Home / WordPress / Cara Merubah Gambar Default Avatar WordPress Tanpa Plugin

Cara Merubah Gambar Default Avatar WordPress Tanpa Plugin

Cara Merubah Gambar Default Avatar WordPress Tanpa Plugin – Jika email Anda sudah terdaftar di web gravatar.com dan mencantumkan gambar atau photo sebagai gambar profil, maka jika Anda berkomentar di web yang menyediakan kotak komentar yang sudah terintegrasi dengan web gravatar.com seperti web platform WordPress, dan Anda berkomentar menggunakan email yang sudah terdaftar di web gravatar.com, maka dikotak komentar akan muncul gambar profil Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Robots.txt Di WordPress Dengan Mudah

Tapi sebaliknya jika email Anda yang digunakan ketika berkomentar di web platform WordPress (WordPress.com dan WordPress.org) belum terdaftar di gravatar.com, maka photo profil yang muncul adalah gambar default avatar WordPress.

Selanjutnya khusus bagi Anda pengelola web WordPress dan khususnya lagi WordPress domain self hosting (domain TLD), Anda bisa merubah gambar default avatar WordPress Anda dengan gambar yang Anda tentukan sendiri. Nanti jika pengunjung blog WordPress Anda berkomentar dengan email yang belum terdaftar di gravatar.com, gambar profilnya yang muncul adalah gambar yang telah ditentukan oleh Anda.

Cara merubah gambar default avatar WordPress bisa Anda lakukan dengan menggunakan Plugin, tapi disini saya akan membahas tanpa Plugin.

Secara default WordPress menyediakan tujuh gambar avatar atau gravatarnya bagi yang berkomentar menggunakan email yang belum terdaftar di gravatar.com. Bisa Anda lihat di Dashboard WordPress > Settings > Discussion. Disitu hanya tersedia : Mystery Man, Blank, Gravatar Logo, Identicon (Generated), Wavatar (Generated), MonsterID (Generated), dan Retro (Generated).

cara-merubah-gambar-default-avatar-wordpress-1

Mungkin Anda bosan dengan tampilan gambar default avatar WordPress, dan Anda ingin merubahnya dengan gambar yang tentukan sendiri dan yang paling penting tanpa harus menggunakan plugin. Sebagai contoh, Anda bisa lihat di kotak komentar blog Info Menarik, boleh Anda coba dengan berkomentar menggunakan email yang belum terdaftar di gravatar.com.

Jika tertarik, saya akan coba memberikan solusinya. Pertama dalam Cara Merubah Gambar Default Avatar WordPress adalah, Anda harus sudah mempunyai gambar yang akan dijadikan untuk merubah gambar default avatar WordPress. Anda bisa membuatnya dengan program pengolah gambar Adobe Photoshop atau program basis vektor CorelDRAW. Tapi jika Anda tidak mau ribet dengan harus membuat sendiri gambar untuk dijadikan gambar avatar, sebagai pilihan dan untuk memudahkan proses Anda bisa memanfa’atkan web online penyedia gambar icon gratis, sebagai referensi web www.iconspedia.com dan masih banyak lagi, silahkan search di google.

Jika Anda ingin membuat sendiri gambar iconnya, saya sarankan buatlah gambar yang berdimensi panjang dan lebar sama sisi, misal 32×32, 52×52, 68×68, 72×72, 100×100, dan lain-lain. Untuk meringankan loading blog nantinya, Anda cukup memberi resolusi 72 pixel saja. Untuk file format, Anda bisa memberi format .jpg, .png, dan .gif. Dan yang terpenting, Anda harus menyesuaikan dengan ukuran gambar avatar di kotak komentar WordPress yang sedang Anda gunakan saat ini, contoh gambar avatar yang saya setting di web Info Menarik adalah 68×68.

Untuk avatar bagi yang berkomentar belum terdaftar emailnya di gravatar.com, saya setting gambarnya seperti ini :

cara-merubah-gambar-default-avatar-wordpress-2

Jika Anda tertarik ingin mencoba gambar seperti diatas, silakan unduh di bawah ini :

Setelah Anda sudah mempunyai gambar yang tepat untuk dijadikan dalam merubah gambar default avatar WordPress, upload gambar tersebut ke root direktori public_html dan pada folder images themes yang Anda gunakan melalui CPanel tempat Anda sewa Hosting. Cara pergi ke File Manager melalui CPanel Hosting bisa Anda lihat di tulisan Cara Backup Semua Konten Di WordPress.

Simpan atau upload gambar avatar baru Anda di root public_html > wp-content >themes > [nama tema yang Anda gunakan] > images. Jika tema yang Anda gunakan belum mempunyai folder images, sebaiknya Anda membuat dulu foldernya. Gambar avatar yang saya upload, diberi nama gravatarbaru.png.

cara-merubah-gambar-default-avatar-wordpress-3

Setelah Anda sukses upload gambar di folder images tema yang Anda gunakan, sekarang Anda login ke wp-admin WordPress untuk masuk ke Dashboard. Copy dan paste kode berikut dan tempatkan di menu Appereance > Editor > functions.php

add_filter( 'avatar_defaults', 'newgravatar' );
 function newgravatar ($avatar_defaults) {
 $myavatar = get_bloginfo('template_directory') . '/images/gravatarbaru.png';
 $avatar_defaults[$myavatar] = "Info Menarik";
 return $avatar_defaults;
 }

Keterangan kode :

$myavatar = get_bloginfo('template_directory') . '/images/gravatarbaru.png';

Ganti nama file gambar gravatarbaru.png dengan nama file gambar yang sesuai dengan Anda upload di folder images.

$avatar_defaults[$myavatar] = "Info Menarik";

Ganti Info Menarik dengan nama lain yang Anda inginkan.

Tempatkan kode diatas di functions.php paling bawah dan sebelum penutup kode .php yang ada di functions.php tema yang Anda gunakan. Penutup .php adalah ?> untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah :

=cara-merubah-gambar-default-avatar-wordpress-4

Jika semua setting diatas sudah Anda sesuaikan, klik Update File untuk menyimpan semua proses pengaturan baru Anda.

Sekarang Anda pergi ke Menu Settings > Discussion. Jika sukses, seharusnya sekarang gambar default avatar WordPress Anda sudah bertambah. Semua ada tujuh, sekarang menjadi delapan, dan gambar avatar baru Anda akan ada di paling bawah. Contoh pada kode diatas, saya memberi judul atau nama pada gambar avatar baru adalah Info Menarik (lihat gambar dibawah). Anda sekarang tinggal memilihnya, lalu klik Save Changes.

cara-merubah-gambar-default-avatar-wordpress-5

Jika gagal, ulangi lagi langkahnya dari awal kemungkinan Anda melakukan kesalahan. Selamat mencoba dan semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

16 comments

  1. wah… mudah sekali ya kalau kita pake self hosted…. , tapi kalau saya sendiri masih bingung gan soal Wp self hostet

    • Bingung kenapa gan? Mungkin saya bisa bantu semampunya … Dengan domain TLD kita bisa lebih bebas berkreasi, dicoba gan … :)

  2. Mantabh Mas, saya pake yang standar-standar aja sih. Palingan ganti icon aja..

  3. Kalau mengubah avatar penulis tanpa plugin bisa gak?

  4. Kalau mengubah avatar penulis tanpa plugin bisa gak yah?

  5. Valentino Febrian Saputra | Official Website

    Wah mantap nih mas,, jadi lbih unik klo bsa diubah2

  6. Valentino Febrian Saputra | Official Website

    Dan juga tentunya akan lebih menarik kalau diubah gk cma default sja.. thanks

  7. Saya jadi ingat waktu ingin mengubah gambar avatar penulis, syukurnya ada lugin wordpressnya.

  8. Siph, ketemu juga tutornya. Thanks..

  9. ntr dicoba deh, pake plugin bagus juga, cuman loading tema kdg jadi berat sih, gambar medsosnya di upload satu-satu ya mas ? mksh

  10. trimakasih infonya mas…saya masih newbie jadi bermanfaat banget buat saya :)
    saya coba di website saya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *