Home / Teknologi / Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static

Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static

Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static – IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Dan disini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang IP Address. Disini saya hanya akan berbagi cara merubah IP Address yang semula Dynamic menjadi IP Address Static.

Kenapa alamat IP harus dirubah konfigurasinya? Secara otomatis IP Address di komputer itu adalah IP Dynamic. Namun terkadang kita harus merubah pengaturan IP Addres tersebut. Contoh kasus, komputer server warnet IP Addressnya harus disetting menjadi IP Static.

Kenapa IP Address komputer server warnet harus dirubah? Karena komputer server warnet biasanya terpasang billing sebagai aplikasi alat hitung pembayaran. Dari billing server terhubung melalui LAN ke masing-masing billing client. Di komputer client agar terhubung ke server maka IP Address billing client harus disetting disamakan dengan IP Address yang berada di server.

Coba bayangkan jika IP Address server adalah IP Address Dynamic, maka setiap komputer server shutdown dan kembali menyala (bukan restart) maka IP Address akan berubah. Karena memang IP Address Dynamic selalu berubah-berubah. Jika demikian tentunya akan menyulitkan Anda untuk selalu setting IP Address billing client setiap komputer server mati.

Nah agar Anda tidak terus melakukan setting IP Address billing komputer client, jalan satu-satunya Anda mengkonfigurasi IP Address komputer server menjadi IP Static. Karena dengan menentukan IP Address Static, maka IP Address tidak selalu berubah ketika komputer shutdown. Artinya IP Addressnya menjadi permanen.

Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static

Jika Anda ingin membuat pengaturan IP Address Dynamic menjadi Static pada lingkungan Windows caranya adalah sebagai berikut. Disini saya memberi contoh di komputer OS Windows 7.

Dari menu Start > Control PanelSetelah Control Panel aktif, klik View network status and task.

Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static 2

Karena pada membuat tutorial ini saya menggunakan jaringan internet modem Telkomsel, maka yang tampil adalah T-sel volume based. Tapi biasanya jika Anda menggunakan jaringan internet Speedy yang tampil adalah Local Area Connection.

Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static 3

Setelah Anda menentukan link Connections yang akan dirubah pengaturan IP Addressnya, selanjutnya klik Properties.

Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static 4

Disini Anda pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), dan setelah menentukan TCP/IP klik Properties.

Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static 5

Klik Use the following IP Address dan silahkan Anda tentukan secara manual seluruh konfigurasinya. Konfigurasi yang Anda isi diantaranya : IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, Preffered DNS Server, Alternate DNS Server. Karena saya menggunakan modem, seperti yang sudah diterangkan diatas. Maka pilihan following IP Addressnya hanya satu kolom. Tidak tersedia Subnet Mask dan Default Gateway.

Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static 6

Berikut contoh untuk setting IP Address manual atau Static. Dan ingat ini hanya contoh saja. Silahkan Anda browsing di Google untuk mencari variasi IP Address lainnya.

  1. IP Address : 192.168.1.100
  2. Subnet Mask : ini biasanya otomatis terisi ketika kita sudah mengisi kolom IP Address, contoh 255.255.255.0
  3. Default Gateway : 192.168.1.1
  4. Preffered DNS Server : 50.23.239.24
  5. Alternate DNS Server : 208.67.222.222

Mungkin hanya itu tulisan tentang Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

18 comments

  1. Berkunjung dimari..
    Lengkap banget penjelasan tentang IP.nya jadi.sedikit paham,
    Mantap bang, lanjutkan…

  2. In Love Story

    Artikel nya sangat membantu.. sebelumnya kalau saya mau akses Cpanel rada ribet, setelah baca artikel ini jadi ngerti cara setting nya.
    Terima kasih gan..

    • Ok gan sama-sama. Ma’af sebelumnya komentar Anda saya edit karena ada link aktifnya.

  3. Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi IP yg sangat berguna sekali.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di lpug[dot]gunadarma[dot]ac[dot]id/sertifikasi

  4. kebetulan lagi belajar set warnet sendiri gan …
    masalah yg saya hadapi setiap IP static yg saya gunakan tidak bisa connect …. hanya bisa connect di obtain IP saja … mohon pencerahannya gan .. makasih

    • Melakukan perubahan IP dari Dynamic ke Static, IP Address diambil dari alamat IP yang semula tampil otomatis di komputer.

      • IP otomatis itu IP defaultnya ya gan ? udah coba tapi masih gagal gan …. mohon pencerahannya … apa perlu set modem atau hanya di kompi sja gan ?

        • Kalau menggunakan IP Address default masih error itu tandanya masalah ada di modem gan. Coba menggunakan modem lain dulu.

  5. Kalo semua ip sama pada setiap komputer client. Itu gimana yah?
    Apa pake ip static juga ?
    Atau ada caranya mungkin ?

    • Mustahil semua IP Address di semua client sama! Jika sama nanti hubungan koneksi internetnya akan bermasalah. Gunakan IP Address Static saja!

  6. kalau saya makai internet indihome.ip dari telkom kan dynamic bisa gak diubah ke static untuk ip nya biar gak berubah2?

    • Biasanya bisa! Tapi untuk lebih pastinya silakan dicoba aja dulu dan kalau tidak bisa tinggal dirubah lagi ke IP Static.

  7. menarik sangat membantu..karena berbagi itu indah dan mendapat pahala ..
    semoga sukses lagi kawan .. good luck salam kenal saya..

  8. Itu kalau pake sambungan Lan On Board juga sama kah ka cara settingannya??? Soalnya masalah yang aku alami begitu juga Ip Address suka ganti” sendiri. Kalau pake cara itu apakah bisa jadi permanen ka? Toling Pencerahannya ka soalnya aku masih proses pembelajaran di TKJ dan lagi buat usaha WARNET

    • Sebaiknya dicoba aja dulu mas dengan langkah-langkah diatas dan nanti mas sendiri akan mengetahui hasilnya. Sayapun saya melakukan hal itu ketika setting komputer-komputer warnet.

  9. Ini waktu saya ubah menjadi static, saya masukkan IP dll seperti di atas, setelah saya ok dan saya close. waktu saya buka lagi, tcp/ip4 menjadi otomatis kembali. kalau seperti itu bagaimana pemecahan permasalahannya?

  10. Itu tutorial untuk ip local ya? , kalau untuk ip public gimana mas caranya ?

    Mohon pencerahannya mas, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *