyikan Sheet Excel satu-persatu dan juga bisa menyembunyikan semua Sheet Excel sekaligus. Biasanya jika kita mengambil kesimpulan untuk tidak menampilkan semua Sheet Excel maka akan dibuat tombol Hyperlink didalamnya. Tombol-tombol Hyperlink ini adalah sebagai pengganti tombol Sheet yang telah disembunyikan.

Berikut Cara Menyembunyikan Sheet di Microsoft Office Excel

Disini saya membuat contoh dalam Microsoft Office Excel 2007. Untuk versi Office lainnya tinggal menyesuaikan saja karena pada intinya masih sama saja.

Silakan Anda buka Office Excel yang sudah terpasang di komputer atau laptop. Kemudian Anda pilih Sheet mana yang akan disembunyikan. Secara default ketika kita mengaktifkan Office Excel maka akan ditampilkan sebanyak 3 Sheet, jika diperlukan kita masih bisa menambah Sheet sampai tidak terbatas jumlahnya.

Setelah memilih Sheet yang akan disembunyikan kemudian Anda klik pilih menu Format yang ada di meu Home. Selanjutnya Anda klik pilih submenu Hide & Unhide > Hide Sheet. Dengan melakukan langkah ini maka kini Sheet yang Anda pilih tadi akan hilang dan ingat bukan terhapus tapi hanya sembunyi (hide) saja.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (1)

Jika kita bermaksud ingin menampilkannya kembali Sheet yang telah disembunyikan tadi maka caranya sangat mudah juga, kita tinggal kembali klik pilih menu Format yang ada di menu Home kemudian klik Hide & Unhide > Unhide Sheet.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (2)

Setelah memilih submenu Hide & Unhide > Unhide Sheet seperti dicontohkan diatas maka nanti akan muncul pop-up Unhide seperti dibawah ini :

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (3)

Dalam contoh tadi saya telah menyembunyikan Sheet3 saja, jika Anda telah menyembunyikan banyak Sheet maka dalam kotak dialog Unhide ini akan tampil beberapa deretan Sheet yang telah disembunyikan. Silakan Anda pilih Sheet mana yang akan ditampilkan kemudian klik OK.

Untuk menyembunyikan Sheet Excel selain dengan menggunakan cara diatas, cara cepatnya kita bisa juga dengan melakukan cara berikut. Pilih Sheet yang akan disembunyikan, contoh disini Sheet3. Kemudian klik kanan disitu dan klik pilih Hide.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (4)

Sayangnya dengan cara diatas kita tidak bisa menyembunyikan semua Sheet Excel. Menggunakan cara diatas kita meski menyisakan satu Sheet sebagai Sheet default projek Excel kita. Lalu bagaimana jika kita ingin menyembunyikan semua Sheet tanpa harus menyisakan Sheet satupun, apakah bisa? Ya jawabannya tentu saja bisa!

Kemudian dengan menggunakan cara diatas kita juga tidak bisa membuat Hyperlink seperti yang sudah saya singgung diatas. Jika kita membuat Hyperlink lalu melakukan hide Sheet seperti diatas maka tombol Hyperlink tidak akan berfungsi.

Untuk menyembunyikan semua Sheet di Office Excel dan agar tombol Hyperlink dapat berfungsi dengan baik maka lakukan cara berikut. Dari Office Button kemudian klik pilih Excel Options.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (5)

Klik pilih Advanced dan pada Display options for this workbook Anda hilangkan centang/checklist pada Show sheet tabs. Dengan menghilangkan centang tersebut maka kini semua Sheet yang berada di Excel berapapun jumlahnya akan lenyap (sembunyi).  Bagaimana mudah bukan?

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (6)

Sebagai pelengkap saja, selain dengan menggunakan ketiga cara diatas dalam menyembunyikan Sheet Excel kita juga bisa melakukannya melalui Visual Basic (VBA). Silakan Anda buka layar kerja Visual Basicnya dengan cara cepat tekan Alt+F11 pada keyboard. Kemudian klik pilih menu Insert > Module.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (7)

Sisipkan kode berikut pada layar kerja Module yang baru saja kita buat :

Sub Hide()
 Sheets("Sheet1").Visible = False
End Sub

Anda ubah atau sesuaikan pada kode Sheet1 diatas dengan nama Sheet yang akan disembunyikan. Setelah itu klik pilih Sheet yang akan disembunyikan dengan kode ini dan klik Run Macro atau tekan F5 di keyboard untuk menjalankan kode.

Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel (8)

Lihat hasilnya! Seharusnya sekarang Sheet yang tadi Anda pilih sudah hilang atau sembunyi. Lalu bagaimana jika kita ingin menampilkannya kembali apakah bisa juga dengan menggunakan kode? Silakan gunakan kode ini untuk menampilkan Sheet yang tadi telah Anda sembunyikan.

Sub Show()
 Sheets("Sheet1").Visible = True
End Sub

Sesuaikan juga pada Sheet1yang akan Anda tampilkan dan klik Run Macro juga untuk menjalankan kode.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Menyembunyikan Sheet Di Office Excel. Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi mereka yang membutuhkannya. Sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Belajar office excel juga enak dan banyak pengembangannya ya kang ? apalagi kalau bisa di modif sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kita seperti dengan cara menyembuyikan sheet di Office excel yang ada di tutorial seperti ini, dan penyampaianya [un sangat jelas dn mudah diikuti. Makasih kang.

    • Iya kang Indra saya lagi banyak belajar dengan Office khususnya di Excel kang. Awalnya tuntutan pekerjaan di Sekolah yang sudah mulai serba aplikasi Fungsi Excel kang untuk memudahkan pengerjaan Administrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *