Home / Teknologi / Cara Mudah Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer

Cara Mudah Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer

Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer – Semakin banyaknya file yang tersimpan di komputer entah itu file dokumen, gambar, video, dan sebagainya tentunya akan menyulitkan kita jika suatu saat kita membutuhkan kembali file tersebut. Apalagi jika file-file tersebut kita simpan secara tidak beraturan atau tidak buat kelompok tertentu. Sebaiknya file-file tersebut Anda simpan di komputer dengan teratur. Kita buat kelompok tertentu berdasarkan jenis file tersebut. Misal kita buat folder dengan nama “Dokumen Word” yang didalamnya berisi sekumpulan file-file dokumen saja. Dengan melakukan cara ini, maka ketika kita membutuhkan file tersebut akan lebih mudah dalam menemukannya. Namun jika sudah terlanjur membuat file dan folder yang tidak beraturan, Anda bisa dengan cepat mengubah nama file atau folder menggunakan trik tertentu.

Baca Juga : Cara Mengatur Auto Save Office Word Agar File Lebih Cepat Tersimpan Secara Otomatis

Selain dengan membuat kelompok folder berdasarkan jenis file tertentu, ketika kita bingung mencari file yang telah dibuat bisa juga dengan memanfaatkan fitur Pencarian (Search) Windows. Terbukti dengan menggunakan pencarian Windows bisa lebih cepat dalam menemukan file tertentu. Kecuali jika kita telah lupa kata kunci file tertentu. Karena pencarian Windows juga mengandalkan kata kunci yang kita masukkan. Jika kata kuncinya lupa, lalu mau apa yang dicari? Dengan begitu mungkin satu-satunya cara adalah dengan mencari file secara manual saja.

cara-menyimpan-pencarian-di-windows-explorer-1

Namun tahukah Anda bahwa hasil pencarian kita di Windows itu bisa kita simpan. Maksudnya adalah pertama untuk lebih mempercepat proses lagi jika suatu saat membutuhkan file pencarian tersebut. Atau bisa juga dikhawatirkan kedepannya kita lupa dengan kata kunci dari file itu sendiri. Dengan menyimpan pencarian maka selanjutnya kita hanya cukup klik atau membuka file tersimpan tersebut.

Berikut Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer

Kenapa saya katakan Windows Explorer? Karena seperti yang sudah kita tahu bahwa jendela Windows yang bisa menampilkan seluruh isi komputer adalah hanya terdapat di Windows Explorer. Jendela Windows Explorer juga adalah fitur tercepat Windows ketika kita ingin mencari file atau folder tertentu di komputer.

Bukan hal yang sulit untuk masuk ke jendela Windows Explorer. Ketika komputer masih menggunakan Windows XP, untuk masuk ke halaman Explorer adalah dengan cara klik kanan pada Start dan Explorer. Namun setelah Windows berkembang khususnya lagi setelah Windows 7, 8, dan 10 kita bisa melihat jelas folder kuning yang terpasang di Taskbar dekat tombol Start. Nah folder tersebut adalah folder untuk menuju ke halaman Windows Explorer. Kemudian untuk lebih mempercepat lagi kita bisa juga dengan menekan Windows+E pada keyboard.

Jika sekarang Anda sudah berada di jendela Windows Explorer, untuk memunculkan kolom pencarian cara cepatnya Anda bisa menekan Ctrl+F pada keyboard. Kemudian Anda ketikkan kata kunci file yang akan dicari, misal disini saya akan mencari file dengan kata kunci “Cara Membuat” kemudian Enter.

Maka seketika juga jendela Windows Explorer akan menampilkan beberapa file yang tersimpan di komputer yang tentunya sesuai dengan kata kunci yang kita cari. Yang ditampilkan bisa berupa folder, file dokumen, gambar, video, dan sebagainya. Nah agar kedepannya tidak kesulitan lagi dalam menemukan file tersebut, silakan Anda klik Save seacrh untuk menyimpannya.

cara-menyimpan-pencarian-di-windows-explorer-2

Sekarang Anda akan diminta untuk menentukan lokasi penyimpanan hasil pencarian tersebut. Disini saya akan menyimpan pencarian di Local Disk D saja. Klik Save untuk menyimpan pencarian.

cara-menyimpan-pencarian-di-windows-explorer-3

Contoh hasil pencarian di Windows Explorer yang telah saya simpan bisa Anda lihat pada gambar di bawah. Kedepannya kita tinggal klik saja folder tersebut jika memang kita butuhkan.

cara-menyimpan-pencarian-di-windows-explorer-4

Folder hasil pencarian di Windows Explorer tersebut juga bisa kita tampilkan di layar desktop. Tentunya hal ini akan lebih mempercepat lagi jika kita menggunakan file hasil pencarian tersebut. Caranya silakan klik kanan pada folder pencarian dan pilih Send to > Desktop (create shortcut).

cara-menyimpan-pencarian-di-windows-explorer-5

Tentunya Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer ini bukan perkara yang sulit dan siapapun bisa mempraktikkannya dengan cepat. Silakan selamat mencoba trik ini dan semoga ada manfaatnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *