Home / Kesehatan / 5 Cara Sederhana Untuk Merawat Rambut Dengan Bahan Alami Layak Anda Coba

5 Cara Sederhana Untuk Merawat Rambut Dengan Bahan Alami Layak Anda Coba

Info-Menarik.NET – Bagi wanita, rambut adalah mahkota, maka tak perlu heran jika mereka sibuk dengan urusan merawat rambut. Ada beberapa wanita yang memang terlahir dengan rambut indah berkilau.

Tak sedikit pula wanita yang terlahir dengan rambut kusut dan kering. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Baca Juga : Ternyata Manfaat Seledri Sangat Ampuh Untuk Merawat Kesehatan Rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut kusut dan susah diatur, tak perlu merasa khawatir. Saat ini ada banyak cara agar rambut menjadi sehat. Salon-salon kecantikan pun berlomba menawarkan produk perawatan rambut terbaik dengan harga yang juga mahal.

Tapi selain itu, ada juga bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Apa sajakah itu?

Berikut Adalah Beberapa Cara Perawatan Rambut Dengan Bahan Alami

1. Telur dan susu

Telur dan susu merupakan dua bahan alami yang efektif untuk merawat rambut. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe.

Cara menggunakannya adalah campurkan 1 butir kuning telur ayam kampung dengan 2 cangkir susu putih tanpa pemanis tambahan. Setelah itu, oleskan ke seluruh helai rambut.

Jika sudah selesai, tutup rambut dengan shower cap. Lalu diamkan selama 15 menit. Gunakan masker rambut dari telur dan susu ini 30 menit setelah keramas dan menggunakan kondisioner.

2. Minyak kedelai

Minyak kedelai memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dalam hal perawatan rambut. Cara menggunakannya yakni campurkan 1 sendok makan minyak kedelai dengan 2 sendok makan minyak jarak.

Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut ke seluruh bagian rambut. Pijat perlahan selama 5 menit. Diamkan selama 30 menit agar meresap sempurna. Setelah itu, bilas dengan cara keramas.

3. Yogurt dan telur

Campuran antara yogurt dan telur sangat bermanfaat dalam menutrisi rambut hingga ke akarnya. Caranya adalah campurkan 1 butir kuning telur ayam kampung dengan 5 sendok makan yogurt.

Lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut. Pijat selama 5 menit lalu diamkan selama 30 menit agar meresap dengan baik. Setelah itu, bilas dengan cara keramas.

4. Seledri

Seledri memang terkenal dengan keampuhannya dalam merawat rambut. Meskipun ribet, tapi masih banyak orang yang menggunakan seledri untuk merawat rambutnya.

Caranya adalah haluskan seledri dengan menggunakan blender. Setelah itu,ekstrak seledri digosokkan pada seluruh bagian rambut. Diamkan selama semalam. Ketika bangun pagi, sisirlah rambut hingga halus lalu tutup kembali selama setengah hari.

5. Jeruk nipis dan santan

Campuran kedua bahan ini sangat berkhasiat merawat rambut. Jeruk nipis ampuh menghilangkan ketombe, sedangkan santan berfungsi melembabkan rambut.

Cara menggunakannya adalah campurkan kedua bahan dengan takaran yang pas. Setelah itu, gosokkan ke seluruh bagian rambut. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan keramas. Lakukan hal ini selama 2 kali dalam seminggu demi hasil yang maksimal.

Meskipun merupakan bahan alami, tapi hasil yang didapatkan juga berbeda-beda untuk tiap jenis rambut. Jadi jangan mudah menyerah pada pemakaian awal hanya karena belum ada hasil.

Perlakuan terhadap rambut juga berpengaruh. Hindari mengikat rambut terlalu kuat karena itu hanya akan membuat rambut jadi mudah patah.

Nah, itu dia beberapa cara sederhana untuk merawat rambut dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Rambut sehat saja tentu tidak lengkap. Model rambut terbaru yang sedang tren saat ini juga akan menambah kesan menawan

Rawi Muin

Wanita kelahiran Makassar 1992. Salah seorang penulis konten di www.fpedia.id tema Kesehatan, Kecantikan, Fashion, Kata Inspiratif, Dunia Kerja, dan tema menarik lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *