Home / WordPress / Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress

Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress

Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress – Kelebihan WordPress.org dibanding WordPress.com adalah diberinya keleluasaan pengguna untuk edit kode seperti PHP, CSS, dan lain-lain. Salahsatu diantaranya adalah kita bisa merubah blog platform WordPress.org yang semula nofollow menjadi blog dofollow. Karena memang untuk merubah nofollow menjadi dofollow pada blog seperti WordPress, kita harus sedikit melakukan perubahan pada script PHP. Namun ada juga cara mudahnya dengan menggunakan Plugin. Tapi saran saya kalau hanya sekedar merubah blog nofollow menjadi blog dofollow sebaiknya jangan menggunakan plugin. Karena untuk merubah nofollow menjadi dofollow di WordPress kita tidak harus banyak mengerti kode. Hanya sedikit saja langkah-langkah untuk merubah blog yang awalnya nofollow menjadi dofollow atau sebaliknya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress

Sebelum dilanjut materinya, mari kita bahas dulu apa sih blog nofollow dan dofollow itu? Lalu apa kelebihan serta kekurangannya jika kita merubah status blog nofollow menjadi blog dofollow?

Untuk pembahasan lengkap tentang pengertian blog nofollow dan dofollow serta cara mengetahui blog lain apakah statusnya nofollow atau blog dofollow bisa dilihat pada tulisan sebelumnya tentang Cara Mengetahui Blog Dofollow Dan Nofollow. Sekarang saya akan coba menerangkan apa kelebihan / keuntungan serta kekurangan / kelemahan jika blog kita statusnya nofollow serta dofollow.

Kelebihan Jika Status Blog Nofollow Dan Dofollow

Masing-masing status blog antara nofollow dan dofollow mempunyai kelebihan serta kekurangannya. Untuk blog statusnya nofollow kelebihannnya adalah akan disukai atau disenangi oleh search engine seperti Google. Karena intinya blog dofollow itu adalah sebuah blog yang memberikan status link di kotak komentar menjadi dofollow. Artinya membiarkan search engine merayapi link tersebut hingga menjadi sebuah backlink. Dengan mudahnya kita membuat status link di kotak komentar menjadi dofollow, maka Google akan mengganggap blog tersebut telah bertindak SPAM. Maka dari itu blog status nofollow akan lebih disenangi Google daripada blog dofollow.

Karena status blog nofollow, maka kotak komentar tidak akan dipenuhi dengan komentar SPAM atau komentar yang tidak nyambung dengan artikel. Rata-rata blog nofollow komentar-komentarnya berisi dengan komentar relevan dengan artikel. Para pemburu backlink tidak akan memberikan komentar di blog nofollow. Ini artinya, blog status nofollow akan bersih dari komentar-komentar yang hanya bertujuan mencari backlink saja.

Adapun kelebihan blog yang berstatus dofollow adalah blog akan dibanjiri dengan pengunjung-pengunjung pencari backlink. Ini akan berakibat kepada lonjakan trafik dalam sesaat. Blog dofollow komentar artikelnya tidak akan pernah sepi walaupun pemilik blog sama sekali tidak pernah rutin update artikel. Pemburu backlink gratis sudah tidak perduli dengan masalah update artikel, pagerank blog, nilai alexa blog, dan lain-lain. Yang ada dalam pikiran pemburu backlink hanyalah status blog tersebut adalah dofollow. Anda bisa lihat blog status dofollow, pasti minimal jumlah komentarnya adalah 500 keatas.

Kekurangan Jika Status Blog Nofollow Dan Dofollow

Sedangkan kekurangannya untuk blog nofollow adalah blog akan sepi pengunjung. Artikelnya tidak akan dibanjiri dengan komentar. Kecuali jika kita rajin melakukan blogwalking atau memang pemilik blog sudah menjadi blogger terkenal. Namun apalah artinya sebuah komentar, jika komentar tersebut hanya membuat SPAM blog saja.

Kemudian untuk kekurangan blog berstatus dofollow adalah seperti yang sudah diterangkan diatas adalah blog akan dibenci oleh Google. Biasanya blog dofollow nilai alexanya tidak akan stabil. Blog akan dibanjiri dengan komentar-komentar yang tidak bermutu. Banyak yang menulis artikel asal-asalan. Karena memang orang yang menulis komentar di blog dofollow adalah intinya hanya mencari backlink saja.

Setelah mengetahui masing-masing kekurangan serta kelebihan blog nofollow dan dofollow, sekarang pilihan keputusannya terserah Anda. Apakah Anda memilih status blog nofollow atau dofollow?

Berikut Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress

Jika Anda berminat ingin merubah status blognya menjadi dofollow, sekarang saya akan coba terangkan caranya. Cara ini hanya untuk blog CMS WordPress saja, itupun WordPress.org.

Cara merubah nofollow menjadi dofollow di blog WordPress, pertama kita harus login dulu di cPanel Hosting. Karena letaknya kode untuk merubah nofollow menjadi dofollow berada di direktori utama WordPress.

Setelah login di cPanel, buka File Manager dan public_html. Kemudian buka folder wp-includes dan comment-template.php. Setelah itu Anda klik Edit untuk merubah kode tertentu agar blog menjadi dofollow.

Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress 1

Temukan didalamnya kode php seperti berikut :

"<a href='$url' target=' _blank' rel='external nofollow' class='url'>$author</a>"

Kemudian hapus kata nofollow yang ada didalam comment-template.php.

Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress 2

Sekarang buka lagi direktori utama wp-includes kemudian klik default-filter.php dan Edit.

Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress 3

Didalamnya Anda cari kode php seperti berikut :

add_filter( 'pre_comment_content',      'wp_rel_nofollow'

Kemudian tambahkan kode # pada awal kode php tersebut. Terakhir klik simpan dan selesai.

Cara Merubah Nofollow Menjadi Dofollow Di WordPress 4

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba tutorial cara merubah nofollow menjadi dofollow khusus di blog CMS WordPress. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya khusus yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

22 comments

  1. Dwi sugiarto

    Buat pengguna blogger cukup nyimak saja.Siapa tahu bisa kr WordPress. Org

  2. LittleCubic PS RO

    Hey therе! Someone іn my Facebook group ѕhared this site with us
    so I ϲame to check it out. I’m definitely enjoying thе information. I’m book-marking annd will be tweeting this to my
    followeгѕ! Exceptional blog and superb design and style.

  3. Vitus Polikarpus

    Terima kasih tutorialnya, telah saya praktekkan dan berhasil di rwpjatijajar.com
    Teruslah berbagi, semoga menjadi berkat bagi banyak orang

    Salam eCommerce !

  4. Dengan adanya kekurangan dan kelebihan tersebut kita bisa memilih mana yang akan diterapkan pada blog kita mau dofollow atau nofollow, namun tentunya kita harus menerima segala konsekwensinya. Terima kasih sudah berbagi. Oya kapan-kapan jika ada waktu luang berkunjung juga ke blog saya ya di cara-qudrat.com. Salam sukses.

  5. klo menurut saya sama aja gan…
    asalkan bisa seleksi aja, dan jangan approve yang melakukan spam gitu aja.

  6. Terima kasih sharingnya om tentang dofollow and nofollow nya, sangat membantu buat saya yang newbie..Sukses
    Baca juga artikel saya ya Om..Tentang Cara hidup sehat

  7. doffolow backlink, post menarik juga gan.
    di coba backlink backlink dogollow lainya di sini
    Download Lagu Terbaru

  8. yang di hapus hanya satu bagian saja nofollownya gan? trus tambah tanda # dibagian awal mananya,,mohon gambarnya diperjelas gan,, sebelum dan sesudah diubah agar kami yang awam mudah untuk mengerti

    • Posisi Anda sekarang wajib berada di cPanel hosting File Manager dan public_html.

      Buka wp-includes kemudian default-filter.php Temukan didalamnya kode seperti ini

      add_filter( 'pre_comment_content',      'wp_rel_nofollow'

      dan tambahkan tanda # sebelum kode tersebut sehingga menjadi seperti ini

      #add_filter( 'pre_comment_content',      'wp_rel_nofollow'

      Semoga membantu … :)

  9. sudah gan,, sudah saya tambahkan tanda # diawal kode php nya dan yang dihapus hanya tulisan nofollow satu saja gan? kan ada banyak di coment-template.php nya

    • Hanya satu saja gan! Sesuai yang dicontohkan diatas saja dan semoga sukses. Terima kasih sudah mau berkunjung ….

  10. makasih gan saya sudah kasi web berita saya :D
    saya ngasi karna takut nanti gk di index google lagi hehe
    sekali lagi thanks karna bermanfaat banget

  11. halo selamat malam min
    kalau ane hanya mau merubah internal link saya menjadi Dofollow bagaimana min?
    bisakah melalui Dashboard WP ?

    Kendalanya saat ini semua internal link saya Nofollow :(

    Mohon bimbingannya

    Terima Kasih Sebelumnya – Ocon

    • Coba dengan cara ini saja mas barangkali bisa. Jika gagal coba juga dengan menggunakan plugin. Cari di kolom plugin Nofollow atau Dofollow.

      • hallo gan, saya sudah melakukan tutorial di atas dengan hapus kode dan penambahan yang tepat, namun kenapa setelah saya save terjadi eror bahkan blank untuk wordpress nya,

        solusi untuk mengatasinya bagaimana, mohon bantuannya :)

        • Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman dan sudah berkali-kali dicoba hasilnya tidak ada masalah. Maaf saya kurang tahu juga kalau terjadi blank seperti jika memang benar langkah-langkahnya sudah sama persis dengan penjelasan diatas.

  12. gan, kok jadi blank ya blog ane, jadi hanya blank putih ada yang salahkah dalam hapus kodenya,

    padahal bener cara di atas, kira2 gmn solusinya :)

    • Pasti ada yang salah cara penerapannya mas jika jadi blank hasilnya! Coba praktikkan sekali lagi dengan teliti dan jangan sampai salah! Karena salah satu hutufpun akan fatal akhirnya.

  13. saya baru mau memulai belajar WP. nie termasuk salah satu ilmu yang sangat berguna untuk saya. Terima kasih tuk Infonya

  14. hmm, saya masih di blogger sekarang. Tapi tak apa lah baca ini tak ada ruginya juga siapa tau mau pindah ke wordpress kan jadi udah paham sedikit. . .hehe

  15. Gan, ane mau nanya nih. itu yang di "$author" nofollow nya hanya di hilangkan apa di ganti sama dofollow?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *